Perjanjian Sewa Rumah, Ini Tips dan Aturan Menyewa Rumah di Malaysia

perjanjian sewa rumah malaysia

Untuk menyewa rumah, perjanjian sewa menjadi pokok pertama untuk kamu lakukan. Perjanjian sewa tersebut harus tertandatangani oleh penyewa maupun tuan rumah. Dengan demikian, masing-masing pihak memiliki tanggung jawab secara jelas. Namun, karena belum ada undang-undang mengenai sewa rumah, perjanjian sewa menjadi sangat penting untuk melindungi penyewa.

Perjanjian rumah sewa adalah kontrak antara kamu dan tuan rumah yang berisi tanggung jawab serta kewajiban setiap pihak selama tempo menyewa. Pastikan syarat dan ketentuan memberi manfaat bagi kamu dan tuan rumah. Jika kamu merasa isi perjanjian sewa ambigu atau tidak jelas, tanyakan penjelasannya kepada tuan rumah atau pemilik rumah.

Baca perjanjian sewa dengan sangat teliti sebelum menandatanganinya. Jika tiba-tiba tuan rumah memberikan perjanjian tambahan, kamu harus memintanya untuk menuliskannya dalam perjanjian sewa. Pastikan kamu memeriksa properti rumah dengan cermat sebelum menandatangani perjanjian. Perjanjian sewa menjadi pegangan Kamu dan tuan rumah selama rumah tersebut disewa.

Berikut isi aturan dalam perjanjian sewa yang menjadi perhatian Kamu maupun tuan rumah selama tempo sewa rumah, yaitu:

Aturan Sewa Rumah

Dalam perjanjian sewa harus tertulis lengkap mengenai letak jenis rumah yang disewakan dan lokasinya. Alamat rumah yang kamu sewa harus tertulis jelas dalam perjanjian sewa. Bagi tuan rumah, jangan menyewakan rumah setengah-setengah, karena akan menyebabkan kebingungan bagi penyewa rumah. Jika ada benda-benda inventaris dalam rumah, tulis juga aturan-aturan mengenai penggunaannya.

Harga Sewa dan Deposit

Dalam perjanjian sewa, keterangan uang sewa harus tertulis jelas dan rinci. Berapa besaran sewa yang harus Kamu bayarkan kepada tuan rumah. Pembayaran dalam bentuk tunai, deposit bank, atau online transfer juga harus tertera dalam perjanjian. Tanggal jatuh tempo pembayaran harus Kamu cermati dan pastikan ulang kepada tuan rumah. Bagi tuan rumah, jika ada biaya tambahan mengenai uang keamanan, kebersihan, iuran bulanan dan lain-lain harus dijelaskan dalam perjanjian sewa. Sehingga penyewa rumah memiliki gambaran berapa besaran uang yang harus mereka keluarkan setiap bulannya.

Tanggal Jatuh Tempo Habis Kontrak

Perjanjian sewa juga memuat kapan kontrak ditandatangani, mulai menempati rumah sewa, dan selesai menempatinya. Jika sewa rumah bisa diperpanjang, tuan rumah harus menuliskan aturan tersebut tentunya dengan beberapa syarat yang dikehendaki.

Tanggung Jawab Tuan Rumah

tanggung jawab pexels 700x394 - Perjanjian Sewa Rumah, Ini Tips dan Aturan Menyewa Rumah di Malaysia

sumber: Pexels.com

Pemilik rumah harus bertanggung jawab atas kondisi rumah yang akan disewa, dan memastikan bahwa setiap pajak terkait properti akan dibayarkan kepada pihak yang bersangkutan, rumah harus memiliki asuransi dan membayar premi asuransi.

Selain itu, tuan rumah juga harus memastikan bahwa furnitur dan peralatan yang disediakan semuanya dalam kondisi terbaik.

Kewajiban Penyewa

Kewajiban penyewa adalah membayar sewa tepat waktu. Selain itu juga bertanggung jawab atas kelengkapan rumah dan perabotan yang ada. Jangan main rusak rumah orang begitu saja. Jaga perabotan yang sudah ada dengan baik. Jika memang ada kerusakan dalam rumah yang bukan karena Kamu, beritahu tuan rumah agar diperbaiki. Patuhlah pada aturan rumah yang ada.

Berikut adalah beberapa perkara umum yang perlu Kamu patuhi:

Boleh lakukan:

  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya.

  • Saling memjaga privasi dan ketenangan penghuni rumah atau tetangga. Tidak menyalakan TV keras-keras atau bermain musik dengan volume kencang.

  • Menjaga barang-barang yang sudah ada di rumah atau milik tuan rumah. Jika kerusakaan karena ulah Kamu, pastikan untuk memperbaikinya atau mengganti.

