Cara Mengirim Uang dari Malaysia ke Indonesia, Cek di Sini

transfer dana

payment transfer mobile phones 1133 384 - Cara Mengirim Uang dari Malaysia ke Indonesia, Cek di Sini

Kegiatan mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia biasanya dilakukan oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Mereka bekerja di Malaysia kemudian sebagian besar penghasilan tentu akan dikirimkan kepada keluarga di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika dahulu mengirim uang memerlukan cara repot, kini menjadi semakin mudah dengan kemajuan teknologi yang ada. Anda hanya perlu memiliki smartphone atau laptop dan jaringan internet untuk mengirimkan uang ke Indonesia bahkan sebaliknya. Lalu bagaimana cara mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia? Simak langkahnya berikut ini.

1.  Mengirim Uang Melalui Western Union

  • Salah satu aplikasi transfer online masa kini adalah Maybank2U atau Western Union. Pertama, Anda harus men-download aplikasi tersebut. Jika sudah, mulailah dengan masuk pada halaman Western Union.
  • Kedua, klik pilihan transfer, lalu tekan “go”. Selanjutnya, Anda pilihlah ikon “Western Union”. Klik “make a new wu (western union)”.
  • Ketiga, Anda akan dihadapkan pada 2 pilihan, yaitu “yes” dan “no”. Pilih “yes” jika Anda sudah memiliki akun WU yang digunakan untuk transfer. Namun jika Anda belum memiliki akun WU karena ini adalah kali pertama Anda transfer uang, maka pilih “no”. Lalu tekan “continue” untuk kemudian Anda akan diminta mengisi beberapa formulir secara online terkait pembuatan akun WU.
  • Keempat, pilih negara Malaysia lalu input jumlah uang yang akan dikirimkan. Pastikan mata uang tersebut dalam bentuk rupiah agar memudahkan penerima uang di Indonesia. Sehingga para penerima uang tersebut tidak lagi menukarkan uang dari ringgit ke rupiah. Lalu klik “continue
  • Kelima, Anda akan diminta melengkapi data penerima uang secara detail. Hal ini dimaksudkan agar meminimalisir kesalahan dalam memberikan uang rupiah di Indonesia nantinya. Lalu klik “continue”.
  • Keenam, Anda akan mendapat sms yang berisis nomor TAC sebanyak 6 digit sebagai langkah konfirmasi. Kemudian, masukkan keenam digit tersebut dan tunggu hingga pihak WU mengirimkan kembali nomor pengambilan uang.
  • Ketujuh, Anda dan penerima uang akan mendapatkan nomor atau kode pengambilan uang melalui sms juga. Nomor tersebut biasa disebut dengan MTCN dari Western Union.
  • Terakhir, mintalah penerima uang rupiah tersebut untuk mengambilnya di kantor Western Union terdekat dari tempat tinggal mereka di Indonesia. Jika tidak ada kantor WU yang memungkinkan untuk diakses, mereka dapat mengambilnya di kantor pos. Lalu mereka akan diminta mengisi formulir pengambilan uang yang salah satu isinya adalah nomor MTCN yang didapatkan sebelumnya. Penerima di Indonesia akan mengambil uang tersebut dengan keadaan sudah di kurs dari ringgit ke rupiah saat itu.

2.  Mengirim Uang Melalui Eremit

  • Aplikasi terbaru saat ini adalah Eremit, yaitu jasa pengiriman uang yang disediakan dari Malaysia. Hampir sama dengan aplikasi di atas, Anda harus men-download terlebih dahulu dengan smartphone Anda di google playstore. Bisa juga melalui komputer atau laptop dengan mengakses website www.eremit.com.my.
  • Kedua, daftarkan diri Anda dengan menekan pilihan “registrasi”. Tentu saja Anda akan diminta melengkapi identitas diri.
  • Ketiga, Anda akan menerima link aktivasi untuk verifikasi akun baru Eremit Anda. Verifikasi ini akan Anda terima melalui email yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Setelah itu, Anda akan diminta menunggu karena pihak Eremit akan memeriksa akun tersebut.
  • Keempat, sambil menunggu hasil verifikasi, ada baiknya Anda datang langsung ke salah satu cabang Eremit yang paling terjangkau dari tempat tinggal Anda saat ini. Nantinya Anda akan diminta membawa serta beberapa dokumen terkait identitas Anda. Hal ini akan mempercepat proses verifikasi akun Anda.
  • Kelima, akun Anda yang baru saja aktif dapat langsung digunakan untuk melakukan pengiriman uang. Tinggal masuk saja dengan email dan password yang telah didaftarkan. Lalu klik “new recipient” untuk mengisi data-data penting penerima uang tersebut.
  • Keenam, pilih menu “moneygram” atau “merchantrade”. Mulai dari sini, ikuti langkah-langkah yang diarahkan aplikasi Eremit. Termasuk mengisikan jumlah uang yang akan dikirimkan ke Indonesia. Perlu diperhatikan juga lokasi pengambilan uang tersebut adalah agen “moneygram” di luar negeri, dalam hal ini Indonesia, yang dapat dijangkau oleh penerima uang Anda. Selamat mencoba.

paypal - Cara Mengirim Uang dari Malaysia ke Indonesia, Cek di Sini

3.  Mengirim Uang Melalui Qelola

7rxfmO7WAL1an74kNXqEaR C0sILJo5x7PH8DStYnt0UiqxDD1QTxMdWrdPWUyN1MyQ=h800 - Cara Mengirim Uang dari Malaysia ke Indonesia, Cek di Sini

Sumber: https://qelola.com/

Aplikasi yang tidak boleh dipandang sebelah mata adalah Qelola. Meskipun aplikasi ini terbilang baru, Qelola memiliki fitur yang lebih sederhana untuk mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia. Jika kedua aplikasi di atas terbatas pada tempat pengambilan uang yang masih kurang masuk daerah terpencil, Qelola tidak memerlukannya. Qelola sudah bekerja sama dengan beberapa bank yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah BNI. Sehingga uang yang telah sampai di Indonesia dapat diambil dari ATM terdekat yang tentu jumlahnya lebih menjamur daripada Western Union atau Eremit. Simak video dibawah ini “Cara Gampang Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia ” dengan aplikasi Qelola:

Cara mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia menjadi kegiatan yang semakin mudah dengan Qelola. Untuk mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan Qelola saat ini, kunjungi langsung website-nya di sini. Kemudian jangan lupa download aplikasi Qelola untuk merasakan sendiri berbagai manfaat di dalamnya.

Tags: , , ,