Panduan Cara Membuka Email bagi Pemula atau Calon TKI

cara buka email gmail

Electronic mail atau email sangat penting sekali untuk dimiliki saat ini. Banyak perusahaan yang menggunakan sistem online dalam perekrutan karyawannya melalui email. Jadi, Anda tidak perlu mengumpulkan surat lamaran beserta CV melalui pos, namun langsung secara online. Selain mudah dan praktis, cara ini juga hemat biaya tentunya. Sayangnya tidak semua orang sudah memahami bagaimana cara menggunakan surat elektronik tersebut. Padahal, jika Anda mau mencobanya caranya sangat mudah lho. Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan dunia electronic mail. Yuk ikuti panduan cara membuka email berikut ini. 

Bagaimana Cara Membuka Email?

Pertama-tama, Anda harus membuat akun email terlebih dahulu. Caranya pun sangat mudah, pilih dulu akun layanan email yang Anda inginkan misalnya Gmail atau Yahoo. Jangan khawatir, pembuatan email ini tidak dipungut biaya alias gratis, yang penting ada koneksi internet. Bagi Anda yang memilih akun Gmail, cara membuat emailnya bisa di klik disini ya!

Akun email bisa dibuka melalui ponsel atau pun laptop dengan langkah-langkah yang sedikit berbeda. Berikut adalah panduan cara membuka email baik di handphone dan laptop untuk Anda. Simak baik-baik ya!

Cara Membuka Email di Perangkat Laptop

business using laptop with email icon email inbox electronic communication graphics concept 34936 2730 - Panduan Cara Membuka Email bagi Pemula atau Calon TKI

Saat membuat akun email baru, pastikan Anda membuat password yang mudah diingat. Karena jika sewaktu-waktu lupa, agak sedikit rumit untuk mengembalikan akun email Anda tersebut. Nah berikut ini adalah panduan bagi pemula tentang cara membuka email dari layanan Gmail dan juga Yahoo.

  • Cara Membuka Email Gmail

  1. Masuk ke halaman browser atau mesin pencari pada perangkat Anda.
  2. Ketikan gmail.com pada kolom alamat, atau klik icon Gmail jika tersedia di halaman utama layar.
  3. Selanjutnya akan muncul halaman untuk masuk ke akun email Anda, klik Login.
  4. Tulis alamat email Gmail yang sudah Anda buat kemudian klik Next.
  5. Ketikkan kata sandi atau password email Gmail Anda dan tekan enter.
  6. Secara otomatis halaman email Gmail Anda akan terbuka, apabila gagal pasti akan muncul pemberitahuan bahwa email atau password yang Anda tuliskan salah.
  • Cara Membuka Email Yahoo

  1. Hampir sama dengan Gmail, masuk ke halaman browser dan tuliskan yahoo.com pada address bar.
  2. Temukan link email pada pojok kiri atas lalu klik.
  3. Masukkan alamat email Yahoo yang sudah dibuat lalu klik Next
  4. Ketikkan password, pastikan kata sandi diisi dengan benar ya lalu klik tombol Masuk.
  5. Halaman email yahoo otomatis akan terbuka.

Baca Juga: Step by Step Mengembalikan Akun Email Gmail Saat Lupa Password

Cara Membuka Email pada Ponsel

woman hand using smartphone send recieve email 176697 271 - Panduan Cara Membuka Email bagi Pemula atau Calon TKI

Cara membuka email pada perangkat laptop di atas juga bisa Anda lakukan saat membuka akun email dari ponsel. Anda bisa masuk ke halaman browser yang tersedia di ponsel seperti Google, Opera, Mozilla, dan lain sebagainya. Selain menggunakan halaman mesin pencari, Anda juga bisa membuka email melalui aplikasinya langsung yang bisa diunduh di Playstore. 

Kabar baiknya, untuk tipe handphone zaman sekarang biasanya aplikasi email terutama Gmail sudah jadi aplikasi bawaan ponsel jadi Anda tidak perlu repot-repot mengunduhnya dulu. Anda bisa langsung klik icon surat pada layar. Masukkan alamat dan kata sandi yang sudah Anda buat dan seketika email Gmail akan terbuka. Perlu Anda tahu, sekarang Anda juga bisa memiliki akun email lebih dari satu dalam satu aplikasi. Jika Anda tertarik untuk membuat beberapa akun Gmail, berikut ini adalah step-stepnya:

  1. Masuk ke aplikasi Gmail yang ada di layar ponsel Anda. 
  2. Klik tombol Menu atau simbol garis tiga vertikal (ke bawah).
  3. Pilih menu Settings pada halaman menu kemudian klik add account.
  4. Anda bisa memilih akan menambahkan akun email Gmail atau Yahoo sesuai dengan keinginan, apabila memilih Gmail klik Google pada layar.
  5. Tulis alamat email yang diinginkan lalu tekan Next.
  6. Lanjutkan dengan mengisi kata sandi yang mudah diingat kemudian klik Next.
  7. Selamat email cadangan Anda telah berhasil dibuat.

Demikian langkah-langkah cara membuka email di perangkat laptop dan juga smartphone. Sangat mudah bukan? Semoga informasi di atas dapat membantu Anda terutama yang belum paham dengan penggunaan akun email. Pembuatan akun email biasanya juga akan dibutuhkan saat Anda mengunduh aplikasi online lainnya.

Nah, di zaman yang serba online seperti sekarang belum lengkap rasanya jika tidak mengunduh aplikasi keuangan online seperti aplikasi Qelola. Qelola adalah aplikasi keuangan digital yang akan membantu Anda dalam mengelola pendapatan agar dialokasikan  secara terencana. Penggunaan aplikasi ini dapat Anda manfaat untuk berbagai transaksi keuangan seperti transfer uang bahkan sampai ke mancanegara. 

Selain itu, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk membayar berbagai tagihan pokok seperti listrik, air, dan juga BPJS Kesehatan. Ditambah lagi, Qelola juga menyediakan menu pembelian pulsa, kuota internet, dan juga voucher games. Untuk bisa menikmati layanan pada aplikasi Qelola caranya pun sangat mudah. Cukup unduh aplikasi Qelola terlebih dulu pada Playstore, lakukan pendaftaran dan transaksi digital yang Anda digital bisa langsung dinikmati dari ponsel. Kunjungi website resminya di sini!

Tags: , , ,