Inilah 7 Pekerjaan Domestik yang Ditetapkan untuk TKI

pekerjaan TKI

Pekerjaan untuk TKI sejak tahun 2015 hingga saat ini diatur dan ditetapkan oleh pemerintah. Aturan tersebut termuat dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2015 tentang Jabatan yang Dapat Diduduki oleh Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. Secara garis besar, Kepmen ini mengatur tentang pekerjaan domestik yang bisa dilakoni oleh TKI di luar negeri. Dengan adanya pekerjaan domestik yang lebih spesifik ini, proses penempatan TKI akan semakin mudah dan aspek perlindungan untuk TKI pun akan semakin meningkat. Tak hanya itu, hal ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan TKI. Sebab, TKI bisa mengetahui uraian tugas secara spesifik dan bisa melakukan negosiasi tambahan gaji dalam kontrak kerja. Melalui aturan tersebut, TKI diharapkan dapat fokus dengan pekerjaan yang disepakati dalam kontrak kerja. Lalu, apa saja pekerjaan yang boleh dikerjakan TKI? Simak uraian lengkapnya berikut ini.

1. Asisten Rumah Tangga (ART)

tired asian woman works housekeeper with mop 99043 499 - Inilah 7 Pekerjaan Domestik yang Ditetapkan untuk TKI

Pengurus rumah tangga menjadi salah satu jabatan pekerjaan yang bisa dikerjakan TKI. Pekerjaan yang dilakukan dalam hal ini adalah mengatur dan mengurus kebutuhan rumah tempat TKI bekerja. Sebelum memilih pekerjaan ini, syarat yang harus dipenuhi TKI adalah memiliki sertifikat kompetensi sebagai pengurus rumah tangga dan berusia di atas 21 tahun. TKI juga harus sehat secara jasmani dan rohani. Tugas yang harus dilakukan sebagai asisten rumah tangga yakni membersihkan seluruh ruangan di rumah beserta perabotannya, membantu memasak dan menyiapkan makanan, mencuci dan menyetrika pakaian, serta menjawab telepon dan menyampaikan pesan kepada pemilik rumah.

2. Penjaga Bayi (Babysitter)

Sama halnya dengan asisten rumah tangga, pekerjaan ini wajib dilakukan oleh TKI yang berusia di atas 21 tahun. TKI harus memiliki sertifikat kompetensi menjadi pengasuh bayi atau balita jika ingin memilih pekerjaan ini. Tugas babysitter adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan bayi asuhnya, baik itu merawat, mengasuh, dan menjaga bayi. Seorang penjaga bayi juga bertanggung jawab untuk memandikan bayi, menyiapkan makanan, mencuci atau mensterilkan peralatan bayi, serta memerhatikan persediaan kebutuhan bayi. Bagi TKI yang memilih pekerjaan ini, Anda juga harus rutin mencatat dan melaporkan kegiatan sehari-hari bayi, khususnya tentang makanan dan kesehatan bayi kepada orang tuanya.

3. Tukang Masak (Family Cook)

asian woman apron cooking healthy food kitchen 35666 57 - Inilah 7 Pekerjaan Domestik yang Ditetapkan untuk TKI

Walaupun terlihat mudah, pekerjaan ini mengharuskan TKI untuk memiliki sertifikat kompetensi juru masak. Tanggung jawab yang harus dilakukan pun beragam, Anda harus membuat dan menyiapkan makanan sesuai dengan jadwal dan menu, serta memastikan higienitas dan kualitas makanan dan minuman yang Anda hidangkan. Saat memilih pekerjaan ini, pastikan porsi makanan dan minuman yang Anda buat telah sesuai dengan jumlah keluarga tempat Anda bekerja. Dalam pekerjaan ini, Anda juga bertanggung jawab tentang perawatan peralatan dapur dan perlengkapan makan.

