5 Tips Mudah Membuat CV Kerja Part Time atau Freelance

cv kerja part time

Saat ini, banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin melakukan kerja part time atau freelance di luar jam kerja untuk menambah penghasilan. Asal tidak kelelahan dan bisa membagi waktu kerja dengan baik, bekerja part time atau freelance menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan uang tambahan. Kerja part time juga bisa menjadi alternatif menghasilkan uang saat Anda tengah pulang ke Indonesia. Namun perlu diingat, saat melamar pekerjaan part time atau freelance, Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen secara matang. Salah satu dokumen yang harus dipersiapkan adalah curriculum vitae (CV).

CV kerja part time atau freelance harus dibuat baik dan benar agar memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Penulisan yang baik dan benar akan membantu Anda memperoleh peluang lebih besar untuk dipanggil interview kerja. Lantas, bagaimana penulisan CV kerja part time atau freelance yang baik dan benar? Apakah gaya penulisan CV untuk kerja part time sama saja dengan lowongan kerja full time? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak tips-tips membuat CV kerja part time atau freelance berikut ini.

1. Sesuaikan CV dengan Posisi Kerja Part Time atau Freelance

asian man job interview office background job search business concept 7190 2465 - 5 Tips Mudah Membuat CV Kerja Part Time atau Freelance

Pada dasarnya, membuat CV untuk lowongan kerja part time dan full time sama saja. Anda sama-sama harus menyesuaikan CV anda sesuai dengan posisi kerja yang akan Anda lamar. Berikan penjelasan yang spesifik di bagian keahlian Anda. Pastikan keahlian tersebut sesuai dengan posisi kerja yang Anda lamar. Contohnya, jika Anda akan melamar posisi kerja sebagai waiters, maka cobalah untuk menjabarkan keterampilan dalam menghadapi pelanggan dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Jelaskan keterampilan tersebut secara detail dengan memberikan contoh nyata dalam pelaksanaannya. Buatlah CV sesuai kualifikasi yang diinginkan agar peluang mendapatkan pekerjaan tersebut semakin besar.

2. Jangan Ditulis Tangan

Di era perkembangan teknologi saat ini, banyak perusahaan yang lebih menyukai CV yang diketik dengan komputer, dan bukan yang ditulis dengan tangan. Pembuatan CV kerja part time atau freelance yang diketik dengan menggunakan komputer akan memudahkan perekrut untuk membaca CV yang Anda buat. CV kerja yang diketik juga lebih terlihat rapi dan terstruktur. Selain itu, perekrut juga bisa mengetahui kemampuan Anda dalam mengoperasikan komputer melalui CV tersebut.

3. Buatlah dengan Bahasa yang Sopan dan Baku

lifestyle beautiful asian business young woman using laptop computer smart phone office desk 1150 15420 - 5 Tips Mudah Membuat CV Kerja Part Time atau Freelance

Tulislah CV kerja part time atau freelance menggunakan bahasa yang sopan dan baku. Hal ini tentu akan membuat pihak perusahaan lebih tertarik dengan Anda. Bahasa yang sopan dan baku dalam CV bisa menunjukkan attitude dan rasa hormat Anda kepada pihak perekrut. Tidak hanya bahasa, perhatikan juga cara penulisan seperti huruf besar kecil, huruf singkatan, dan tanda baca. Cara penulisan yang baik akan menunjukkan kemampuan menulis yang baik pula. Penulisan yang baik akan menjadi nilai lebih pada CV Anda, setidaknya Anda akan dinilai serius dan bersungguh-sungguh untuk melamar lowongan pekerjaan tersebut.

4. Buatlah CV secara Lengkap, Jelas, dan Tidak Bertele-tele

Masih berkaitan dengan cara penulisan yang baik, informasi yang hendak Anda sampaikan dalam CV harus lengkap, jelas, dan tidak bertele-tele. Informasi yang disampaikan secara bertele-tele hanya akan mengurangi esensi dari informasi tersebut dan menurunkan minat baca. Sampaikan informasi tersebut secara singkat, jelas, dan lengkap agar CV Anda tetap menarik di mata perekrut. Sebagai panduan, Anda bisa mengikuti format penulisan CV kerja berikut ini:

  • Nama
  • Jenis Kelamin
  • Tanggal Lahir
  • Kewarganegaraan
  • Status perkawinan
  • Agama
  • Alamat
  • Telepon
  • Email
  • Riwayat Pendidikan
  • Kursus dan Pelatihan
  • Kualifikasi
  • Pengalaman Kerja

Bagi Anda yang masih bingung untuk merangkai kata-kata, Anda bisa menggunakan format di atas. Isi CV Anda dengan jujur dan menarik agar pihak perusahaan tertarik saat membacanya. Dengan CV yang menarik, Anda memiliki peluang lebih besar untuk bisa diterima kerja.

5. Jangan Lupa Sertakan Surat Lamaran Kerja

resume job application office desk 104165 52 - 5 Tips Mudah Membuat CV Kerja Part Time atau Freelance

Pastikan Anda selalu menyertakan surat lamaran kerja dan CV saat melamar pekerjaan. Sebab, sebagian perusahaan mewajibkan pelamar kerja untuk menyertakan kedua dokumen tersebut. Jika CV berguna untuk menginformasikan riwayat hidup Anda, maka surat lamaran kerja digunakan perekrut untuk mengetahui tujuan Anda melamar menjadi karyawan part time atau freelance.

Jadi, jelaskan tujuan Anda ingin menjadi karyawan part time atau freelance di perusahaan tersebut dalam surat lamaran kerja. Misalnya, karena ingin menambah penghasilan, mengisi waktu luang, atau alasan lainnya. Berikan juga alasan mengapa Anda tertarik kepada lowongan kerja di perusahaan tersebut. Misalnya, karena posisi kerja yang sesuai dengan bidang keahlian Anda, upah yang tinggi, lingkungan kerja yang sehat, pengalaman karir yang bagus, dan sebagainya. Pastikan penulisan CV dan surat lamaran kerja yang Anda buat selaras agar semakin menambah nilai positif Anda di mata perekrut.

Baca Juga: Ide Kerja Sampingan untuk TKI, Bisa Menambah Pendapatan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ketahui untuk membuat CV kerja part time secara baik dan benar. CV kerja yang baik akan memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan sampingan sembari bekerja sebagai TKI. Saat bekerja di luar negeri, baik untuk kerja full time maupun part time, pastikan untuk tetap disiplin mengelola keuangan. Bagi Anda yang berada di Malaysia, Anda bisa mempermudah pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi Qelola. Dengan berbagai fitur menarik yang ada dalam aplikasi Qelola, pengelolaan keuangan seperti transfer uang dan pembayaran tagihan ke Indonesia bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan murah. Tunggu apalagi? Unduh aplikasi Qelola dan nikmati manfaat dari setiap fiturnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , ,