Step by Step Mengembalikan Akun Email Gmail Saat Lupa Password

lupa password gmail

E-mail adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki di era digital seperti sekarang. Berbagai informasi dan layanan daring dapat dinikmati apabila Anda memiliki surat elektronik atau yang akrab disebut e-mail ini. Penggunaan e-mail dijamin keamanannya karena untuk bisa mengaksesnya dibutuhkan password. Di Indonesia sendiri banyak yang memilih layanan Gmail untuk kepemilikan surat elektroniknya. Namun ada masalah yang kadang muncul saat Anda hendak terhubung dengan e-mail pribadi, seperti lupa password Gmail. Menanggapi hal tersebut Anda tidak perlu cemas karena e-mail Anda tetap dapat diakses. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Lupa Password Gmail?

woman hand using smartphone send recieve email 176697 163 - Step by Step Mengembalikan Akun Email Gmail Saat Lupa Password

Lupa password Gmail bukanlah akhir dari segalanya. Apabila Anda lupa kata sandi untuk masuk ke akun e-mail pribadi, Anda tinggal membuat password yang baru. Bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan password Gmail baru? Yuk baca langkah-langkahnya berikut ini.

  1.  Klik Kolom Forgot Password

Saat Anda masuk ke halaman utama Gmail, biasanya akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail dan juga password-nya. Jika Anda lupa dengan kata sandi untuk bisa masuk ke e-mail tersebut klik kolom Forgot Password yang tersedia di halaman utama.

  1.  Jawab Pertanyaan yang Diajukan Gmail

Setelah Anda menekan kolom Forgot Password, pihak Gmail akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa Anda pemilik asli dari akun e-mail tersebut. Untuk jawaban yang bisa dijawab selalu klik Next setelah berhasil menjawab. Namun, apabila ada pertanyaan yang tidak bisa Anda jawab maka gunakanlah e-mail cadangan atau nomor ponsel pribadi. Lalu apa saja pertanyaan yang biasanya diajukan oleh pihak Gmail? Berikut rinciannya:

  • Verifikasi Kode

Bagi Anda yang mengaktifkan pilihan 2 step authentication pada akun Gmail, biasanya akan diminta untuk melakukan verifikasi kode. Ada tiga cara untuk mendapatkan kode verifikasi tersebut yaitu melalui SMS dari Google, aplikasi Google Authenticator, dan Back-up Codes dari Google. Ketiga cara tadi biasanya akan meminta Anda untuk memasukan nomor handphone untuk proses verifikasi.

  • Alamat E-mail Cadangan

Pihak Google biasanya juga akan menanyakan alamat e-mail cadangan Anda untuk mengembalikan akun Gmail utama. Dalam prosesnya, pihak Gmail akan mengirimkan link ke e-mail cadangan yang berisi perintah untuk membuat password baru. Atau bisa juga pihak e-mail mengirimkan kode verifikasi ke alamat e-mail cadangan tersebut sebelum melakukan penggantian password.

  • Nomor Ponsel

Saat pembuatan akun Gmail pertama kali, Anda mungkin diminta untuk mengisikan nomor ponsel. Hal ini ternyata sangat berguna apabila Anda mengalami kendala lupa password Gmail. Nomor handphone yang pernah Anda isikan tersebut bisa dijadikan media untuk verifikasi akun Gmail utama Anda. Saat Anda sedang melakukan proses recovery akun gmail utama dengan nomor ponsel, selanjutnya pihak Google akan mengirimkan kode verifikasi ke HP dalam bentuk SMS. 

  • Pertanyaan Keamanan 

Pihak Gmail juga mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan keamanan atau security question yang terlampir pada akun Anda saat pertama kali mendaftar Gmail.

  • Bulan dan Tahun Pembuatan Akun Gmail Utama

Pertanyaan lain yang biasanya ditanyakan saat lupa password Gmail adalah kapan Anda membuat akun e-mail tersebut. Pertanyaan tersebut mencakup bulan dan juga tahun pembuatan akun e-mail utama Anda.

Baca Juga: Gampang Banget! Begini Cara Buat Akun Gmail untuk Calon TKI

Demikian cara dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan apabila lupa password Gmail. Ada tips yang perlu Anda ketahui saat membuat akun Gmail. Tips tersebut adalah pastikan Anda tidak hanya memiliki satu akun Gmail saja tapi juga membuat akun e-mail cadangan. Hal ini untuk mengantisipasi apabila Anda lupa dengan password Gmail yang utama. Akun e-mail utama akan lebih mudah untuk dipulihkan jika Anda memiliki akun e-mail cadangan.

Sama pentingnya dengan memiliki akun e-mail cadangan, Anda juga harus punya aplikasi keuangan yang bisa diunduh di ponsel pribadi. Karena segala sesuatu sekarang dilakukan secara daring, begitu pula dengan berbagai transaksi keuangan yang dilakukan secara non tunai. Aplikasi Qelola adalah salah satu aplikasi pembayaran digital terpercaya yang harus dimiliki oleh siapa saja.

qelola app 2 1 - Step by Step Mengembalikan Akun Email Gmail Saat Lupa Password

Aplikasi Qelola adalah cara baru untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia secara online. Bagi Anda WNI dan TKI yang ada di Malaysia yang akan melakukan transfer dana ke tanah air bisa mencoba aplikasi ini. Selain untuk mengirim uang, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk bayar-bayar tagihan di tanah air. Tagihan ini meliputi listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari HP. Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan nikmati fitur-fitur menariknya!

Tags: , , ,