Kerja Sampingan Ini Bisa Tambah Penghasilan Anda Selama Menjadi TKI

kerja sampingan

Seiring dengan berkembangnya zaman, tingkat dan jenis kebutuhan yang bertambah seakan menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sehingga secara tidak langsung, Anda juga dituntut untuk terus meningkatkan jumlah pendapatan agar dapat hidup dengan nyaman setiap hari dan memiliki masa depan yang lebih terjamin. Itulah mengapa hingga saat ini, sudah ada banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk menjadi TKI. Meski sudah mendapatkan gaji yang lebih besar selama menjadi TKI, namun sebagian di antaranya butuh untuk melakukan kerja sampingan. Pekerjaan sampingan memang dianggap sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan ekstra.

Pekerjaan sampingan pada umumnya dilakukan oleh orang-orang yang sebetulnya sudah memiliki pekerjaan utama atau sudah memiliki bisnis sendiri. Motif utamanya cukup beragam, namun yang paling umum biasanya untuk meningkatkan jumlah tabungan setiap bulan atau untuk membayar cicilan jangka panjang seperti kredit multiguna atau KPR. Kalau Anda sendiri, apa tujuan Anda ingin melakukan kerja sampingan?

Baca juga: Kreatif! Intip 3 Ide Usaha Sampingan untuk Para TKI

Tips Mendapatkan Pekerjaan yang Cocok

kerja sampingan 1 - Kerja Sampingan Ini Bisa Tambah Penghasilan Anda Selama Menjadi TKI

Seiring dengan perkembangan teknologi, tentu saja Anda semakin mudah dalam mencari informasi. Termasuk mencari pekerjaan sampingan melalui berbagai layanan pencari jasa atau pekerjaan di internet. Bagi Anda yang baru mau mencari pekerjaan sampingan, berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk jangka panjang.

  1. Memilih jenis usaha online. Usaha atau bisnis online tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga. Anda cukup duduk di depan laptop/komputer atau gadget dan usaha bisa Anda jalankan. Pastikan Anda memilih sebuah bidang usaha yang paling cocok untuk dijual secara online. Langkah ini merupakan cara yang efektif dalam mencari usaha sampingan bagi TKI guna mendapatkan pemasukan tambahan tanpa mengganggu waktu kerja.
  2. Memilih jenis pekerjaan yang paling Anda kuasai dan sesuai dengan minat Anda. Melakukan pekerjaan sampingan tentu tidak mudah, terutama apabila dilakukan secara konsisten atau berkala. Apabila memungkinkan, lakukanlah pekerjaan yang memang sesuai dengan minat dan keahlian yang Anda miliki. Tujuannya adalah agar terasa lebih mudah dan menyenangkan dalam menjalankannya. Namun, jika Anda tidak memiliki bakat atau pengetahuan khusus, maka pilihlah pekerjaan sampingan yang bisa membuat  Anda belajar atau yang Anda sukai. Dengan begitu, Anda bisa terus mengembangkan kemampuan secara berkala dan lebih nyaman dalam melakukannya. Saat kemampuan Anda terus meningkat, maka Anda bisa mendapatkan bayaran yang lebih tinggi bukan.
  3. Pilihlah pekerjaan sampingan dengan waktu yang cocok atau bisa Anda kompromikan. Utamakan waktu dibandingkan penghasilan yang akan Anda dapatkan. Sebisa mungkin, pilihlah pekerjaan sampingan dengan waktu yang cocok atau yang bisa Anda sesuaikan sendiri. Alokasikan tidak lebih dari 20 jam setiap minggu untuk melakukan pekerjaan tersebut agar tidak mengorbankan waktu pribadi Anda secara berlebihan.
  4. Pilihlah jenis pekerjaan sampingan yang bisa memberikan Anda penghasilan yang sesuai dari hasil kerja. Pertimbangkan juga tingkat kemampuan yang Anda miliki dan sesuaikan dengan penghasilan yang didapat.

