Simak 7 Kiat Sukses Bisnis Jastip untuk TKI

bisnis jastip

Bisnis jastip atau jasa penitipan pembelian barang secara online sedang berkembang pesat di media sosial selama beberapa tahun terakhir. Media sosial yang banyak digunakan untuk bisnis jastip adalah Instagram. Usaha ini cocok dilakukan TKI yang ingin membuka penitipan pembelian barang dari luar negeri ke Indonesia. Terlebih, peluang usaha satu ini dianggap memiliki keuntungan yang terbilang besar dengan modal yang kecil. Namun jangan salah, walaupun terlihat mudah dan menguntungkan, bisnis jastip merupakan bisnis yang membutuhkan kesabaran dan waktu yang ekstra.

Bagaimana tidak, penyedia layanan jastip dituntut untuk bisa memenuhi pesanan pembeli dari jarak jauh, dalam jumlah yang tidak sedikit dengan waktu yang singkat. Kemampuan berkomunikasi penting dalam kesuksesan menjalankan bisnis jastip. Agar bisnis jastip Anda berkembang, berikut adalah 7 kiat sukses yang harus Anda perhatikan saat memulai bisnis ini.

1. Berani Ambil Risiko

businessman hand stopping falling wooden blocks dominoes 42256 1099 - Simak 7 Kiat Sukses Bisnis Jastip untuk TKI

Seperti bisnis pada umumnya, saat ingin memulai sebuah bisnis, Anda harus berani mengambil risiko. Jika tidak, Anda akan selalu merasa takut untuk memulai dan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul di depan. Risiko bisnis akan selalu ada, terlalu banyak berpikir tentang risiko tersebut hanya akan membuat Anda gagal memulai. Jika Anda sudah tahu tentang risiko yang akan terjadi kedepannya tentang bisnis jastip, maka yang harus Anda lakukan adalah memikirkan cara untuk meminimalkan terjadinya risiko itu.

2. Persiapkan Niat dan Mental

Tak hanya berani mengambil risiko, Anda harus mempersiapkan niat dan mental secara matang. Mengingat bisnis jastip tidak mudah, maka dua hal tersebut penting dilakukan agar bisnis jastip berjalan konsisten dan terus berkembang. Niat dan mental akan menguatkan rasa pantang menyerah dan menghilangkan rasa penat karena terlalu banyak pesanan. Mental yang kuat juga akan membuat Anda lebih mudah dan berani menghadapi pelanggan. Berbisnis jastip harus memiliki niat kuat dan tidak menjadikan bisnis tersebut sebagai beban. Jika Anda nyaman dan bertekad kuat dalam menjalani bisnis ini, anggaplah hal ini sebagai sebuah hobi.

3. Lakukan Riset Pasar

asian businesswoman sitting desk office studying graphs large computer screen 1098 20500 - Simak 7 Kiat Sukses Bisnis Jastip untuk TKI

Sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari barang yang sering dicari pembeli, tempat belanja murah di lokasi Anda, berapa jarak yang harus ditempuh dari satu lokasi belanja ke lokasi belanja lain. Anda juga harus memikirkan cara pengiriman, transfer uang, penukaran uang, dan lain sebagainya. Riset ini dilakukan agar Anda dapat melakukan belanja jastip dengan lebih efektif. Sebagai penyedia jasa, Anda juga harus melakukan update barang yang sedang paling banyak dicari agar bisa ditawarkan kepada pelanggan. Carilah barang-barang unik yang dapat menarik minat masyarakat Indonesia untuk membeli barang tersebut. Anda juga bisa menyediakan produk makanan atau snack khas di lokasi Anda berada yang tidak dijual di Indonesia.

