Jastip adalah Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan untuk TKI

jastip adalah

Jastip adalah sebuah layanan jasa penitipan belanja sebuah produk yang dilakukan seseorang di lokasi tertentu. Saat ini jastip menjadi peluang bisnis kekinian secara online yang menguntungkan. Jastip dilakukan melalui media sosial seperti instagram ataupun e-commerce. Bisnis jastip cocok dilakukan oleh TKI mengingat tak semua produk di luar negeri dijual di Indonesia. Selain memberi keuntungan untuk para TKI, bisnis jastip juga membantu masyarakat di Indonesia untuk membeli barang luar negeri tanpa harus bepergian ke tempat tersebut. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini, berikut rangkuman lengkap tentang bisnis jastip yang bisa Anda ketahui.

Mengenal Bisnis Jastip dan Cara Memulainya

happy women buying online with smart phone 1150 20496 - Jastip adalah Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan untuk TKI

Jasa titip atau yang lebih dikenal dengan singkatan jastip menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Usaha ini awalnya hanya dilakukan untuk penitipan pembelian barang dari luar negeri dengan jumlah kecil, karena barang yang dibeli dari luar negeri terkenal memiliki harga yang lebih murah. Tak hanya itu, awalnya barang-barang jastip hanya berupa barang elektronik yang mungkin belum masuk ke pasar Indonesia. Namun, sekarang layanan jastip telah bergeser dan masuk ke pusat perbelanjaan di kota-kota besar Indonesia. Barang-barang yang dijual pun menjadi beragam, mulai dari barang elektronik, pakaian, tas, sepatu, hingga makanan khas daerah tertentu.

Bagi TKI yang ingin memulai bisnis jastip, pastikan untuk mengetahui barang apa saja yang akan Anda jual. Mulailah mencari tahu barang apa yang diminati oleh masyarakat dan tersedia di negara tempat Anda bekerja. Carilah informasi biaya dan jasa pengiriman dari tempat Anda ke Indonesia jika sewaktu-waktu informasi tersebut diperlukan. Setelah itu, Anda bisa mulai mengambil foto produk dan mulai menjualnya. Jangan lupa memasang tarif secara jelas untuk jasa penitipan pembelian barang yang akan Anda lakukan.

Jastip adalah Bisnis yang Menguntungkan

portrait young asian woman using laptop computer work with parcel box 74190 10237 - Jastip adalah Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan untuk TKI

Usaha jastip dianggap menguntungkan karena modal yang digunakan tidak terlalu besar. Terlebih, jika Anda yang memiliki bisnis ini memang memiliki hobi berbelanja, jalan-jalan, dan berburu diskon. Pekerjaan seperti ini tentu akan memfasilitasi hobi berbelanja Anda. Orang yang berbisnis jastip hanya perlu mengunggah gambar produk ke media sosial atau e-commerce, kemudian menunggu pesanan dan transfer uang masuk sebelum berbelanja. Saat ada transfer uang dari calon pembeli masuk, uang tersebut sudah termasuk upah yang Anda dapat dari jasa membelikan barang yang diinginkan pembeli.

Keuntungan lain dari jastip adalah upah yang Anda dapat. Hal ini karena tarif jastip yang diberikan oleh calon pembeli adalah biaya pembelian per produk. Keuntungan upah setiap barang pun berbeda-beda. Ada layanan jastip yang memberikan harga baru di barang yang akan dibeli. Namun, ada juga yang secara jelas memasang tarif layanan jastip. Misalnya, tarif jastip sekitar Rp10.000 hingga Rp25.000 per produk yang ada di dalam negeri.

Sementara itu, jastip dari luar negeri memiliki tarif yang sedikit berbeda. Tarif jasa titip dari luar negeri berkisar 20% dari harga barang. Hal ini sangat menguntungkan bagi TKI yang ingin memulai bisnis ini. Tak hanya bagi penyedia layanan jastip, jasa penitipan pembelian barang dari luar negeri juga sangat menguntungkan masyarakat Indonesia. Sebab, harga barang ditambah dengan harga jasa titip dari luar negeri, khususnya barang branded, tetap lebih murah jika dibandingkan dengan membeli barang yang sama secara langsung di Indonesia.

Cara Promosi Jastip Melalui Media Sosial

overhead view team working social media applications 23 2147847479 - Jastip adalah Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan untuk TKI

Kunci sukses memulai usaha jastip adalah cara promosi yang tepat. Anda bisa menggunakan media sosial sebagai ajang promosi. Terlebih, saat ini semua hal bisa Anda temukan melalui media sosial. Hampir semua barang bisa pembeli temukan, mulai dari pakaian, kosmetik, hingga perabotan. Agar promosi Anda berjalan lancar, gunakan tagar yang sesuai dan paling sering dicari. Melalui media sosial, Anda juga bisa mencari tahu barang apa yang tengah naik daun dan bisa dicantumkan di layanan jastip milik Anda.

Gunakan fitur live yang saat ini tersedia di berbagai media sosial untuk memberikan interaksi menarik antara Anda dan calon pembeli. Dengan fitur tersebut, calon pembeli bisa langsung memilih barang yang mereka inginkan. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kredibilitas layanan jastip Anda.

Mempertahankan Bisnis Jastip

portrait young asian woman using laptop computer work with parcel box 74190 10041 - Jastip adalah Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan untuk TKI

Walaupun terdengar klise, cara mempertahankan bisnis jastip adalah dengan rutin menambah produk untuk jastip. Semakin banyak barang yang diunggah, akan memperlihatkan kepada konsumen jika Anda serius menekuni usaha ini. Jika barang yang Anda sediakan semakin beragam, maka ada potensi pelanggan Anda juga semakin banyak. Keuntungan yang Anda peroleh pun semakin meningkat.

Tak hanya rutin menambah barang, mendapatkan pelanggan setia juga akan mempertahankan bisnis jastip milik Anda. Pelanggan setia bisa Anda dapatkan dengan memberikan pelayanan yang profesional untuk pembeli. Misalnya, cepat dalam memberikan barang titipan dan mengetahui kualitas barang yang dibeli dengan baik. Jangan lupa untuk mengirimkannya secepat mungkin untuk memaksimalkan performa Anda dalam melayani pembeli. Jagalah komunikasi dengan baik kepada pembeli. Jika perlu, ajukan pertanyaan tentang kepuasan pelanggan, testimoni dari pelanggan akan membuat layanan jastip milik Anda semakin berkembang pesat.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui sebelum memulai bisnis jastip. Bagi TKI yang berada di Malaysia dan ingin memulai bisnis jastip, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah Anda melakukan transaksi dengan pembeli. Qelola merupakan aplikasi keuangan yang menawarkan layanan seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi jastip yang dilakukan dengan pembeli akan berjalan semakin mudah dan tetap menguntungkan. Transaksi akan diproses secara cepat dengan biaya yang cukup murah. Tertarik untuk mencoba? Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , ,