Dari Mana Saja, Cek Saldo Jamsostek Online Lebih Praktis

cek saldo jamsostek

Indonesia telah memiliki jaminan sosial untuk para pekerja yang dulu sangat dikenal dengan nama Jamsostek. Namun kini Jamsostek Indonesia telah bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Perubahan ini juga diiringi dengan peningkatan manfaat yang didapatkan oleh para pesertanya. Bagi Anda yang sudah menjadi peserta, Anda bisa cek saldonya. Semakin lama Anda bekerja, maka saldo Ada bisa semakin besar nilainya. Anda bisa cek saldo Jamsostek dengan praktis secara online, lho!

Manfaat Program Jamsostek

Program Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan tentu saja memiliki tujuan yang baik untuk para pesertanya. Berikut ini beberapa manfaat program Jamsostek yang perlu Anda ketahui:

  1. Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) merupakan sebuah program perlindungan yang bersifat dasar bagi pekerja. Tujuannya adalah untuk menjamin adanya keamanan dan kepastian terhadap risiko-risiko sosial ekonomi. Sarana penjamin arus penerimaan penghasilan baik bagi pekerja maupun keluarganya akibat dari terjadinya risiko-risiko sosial, dengan pembiayaan yang terjangkau. Pembiayaan tersebut ditanggung oleh pengusaha dan pekerja.
  2. Resiko sosial ekonomi yang ditanggulangi oleh program Jamsostek terbatas saat terjadi peristiwa kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacat, hari tua dan, meninggal dunia, yang mengakibatkan berkurangnya atau terputusnya penghasilan tenaga kerja dan/atau membutuhkan perawatan medis.
  3. Penyelenggaraan program Jamsostek  menggunakan mekanisme Asuransi Sosial.

Cek Saldo Secara Online Melalui Website

cek saldo jamsostek 1 700x467 - Dari Mana Saja, Cek Saldo Jamsostek Online Lebih Praktis

Cek saldo Jamsostek secara online dapat dilakukan jika Anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan berada dalam jangkauan internet. Untuk mengecek saldo Jamsostek ini melalui internet atau secara online, bisa diakses melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, dengan cara sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah Anda harus mengunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bisa langsung masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ 
  • Jangan lupa untuk menyiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ Anda
  • Selanjutnya, klik Menu Layanan Peserta, lalu klik Pilih Tenaga Kerja, dan nantinya akan muncul pilihan BPJSTKU dan Antrian Online. Untuk cek saldo, Anda harus klik BPJSTKU. 
  • Kemudian, Anda akan masuk ke alamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan muncul halaman log in

Proses selanjutnya, Anda harus mengikuti langkah berikut ini:

  • Setelah berhasil masuk/log in dengan memasukkan email dan kata sandi, pilihlah menu “Lihat Saldo JHT”.
  • Kemudian pilihlah “KPJ BPJS Ketenagakerjaan” Anda, kemudian klik tombol “Submit”. Maka jumlah saldo Anda akan muncul di layar.
  • Setelah puas mengetahui jumlah saldo, Anda dapat kembali ke Home untuk melihat menu-menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya. Diantaranya adalah seperti informasi rincian Saldo JHT tahunan, informasi Profil Anda, simulasi Saldo JHT, dan formulir pengajuan klaim secara online.

Cek Saldo Melalui Aplikasi

cek saldo jamsostek 2 700x467 - Dari Mana Saja, Cek Saldo Jamsostek Online Lebih Praktis

Bagi Anda pengguna smartphone, Anda bisa mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile untuk melakukan cek saldo Jamsostek. Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di Google Playstore atau Apps Store.
  • Atau Anda bisa juga klik https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile untuk mendapatkan aplikasi BPJSTKU. 
  • Setelah berhasil diunduh, silahkan instalasi aplikasi tersebut di smartphone pribadi Anda.
  • Jika sudah terinstal, maka selanjutnya Anda perlu mengatur aplikasi sesuai dengan akun BPJS Anda.
  • Klik log in dan masukkan email yang telah Anda daftarkan, kata sandi/PIN akun BPJS Anda. Bagi Anda yang sudah mempunyai akun lama di Jamsostek, Anda dapat log in menggunakan ID dan password akun lama tersebut.
  • Setelah berhasil log in, Anda akan masuk ke halaman utama, lalu pilih “Lihat Saldo”. Sangat mudah bukan?