4. Aktif di Media Sosial

Sebagian besar bisnis jastip dikelola dan dipasarkan melalui Instagram. Oleh karena itu, penyedia jastip dituntut untuk rajin mengunggah konten dan menyapa followers di akun jastip yang dikelola. Tujuannya agar pelanggan maupun calon pembeli tertarik dan yakin bahwa bisnis Anda dapat dipercaya. Kiat ini juga membantu Anda mencari tahu apa yang sedang tren dan dicari banyak pembeli. Rajin membuat konten, mencari tren, dan berinteraksi dengan pelanggan adalah kunci sukses mengembangkan bisnis jastip milik Anda. Hindari rasa malas untuk mengelola dan aktif di sosial media. Lakukan persiapan yang mendukung seperti ponsel, powerbank, dan kuota internet.

5. Jaga Komunikasi dengan Pelanggan

pretty young asian woman holding speech bubble 171337 8776 - Simak 7 Kiat Sukses Bisnis Jastip untuk TKI

Istilah ‘pelanggan adalah raja’ juga berlaku dalam menjalankan bisnis jastip. Jaga kesopanan dan kesabaran Anda saat melayani customer. Walaupun pelanggan mungkin banyak bertanya, menyebalkan, atau tidak jadi membeli, tetaplah melayani mereka dengan balasan yang santun. Buatlah moto bahwa pelanggan yang tidak jadi membeli mungkin akan menjadi pelanggan setia Anda di kemudian hari. Kuncinya adalah menjaga komunikasi yang baik dengan siapapun. Jika perlu, ajukan pertanyaan tentang kepuasan pembeli, testimoni dari pembeli akan membuat layanan jastip milik Anda sukses dan semakin berkembang pesat.

6. Pintar Membagi Waktu

Dalam menjalankan bisnis, pintar mengatur waktu adalah hal penting. Sebanyak apapun pesanan pembeli, jangan sampai Anda melupakan waktu untuk hal lainnya. Khususnya bagi para TKI yang membuka bisnis ini, Anda harus pandai dalam membagi waktu antara bekerja dengan berbisnis. Jangan sampai karena sibuk berbisnis jastip, performa Anda dalam bekerja berkurang. Buatlah jadwal bekerja dan berbisnis jastip. Misalnya, pagi sampai sore di hari kerja Anda bekerja, pagi sampai sore di waktu libur Anda manfaatkan untuk mencari barang-barang titipan pelanggan. Di malam hari, Anda bisa meluangkan waktu untuk beristirahat dan menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Dengan cara itu Anda bisa menyeimbangkan bisnis dengan kegiatan lainnya.

7. Ketahui Trik Mengemas Produk

parcel paper cartons with shopping cart logo trolley laptop keyboard 9635 3199 - Simak 7 Kiat Sukses Bisnis Jastip untuk TKI

Kiat terakhir yang bisa Anda lakukan sebagai penyedia jasa penitipan pembelian barang adalah mengetahui trik mengemas produk. Tujuannya adalah agar Anda bisa membawa banyak produk dari luar negeri untuk pelanggan di Indonesia. Anda harus bisa mengemas semua barang titipan pelanggan dengan baik dan tetap rapi agar tidak terlalu memakan tempat. Jika perlu, bawalah barang pribadi sedikit dan manfaatkan semua koper atau tempat penyimpanan barang lain hanya untuk membawa barang jastip. Sebelum diterima pembeli, pastikan barang memiliki kemasan yang rapi dan menarik. Kerapian produk saat diterima akan meningkatkan kualitas layanan jastip miliki Anda.

Itulah 7 kiat sukses berbisnis jastip khusus untuk TKI. Bagi TKI yang berada di Malaysia dan ingin memulai bisnis jastip, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah Anda melakukan transaksi dengan pembeli. Melalui Qelola, Anda bisa melakukan transaksi dan pengiriman uang dari Indonesia ke Malaysia, dan sebaliknya. Prosesnya pun cukup cepat dengan biaya terjangkau. Dengan layanan Qelola, transaksi jastip yang dilakukan dengan pembeli akan berjalan semakin mudah dan tetap menguntungkan. Tertarik untuk mencoba? Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , ,