Begini Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar, Gampang!

cara cek tagihan listrik pascabayar

Jenis instalasi listrik di rumah-rumah dibagi menjadi dua, yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Pemasangan listrik prabayar (pulsa atau token) memang lebih banyak digunakan. Alasannya karena lebih praktis. Tetapi masih banyak rumah yang memakai sistem pascabayar (pembayaran setelah pemakaian listrik sebulan). Sistem yang kedua tersebut ini dapat Anda cek tagihan listriknya. Untuk cek tagihan listrik pascabayar, Anda tidak perlu datang ke kantor PLN.

Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar

Tidak perlu datang ke kantor PLN atau cabang-cabang yang ditunjuk. Anda dapat cek tagihan listrik pascabayar dengan bermodalkan ponsel, pulsa, dan internet. Berikut ini adalah langkah-langkat cek tagihan listrik pascabayar.

Menghubungi Customer Service

Anda bisa langsung menghubungi Customer Service (CS) PLN untuk menanyakan tagihan listrik pascabayar. Cara yang satu ini cocok bagi Anda yang malas ketik-ketik di ponsel atau sedang sibuk. CS PLN siap sedia selama 24 jam. Sementara untuk biaya teleponnya, Anda akan dikenai tarif normal.

Cek Tagihan Listrik Pascabayar Lewat SMS

1*NlTW2YAI8DEyfxlX B87Ig - Begini Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar, Gampang!

Sumber: miro.medium.com

  • Cara Cek Tagihan Listrik Per Bulan

Untuk mengetahui cara cek tagihan listrik per bulan dengan metode SMS. Anda tinggal kirim SMS dengan format REK (spasi) nomor ID Pelanggan kirim ke 8123.

  • Cara Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik

Untuk berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik anda cukup kirim SMS dengan format: PLN(spasi)ON(spasi)12 digit ID pelanggan, lalu kirim ke 8123.

  • Cara Berhenti Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik

Setelah mendaftar, Anda juga dapat berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Anda tinggal kirim SMS dengan format: PLN(spasi)OFF(spasi)12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Untuk mendapatkan fasilitas cek tagihan listrik melalui SMS ini, Anda akan dibebani biaya Rp500. Biaya tersebut tidak termasuk ppn 10% per SMS.

Cek Tagihan Listrik Pascabayar Lewat Website

Tidak dapat dipungkiri, terkadang pelanggan ingin membandingkan tagihan listrik setiap bulannya. Jika Anda juga ingin mengetahuinya, silakan cek tagihan listrik Anda melalui website. Berikut adalah langkah pengecekan tagihan listrik melalui website.

  • Buka website www.cekbill.com.
  • Pilih navigasi “Cek Tagihan Listrik PLN” pada bagian kiri laman.
  • Masukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang tersedia.
  • Masukkan kode captcha untuk verifikasi.
  • Klik “Cek Tagihan”.
  • Tagihan Listrik akan muncul dengan status pembayarannya.

Mengunduh Aplikasi PLN Mobile

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via Iphone - Begini Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar, Gampang!

Sumber: kembar.pro

PT. PLN memiliki aplikasi resmi bernama PLN Mobile. Aplikasi yang satu ini menawarkan layanan informasi transaksi token, tagihan listrik, pemakaian kWh listrik, lokasi pembayaran terdekat, dan status pengaduan. Berikut ini adalah cara mengecek tagihan listrik melalui PLN Mobile:

  • Unduh aplikasi PLN Mobile.
  • Daftar untuk set up profil (pengguna baru). Jika Anda pengguna lama, migrasikan data ke aplikasi PLN Mobile.
  • Login setiap ingin memakai aplikasi. Profil Anda, termasuk tagihan listrik akan tertera otomatis.
  • Apabila Anda masuk tanpa login atau belum punya profil, klik “Masuk Tanpa Login”. Selanjutnya klik “Informasi dan Tagihan Token Listrik”.
  • Selanjutnya akan muncul pop up yang meminta informasi ID PEL (nomor pelanggan) atau nomor meter. Kemudian klik “Cari”.
  • Tagihan listrik Anda akan muncul pada layar ponsel.

Fitur-Fitur PLN Mobile

Fitur-fitur dalam PLN Mobile tentu bukan sekadar untuk mengecek tarif listrik saja. Ada banyak fitur yang akan menguntungkan Anda. Berikut ini adalah fitur-fitur PLN Mobile.

Fitur Permohonan

Fitur yang satu ini membantu Anda mengajukan sejumlah permohonan untuk diajukan ke PLN. Sejauh ini, ada tiga permohonan yang bisa diajukan pelanggan. Permohonan tersebut adalah permohonan pasang baru, permohonan mutasi tarif atau daya, dan permohonan penerangan sementara.

Fitur Pengaduan

Pada aplikasi PLN Mobile, semua pelanggan dipermudah dalam menyampaikan keluhan yang dirasakan. Dulu, menyampaikan keluhan harus melalui call center. Tapi sekarang, Anda bisa menyampaikannya secara online.

Fitur Informasi

Pada fitur informasi, Anda akan mendapatkan banyak informasi. Anda akan mendapatkan informasi terkait tagihan dan token listrik, informasi tarif listrik, simulasi pasang baru, simulasi perubahan daya, sampai simulasi penerangan sementara.

PLN pun membawa kabar baik bagi para pelanggan. Kini, PLN menambahkan fitur “Informasi Kompensasi Tingkat Mutu Pelayanan”. Menu ini akan memudahkan Anda dalam mengetahui besar rugi yang diterima akibat pemadaman listrik.

Fitur Pembayaran

Fitur pembayaran akan membantu Anda dalam mengetahui besaran biaya yang perlu Anda siapkan untuk pemakaian listrik. Melalui fitur ini, Anda dapat mengecek informasi total tagihan. Cukup masukkan nomor booking yang diberikan PLN.

Fitur ini juga membantu Anda mengetahui metode pembayaran yang bisa dipilih. Layanan pembayaran yang ditawarkan antara lain Layanan Satu Pintu (LSP), membayar melalui bank, hingga transfer antarbank.

Demikian pembahasan mengenai cara cek tagihan listrik pascabayar. Setelah Anda mengtahui besaran tagihan, pastikan Anda membayar tagihan tersebut agar terhindar dari pemutusan aliran listrik.

Anda dapat menggunakan aplikasi Qelola untuk melakukan pembayaran. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai pembayaran lainnya mulai dari air, telepon, internet, dan banyak lagi.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Download aplikasinya sekarang dan pelajari selengkapnya di sini.

Tags: ,