Tips Mudah bagi TKI untuk Cek Pembayaran BPJS Kesehatan

bpjs kesehatan

Sejak tahun 2014, Askes yang selama ini kita kenal berubah nama menjadi BPJS Kesehatan. Kini siapa saja bisa memiliki asuransi kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Keberadaan asuransi kesehatan milik pemerintah ini nyatanya memang sangat membantu masyarakat yang ingin berobat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya bahkan gratis. Cukup dengan membayar iuran per bulan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda, berobat kini tak lagi jadi momok yang menghabiskan banyak uang. Lalu bagaimana ya cara cek pembayaran BPJS Kesehatan? Informasinya bisa Anda temukan lewat artikel berikut ini.

Cek Pembayaran BPJS Kesehatan dengan Cara Ini

Untitled design 3 2 1 - Tips Mudah bagi TKI untuk Cek Pembayaran BPJS Kesehatan

Untuk bisa menikmati layanan kesehatan gratis di klinik atau rumah sakit Anda harus rutin membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Untuk saat ini BPJS Kesehatan sendiri dibagi menjadi tiga kelas dengan iuran yang berbeda. Anda bisa menyesuaikan iuran yang akan dibayar sesuai dengan kondisi keuangan yang ada. Jangan sampai telat membayar iuran BPJS ini ya, karena asuransi Anda akan dinonaktifkan sementara jika iuran belum dibayarkan. 

Pada awal kemunculan BPJS Kesehatan, iuran BPJS ini bisa dibayarkan melalui bank dan juga ATM. Kemudian cara lain untuk cek pembayaran BPJS Kesehatan adalah dengan mendatangi gerai-gerai minimarket seperti Indomaret dan Alfamart terdekat. Kantor Pos pun bisa menjadi alternatif lainnya untuk melakukan cek pembayaran BPJS. Nah, kini ada cara yang lebih praktis dan mudah untuk bisa cek pembayaran BPJS Kesehatan. Karena sekarang jamannya era digital, tentunya caranya lebih canggih dan simpel dong. Ini dia cara yang bisa Anda coba secara online langsung dari ponsel:

  • SMS

Cek pembayaran BPJS Kesehatan yang pertama bisa dilakukan melalui Short Message Service atau yang lebih akrab di telinga dengan sebutan SMS. Caranya bagaimana? Sangat mudah tentunya. Anda hanya cukup mengetikkan NIK (spasi) Nomor Kependudukan atau NOKA (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan ke nomor layanan BPJS 08777.5500.400. Pastikan data yang Anda tulis sudah benar ya, agar cek pembayaran BPJS Kesehatan bisa berhasil. 

  • Website 

Cek pembayaran BPJS Kesehatan selanjutnya bisa dilakukan melalui website resminya. Caranya pun tidak sulit, buka halaman mesin pencarian pada komputer atau ponsel Anda. Kemudian kunjungi alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ pada layar. Tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data pribadi seperti nomor Kartu BPJS, tanggal lahir, serta angka validasi. Teliti lagi data-data yang sudah Anda masukkan kemudian klik “cek”. Secara otomatis tagihan Anda akan keluar pada layar dengan menginformasikan nama peserta, jumlah total anggota keluarga yang jadi peserta hingga status keaktifannya. Apabila Anda mengalami keterlambatan pembayaran, maka di layar juga akan muncul nominal denda yang mesti dibayarkan.  

  • JKN Mobile

BPJS Kesehatan sendiri kini juga meluncurkan produk teknologi yang bertujuan untuk menunjang dan meningkatkan pelayanan peserta BPJS Kesehatan. Produk teknologi ini berupa aplikasi yang bernama JKN Mobile yang bisa di-download melalui ponsel pribadi Anda. Melalui JKN Mobile, peserta bisa melakukan pengecekan tagihan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Caranya bagaimana? 

  1. Download aplikasi JKN Mobile pada Playstore/Appstore di ponsel Anda.
  2. Lakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan nomor kartu BPJS serta alamat e-mail pribadi.
  3. Jika registrasi telah berhasil dilakukan maka login dengan data yang sudah terdaftar. 
  4. Setelah berhasil login, masuklah ke menu “Tagihan” dan pilih “Premi“. 
  5. Data yang berisi tagihan yang wajib Anda bayarkan secara otomatis akan muncul di layar ponsel Anda. 
  • Aplikasi Qelola

qelola app 2 1 - Tips Mudah bagi TKI untuk Cek Pembayaran BPJS Kesehatan

Ternyata tidak hanya aplikasi JKN Mobile saja yang bisa Anda pakai untuk melihat tagihan BPJS Kesehatan tiap bulannya. Ada aplikasi lain yang tentunya tak kalah praktisnya yang bisa Anda unduh untuk bisa cek pembayaran BPJS. Percayakan informasi tagihan BPJS Kesehatan Anda dengan menggunakan aplikasi Qelola. Caranya pun hampir sama dengan JKN Mobile, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola terlebih dahulu di ponsel masing-masing. 

Setelah pengunduhan berhasil maka lakukan registrasi dengan memasukkan nomor ponsel. Jika registrasi selesai dilakukan, Anda bisa login dengan data yang sudah didaftarkan dan pilih menu “Lainnya” pada aplikasi. Pilih BPJS dan masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan untuk mengetahui jumlah tagihan yang harus Anda tunaikan bulan ini. Bagaimana? Sangat mudah bukan? 

Baca Juga: Anda Harus Tahu! Ulasan Lengkap Tentang VClaim BPJS Kesehatan

Kenapa Cek Tagihan BPJS Kesehatan di Aplikasi Qelola Menguntungkan?

Selain untuk keperluan cek pembayaran BPJS, aplikasi Qelola bisa Anda gunakan untuk berbagai transaksi lainnya. Apa saja itu? Ini dia ulasannya:

  1. Bisa buat transfer uang bahkan sampai ke luar negeri.
  2. Bisa buat bayar banyak tagihan lainnya seperti tagihan listrik, PDAM, dan TV Kabel.
  3. Bisa buat beli pulsa, kuota internet bahkan voucher games lho!

Wah, ternyata tak hanya sebatas untuk cek pembayaran BPJS Kesehatan saja ya? Mengunduh aplikasi Qelola juga ada banyak manfaat menarik lainnya yang tentunya juga sangat menguntungkan. Tidak perlu khawatir dengan keamanan aplikasi ini karena dijamin terpercaya dan memiliki proteksi teknologi yang tinggi. Informasi lainnya terkait aplikasi juga bisa Anda simak melalui website resminya di sini.

Tags: , , , , , ,