Hijrah ke Malaysia?Ikuti 3 Tips Pilih Rumah Sewa yang Tepat Berikut Ini!

malaysia

Banyak orang dari Indonesia yang pergi ke Malaysia untuk berbagai kepentingan. Seringnya, urusan dengan negara tetangga yang satu ini tak jauh-jauh dari yang namanya TKI. Tingginya minat warga negara Indonesia untuk mengadu nasib di Malaysia disebabkan berbagai faktor. Gaji yang besar jadi alasan nomor satu, jarak yang dekat dengan Indonesia serta kesamaan kultur dan bahasa juga jadi faktor pendukung lainnya. Tak hanya itu, alasan pendidikan atau melanjutkan studi di Malaysia juga jadi pilihan beberapa siswa atau mahasiswa di Indonesia. Ditambah lagi adanya perkawinan lintas negara juga membuat sebagian orang memilih hengkang ke negara Malaysia mengikuti pasangannya. Satu hal yang pasti jadi prioritas utama saat tandang ke Malaysia adalah perihal rumah sewa. Meski serumpun, memilih properti di kampung Melayu ini sedikit berbeda dengan di Indonesia lho! Berikut akan kami bagikan tips memilih rumah sewa yang tepat bagi Anda yang hijrah ke Malaysia.

Tips Memilih Rumah Sewa yang Tepat di Malaysia

  • Sesuaikan dengan Pendapatan Anda

person holding 10 us dollar banknote in front of gray and 929285 1 700x467 - Hijrah ke Malaysia?Ikuti 3 Tips Pilih Rumah Sewa yang Tepat Berikut Ini!

Saat memutuskan pindah ke negara lain, tentunya Anda harus pintar-pintar untuk mengatur alokasi dana sesuai dengan kemampuan finansial. Nah, dalam memilih rumah sewa misalnya tentu harus dipikirkan dengan matang agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Di Malaysia sendiri, Kuala Lumpur menjadi kota tujuan bagi mereka yang akan tinggal. Umumnya orang-orang akan memilih untuk tinggal di rumah susun, apartemen atau kondominium. Mereka menghindari untuk tinggal di rumah petak karena perbandingan harganya yang mencolok jika dibandingkan dengan rumah susun atau apartemen. Berikut akan dipaparkan rincian fasilitas dan biaya yang harus Anda siapkan jika memilih untuk tinggal di rumah susun.

  1. Flat

Tipe rumah susun yang pertama dan dibilang low budget di Malaysia adalah flat. Dengan harga sewa antara 400 hingga 1000 ringgit Malaysia perbulan, Anda akan mendapatkan flat berukuran 550 hingga 800 square feet. Umumnya flat ini terdiri dari dua kamar, beberapa ada yang menyediakan 3 kamar dengan satu kamar mandi. 

Karena harganya yang cukup ekonomis, ada beberapa hal yang mungkin akan sedikit mengganggu kenyamanan Anda. Bagi Anda yang memilih flat di lantai atas, bersiap-siaplah untuk naik dengan tangga karena umumnya tidak disediakan lift. Selain itu tidak ada petugas keamanan dan parkir khusus , jadi bagi Anda yang memiliki mobil mau tidak mau harus memarkirnya di pinggir jalan atau lapangan. Bagi Anda yang mengutamakan privasi sebaiknya urungkan niat untuk tinggal di flat karena suasananya yang bising dan terdapat koridor panjang di depan hunian. 

  1. Apartemen

Rumah sewa selanjutnya yang jadi pilihan adalah apartemen. Hampir sama dengan flat, apartemen di Malaysia menyediakan 2 hingga tiga kamar. Namun, untuk kamar mandinya biasanya ada dua. Dengan harga mulai 600 sampai 1500 ringgit Malaysia perbulan, apartemen ini memiliki luas 750 hingga 1000 square feet. Kabar baiknya, terdapat lift untuk Anda yang tinggal di lantai atas. Selain itu keamanan di apartemen lebih terjamin karena terdapat security dan slot parkir khusus. 

  1. Kondominium

Tipe rumah sewa terakhir yang banyak dilirik adalah kondominium. Tarif yang dipatok sebuah kondominium biasanya di atas 1500 ringgit Malaysia dengan luas lebih dari 1000 square feet. Fasilitas yang akan didapat pun sepadan dengan harganya. Umumnya kondominium menyediakan minimal 3 kamar dengan 2 kamar mandi di dalamnya. Akses lift pun lebih banyak dan terdapat kolam renang serta gym center. Sistem keamanan juga lebih ketat sehingga tidak sembarang orang bisa keluar masuk ke kondominium tempat Anda tinggal.

  • Melakukan Survey Rumah Sewa Lewat Internet

fintech - Hijrah ke Malaysia?Ikuti 3 Tips Pilih Rumah Sewa yang Tepat Berikut Ini!

 

Hal penting selanjutnya yang harus Anda jalani adalah melakukan observasi rumah sewa yang diinginkan lewat situs-situs properti yang recommended. Cari tahu informasi secara detail mengenai lokasi, harga, luas sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu Anda ketahui juga, rumah sewa di Malaysia biasanya ditangani oleh sebuah agen properti bukan pemiliknya langsung. Jadi jika dirasa sudah menemukan yang cocok dihati segera hubungi agen rumah sewa yang bersangkutan.

  • Teliti dan Jeli Saat Melakukan Pengecekan Rumah Sewa

apartemen 1 - Hijrah ke Malaysia?Ikuti 3 Tips Pilih Rumah Sewa yang Tepat Berikut Ini!

Sumber: moveandstay.com

Rumah sewa di Malaysia biasanya ditawarkan beserta furniture dan elektronik didalamnya. Saat melakukan pengecekan unit, Anda harus teliti dan jeli memeriksa kondisi furniture dan elektronik yang ada. Selain itu, agen properti di Malaysia biasanya tidak hanya memegang satu kunci unit rumah sewa saja. Hal ini sangat menguntungkan tentunya karena Anda bisa mengecek unit lainnya untuk perbandingan.

Selain mempertimbangkan secara teliti dalam memilih rumah sewa di Malaysia, ada satu hal lagi yang juga harus jadi perhatian. Transaksi keuangan di Malaysia tentunya juga penting untuk jadi prioritas selanjutnya. Bagi Anda yang harus melakukan transfer uang ke Indonesia dari Malaysia, tidak perlu repot-repot lagi ke bank atau agen pengiriman uang. Melalui aplikasi Qelola, Anda bisa melakukan transaksi kirim uang ke Indonesia dalam hitungan detik saja dari ponsel. Selain aman dan terpercaya, aplikasi Qelola juga mematok tarif murah untuk biaya transaksinya.

Di samping itu, aplikasi Qelola juga memudahkan Anda untuk bisa membayar berbagai tagihan di tanah air seperti air, listrik, TV Kabel, dan BPJS Kesehatan. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa melakukan pembelian pulsa bahkan untuk keluarga di tanah air. Untuk bisa menikmati layanan tersebut caranya sangat mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola disini dan lakukan registrasi di dalamnya. Jika Anda masih bingung kunjungi website Qelola disini untuk informasi lebih lanjut ya!

Tags: , , , ,