Cara Melakukan Pencairan Dana

Berdasarkan peraturan yang telah dibuat oleh BPJS Ketenagakerjaan dan pemerintah pada tahun 2015, Anda sebagai peserta tidak harus berusia lanjut untuk mencairkan dana JHT. Bagi Anda yang telah berhenti bekerja dan sedang melalui masa tunggu selama lebih dari 1 bulan, Anda sudah berhak untuk melakukan pencairan dana sesuai dengan saldo yang Anda miliki. Berikut ini ada beberapa persyaratan dokumen yang harus Anda penuhi untuk melakukan pencairan saldo Jamsostek.

  1. KTP asli beserta salinannya.
  2. Kartu Keluarga asli beserta salinannya.
  3. Paklaring asli beserta salinannya.
  4. Ijazah terakhir asli beserta salinannya.
  5. Akte kelahiran asli beserta salinannya.
  6. Buku rekening asli beserta salinannya.
  7. Surat keterangan domisili dari RT/RW beserta salinannya.

Pencairan Saldo Jamsostek Secara Online 

cek saldo jamsostek 3 700x443 - Dari Mana Saja, Cek Saldo Jamsostek Online Lebih Praktis

Kini, Anda tidak perlu pergi pagi-pagi buta ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk menghindari antrian jika hendak melakukan pencairan Jamsostek. Karena BPJS Ketenagakerjaan sudah mempersiapkan layanan e-Klaim. Layanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan pencairan dari rumah dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya yang perlu Anda perhatikan:

  1. Lakukan pendaftaran online e-Klaim di website resmi BPJS Ketenagakerjaan https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Selanjutnya, isi formulir yang tertera di email tersebut. Mulai dari data diri hingga apa alasan Anda melakukan klaim dana.
  3. Jangan lupa untuk mengecek kelengkapan data, lalu masukkan PIN dan Kode Verifikasi yang dikirimkan ke email atau SMS.
  4. Unggah dokumen-dokumen persyaratan yang telah disebutkan di atas, lalu tunggu konfirmasi balasan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan selama 1 x 24 jam.
  5. Selanjutnya, Anda tetap harus datang ke kantor BPJS terdekat untuk proses pencairan dengan membawa dokumen-dokumen persyaratannya. Biasanya, proses pencairan akan memakan waktu selama 10 hari kerja. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung BPJS Ketenagakerjaan? Ini Jawabannya!

Itulah beberapa informasi yang Anda perlukan untuk melakukan cek saldo Jamsostek dan mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) Jamsostek. Cara alternatif secara online lebih sering dipilih untuk cek saldo Jamsostek. Yaitu melalui situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan.

Cara online saat ini memang menjadi andalan bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak, berbagai macam pembayaran yang bisa dilakukan secara praktis hanya melalui smartphone tentu saja lebih dipilih. Bagi Anda yang sedang berada di Malaysia, aplikasi Qelola tidak boleh Anda lewatkan. Dengan Qelola, Anda akan lebih mudah untuk mengirim uang ke Indonesia dengan biaya kirim yang sangat murah. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan banyak fitur terbaik yang akan semakin membuat hidup Anda lebih mudah. Anda bisa membayarkan tagihan listrik, PDAM, dan tagihan-tagihan lainnya dari Malaysia kapan saja. Jangan ragu untuk unduh aplikasinya sekarang!

Tags: , , , , , ,