Ide Kerja Sampingan untuk TKI

kerja sampingan 2 - Kerja Sampingan Ini Bisa Tambah Penghasilan Anda Selama Menjadi TKI

Berikut ini ada beberapa ide menarik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi jika ingin melakukan kerja sampingan selama menjadi TKI.

  1. Menjadi Reseller atau Dropshipper. Cara ini memungkinkan Anda dapat berjualan tanpa perlu memiliki produk terlebih dahulu. Untuk mendapatkan pekerjaan sampingan, sistem usaha seperti ini bisa menjadi alternatif yang sangat efektif bagi Anda guna menambah penghasilan.
  2. Selain itu, cara efektif mencari peluang kerja sampingan bagi TKI yaitu dengan menjadi freelancer. Anda akan dibayar sesuai dengan beban atau target yang ditujukan oleh pihak pemberi kerja. Anda bisa mencoba sistem freelancer ini, mengingat pekerjaannya yang tidak terlalu berat karena umumnya akan lebih terfokus pada laptop atau gadget saja. Sangat efektif untuk para TKI dengan jam kerja atau kesibukan yang tinggi.
  3. Menjual foto secara online, jenis kerja sampingan yang cocok untuk Anda yang memiliki hobi fotografi. Beberapa situs jual-beli foto seperti iStock dan ShutterStock bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menjual foto. Namun, tidak semua foto bisa dijual begitu saja. Karena hasil foto Anda harus memiliki karakter dan berkualitas sangat bagus. Jika Anda memiliki waktu luang di malam hari, maka Anda dapat melakukan kerja sampingan yang satu ini.
  4. Menjahit baju, peluang usaha sampingan yang cocok bagi Anda yang memiliki keterampilan menjahit. Meskipun bisnis yang satu ini mungkin terdengar tidak menarik, namun jika Anda menekuninya dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin Anda bisa sukses suatu saat nanti. Yang terpenting adalah Anda bisa menggunakan waktu luang Anda untuk hal yang bermanfaat dan menghasilkan uang.
  5. Menjual kerajinan tangan, cocok untuk Anda yang memiliki hobi membuat kerajinan tangan. Jika Anda bingung di mana harus menjualnya, Anda bisa coba untuk membuka lapak online. Tidak jarang pekerjaan sampingan seperti ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan jika Anda bisa menghasilkan karya yang berkualitas dan mengelola bisnis dengan baik.

Selalu Berikan Hasil Kerja yang Maksimal

kerja sampingan 3 - Kerja Sampingan Ini Bisa Tambah Penghasilan Anda Selama Menjadi TKI

Apapun jenis usaha atau kerja sampingan yang Anda lakukan, ingatlah untuk selalu memberikan hasil kerja terbaik setiap saat. Kerjakan dengan sepenuh hati dan maksimal sesuai kemampuan Anda. Apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya tentu juga akan baik. Jangan lupa untuk membagi waktu pribadi Anda dengan baik dan selesaikan pekerjaan Anda dengan tepat waktu. Yang tidak kalah penting, buang ekspektasi buruk yang orang lain tujukan kepada Anda. Dengan begitu, kesuksesan ada di depan mata.

Jangan lupa tunaikan kewajiban Anda setiap bulan untuk bayar tagihan listrik, PDAM, hingga BPJS Kesehatan. Selain itu, sebagai TKI Anda juga memiliki kewajiban untuk kirim uang bulanan untuk keluarga di tanah air. Pastikan Anda mengirim uang dengan praktis dan tanpa biaya administrasi yang mahal. Tinggalkan cara lama dan mulailah beralih ke dompet digital Qelola. Qelola ini merupakan aplikasi khusus yang bisa Anda gunakan untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Sekaligus untuk bayar tagihan, beli pulsa, beli voucher game, dan lain sebagainya. Unduh aplikasi Qelola sekarang, ya!

Tags: , , , ,