4. Pengurus Lansia (Elderly Caretaker)

Bagi TKI yang berencana bekerja menjadi elderly caretaker, Anda harus memiliki sertifikat kompetensi sebagai pengasuh orang lanjut usia dan telah berusia di atas 21 tahun. Tugas yang harus Anda lakukan dalam pekerjaan ini adalah membantu lansia membersihkan badan, menyiapkan makanan sesuai kebutuhan lansia, menemani lansia olahraga dan perawatan ke rumah sakit, membersihkan kamar lansia, dan lain sebagainya. Jika lansia yang Anda rawat harus meminum obat secara rutin, pastikan Anda memberikan obat sesuai petunjuk dokter. Buatlah catatan suhu dan kecepatan denyut nadi lansia secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

5. Sopir Keluarga (Family Driver)

young asian man smiley driving car 109959 1 - Inilah 7 Pekerjaan Domestik yang Ditetapkan untuk TKI

Syarat pekerjaan TKI satu ini adalah memiliki sertifikat kompetensi sebagai sopir keluarga, memiliki SIM di negara penempatan, berusia di atas 21 tahun, dan berjenis kelamin pria. Dalam pekerjaan ini, tugas yang Anda lakukan tak hanya mengantar dan menjemput anggota keluarga majikan, namun juga merawat kendaraan yang digunakan. Anda harus rutin memeriksa kondisi kendaraan seperti mengecek rem, lampu, minyak oli mesin, air aki, air radiator, dan sebagainya. Pastikan kondisi kendaraan selalu baik sebelum digunakan untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

6. Tukang Kebun (Gardener)

Sama halnya dengan sopir keluarga, pekerjaan sebagai gardener hanya diperuntukkan untuk TKI berjenis kelamin pria dan berusia 21 tahun ke atas. TKI harus memiliki sertifikat kompetensi sebagai tukang kebun atau gardener. Tugas yang dilakukan gardener lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis pekerjaan TKI lainnya. TKI bertanggung jawab untuk menanam dan merawat tanaman, serta menjaga kebersihan taman dan fasilitas taman. Pekerjaan ini umumnya memiliki waktu kerja pada pagi atau sore hari. Pekerjaan ini banyak dipilih oleh TKI yang ingin mengisi waktu luang atau mendapatkan pekerjaan tambahan lain di malam hari.

7. Pengasuh Anak (Child Care Worker)

happy asian young mother daughter playing with wooden colorful toys early education home parenthood love bonding expression concept 73503 1472 - Inilah 7 Pekerjaan Domestik yang Ditetapkan untuk TKI

Pekerjaan TKI yang terakhir adalah menjadi pengasuh anak. Tugas dan syarat yang harus dipenuhi tidak jauh berbeda dengan menjadi babysitter. Hanya saja, pengasuh anak tak hanya bertanggung jawab untuk merawat dan mengasuh, namun juga memberikan edukasi kepada anak. Misalnya, mengajarkan kepada anak cara berpakaian dan cara makan, mendampingi anak belajar, memberikan contoh merapikan pakaian, dan sebagainya. Sebagai pengasuh anak, Anda berkewajiban menstimulasi tumbuh kembang anak dan memelihara kesehatannya. Tak hanya itu, Anda juga harus rutin mencatat dan melaporkan aktivitas anak asuh setiap hari, khususnya tentang makanan, kesehatan, dan perkembangan anak.

Itulah beberapa pekerjaan yang boleh dikerjakan TKI. Aturan jenis pekerjaan di atas telah disesuaikan dengan kode International Standard Classification of Occupation (ISCO) 2008. Apapun pilihan pekerjaan Anda sebagai TKI, pastikan Anda dapat mengelola keuangan dan membagi penghasilan Anda untuk kebutuhan keluarga di Indonesia secara bijak. Bagi Anda yang berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya. Melalui Qelola, Anda bisa melakukan pengiriman uang dan membayar tagihan rutin dari Malaysia ke Indonesia secara mudah. Cukup melalui smartphone, Anda bisa mengelola keuangan, bertransaksi, hingga memilih tabungan investasi. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga dan nikmati kemudahannya. 

Tags: , , , , , , ,