Jangan lakukan:

  • Merusak barang tanpa tanggung jawab

  • Membuat keributan sehingga menganggu penghuni rumah atau tetangga.

  • Tidak membayar sewa tepat waktu

  • Membuat kotor rumah dan lingkungan sekitar

Tips Memilih Rumah

tips pexels 700x467 - Perjanjian Sewa Rumah, Ini Tips dan Aturan Menyewa Rumah di Malaysia

sumber: Pexels.com

Malaysia menjadi salah satu negara pilihan untuk mengadu nasib. Ketika bekerja di negeri orang, tentu tidak lepas dengan kebutuhan tempat tinggal. Daripada membeli rumah, kebanyakan orang rantau justru memilih untuk mencari rumah sewa. Hal tersebut karena rumah sewa lebih fleksibel untuk berpindah-pindah dan lebih banyak pilihan lokasi tempat tinggalnya. Sebelum menyewa rumah ada baiknya Kamu melihat beberapa tips di bawah ini:

Lokasi

Lokasi tentu menjadi perkara yang pertama, hal ini untuk memastikan jangkauan mobilitas Kamu tidak sulit. Bagi pekerja, sebaiknya memilih tempat tinggal yang tidak jauh dari lokasi kerja. Jika seorang pelajar, memilih rumah sewa berdekatan dengan kampus. Dengan memilih lokasi tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja atau sekolah akan memudahkan Kamu dalam bepergian dan tentunya menghemat ongkos transportasi.

Jika memang tidak ada lokasi rumah sewa yang berdekatan dengan kantor atau kampus, Kamu bisa memilih lokasi rumah sewa yang dekat dengan akses transportasi, baik stasiun maupun halte bus dengan rute tujuan ke kantor atau kampus. Hunian yang dekat dengan akses transportasi, baik stasiun LRT/MRT dan bus akan mempercepat Kamu menuju kantor atau kampus.

Lokasi rumah sewa juga harus melihat lingkungan sekitar atau fasilitas publik lainnya. Bagi Kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, tentu sebaiknya memilih tempat tinggal yang ramah anak dan dekat dengan sekolah. Jika tempat tinggal yang dekat dengan sekolah harus jauh dari kantor, Kamu tetap bisa meengakses transportasi untuk menuju kantor. Alangkah baiknya anak dekat dengan sekolahnya daripada harus bolak-balik menggunakan transportasi menuju sekolahnya.

Periksa Rumah Sewa

Ada banyak pilihan rumah dan kondominiun yang tersedia di Malaysia. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan dan tentunya dana yang Kamu miliki. Setelah memilih lokasi hunian, jangan lupa untuk memeriksa atau mengunjungi rumah sewa terlebih dahulu. Jangan langsung membayar sewa tanpa meninjau rumah terlebih dahulu. Rumah sewa yang akan Kamu tinggali harus sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Kamu dan penghuni rumah lainnya.

Periksa apakah hunian yang akan Kamu sewa bersih atau tidak, cahaya matahari yang masuk bagus atau tidak, rumah tersebut menghadap langsung matahari atau tidak, dan bagaimana kondiri lingkungan rumah atau tetangga Kamu. Pastikan bahwa lingkungan rumah sewa kamu tidak bising atau ramai. Karena tempat tinggal merupakan tempat istirahat setelah capek bekerja. Jangan lupa juga untuk memeriksa keamanan rumah dan lingkungan, terlebih bagi Kamu yang membawa kendaraan pribadi. Lingkungan rumah harus aman dari segala kejahatan.

Periksa Fasilitas Publik

Setelah memeriksa kelengkapan, kenyamanan, dan keamann rumah serta lingkungannya, perhatikan juga fasilitas publik yang ada. Kemudahan Kamu menemukan supermarket atau pasar untuk berbelanja, warung atau tempat makan , serta apotek menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih lokasi tempat tinggal. Ramai atau tidaknya orang di lingkungan tersebut juga menjadi salah satu perhitungan. Jangan sampai setelah kamu menempati rumah sewa tersebut kemudian kaget karena Kamu tinggal di kawasan padat penduduk.

Perhitungan Uang Sewa

Dana tentu menjadi hal yang utama ketika ingin mencari rumah sewa, terlebih di Malaysia. Selain uang sewa bulanan, tanyakan kepada penyewa rumah biaya yang Kamu perlukan dalam satu bulan. Seperti membayar listrik, air, uang kebersihan, atau uang keamanan. Bahkan beberapa lingkungan tempat tinggal juga membebankan uang parkir bagi penghuni rumah yang memiliki mobil pribadi. Biaya-biaya tersebut harus menjadi perhitungan.

Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kamu bisa menikmati layanan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,