Cara Dapatkan Sewa Rumah Malaysia dengan Harga Murah

rumah malaysia

Salah satu alasan utama kenapa Malaysia menjadi tujuan favorit tenaga kerja dari Indonesia untuk mengais rezeki adalah karena kamu bisa sewa rumah Malaysia dengan harga yang murah. Setelah sukses mendapatkan visa dan izin kerja di Malaysia, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mencari tempat tinggal. Pada umumnya, di wilayah Kuala Lumpur dan Selangor orang akan lebih memilih tinggal di rumah susun atau di apartemen daripada di rumah tapak (landed house). Kenapa? Alasan utamanya adalah karena rumah susun lebih murah jika dibandingkan dengan rumah tapak, dan lokasinya juga lebih strategis.

Sudahkan kamu mengetahui apa saja tipe rumah Malaysia? Jika belum, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Rumah Malaysia Tipe Flat

Tipe rumah Malaysia yang satu ini paling sederhana dan murah. Flat setara dengan rumah susun seperti yang ada di Indonesia pada umumnya. Ukuran luasnya sekitar 550 sqf sampai dengan 800 sqf. Rumah tipe ini pada umumnya memiliki 2 sampai 3 kamar, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Biasanya, akses ke lantai atas hanya berupa tangga umum, dan jarang yang dilengkapi dengan lift. Ada koridor panjang di depan unit yang lebih terbuka, sehingga privasi kurang terjaga.

Pada umumnya, mobil hanya diparkirkan di lapangan atau di pinggir jalan karena tidak ada slot parkir khusus. Dan tidak ada pihak keamanan atau security yang berjaga di sana. Suasana di rumah tipe ini cukup padat penghuni dan cenderung bising. Harga sewa rumah tipe ini berkisar antara RM400 sampai dengan RM1.000 untuk masa sewa selama 1 bulan.

2. Rumah Malaysia Tipe Apartemen

qelola 14 1 - Cara Dapatkan Sewa Rumah Malaysia dengan Harga Murah

sumber: freepik

Apartemen yang umum di Malaysia biasanya berukuran 750 sqf sampai dengan 1.000 sqf. Terdiri dari 3 kamar, 2 kamar mandi dengan WC. Rumah tipe ini memiliki akses lift, namun terbatas dan cenderung mengantri pada saat jam sibuk. Umumnya, apartemen tidak memiliki koridor panjang di depan unit, sehingga privasi unit lebih terjaga. Setidaknya, apartemen pasti memiliki minimal 1 slot parkir khusus, dan ada pihak keamanan sehingga lebih terjaga meskipun terkadang tingkat keamanannya cenderung longgar. Harga sewa apartemen di Malaysia berkisar antara RM600 sampai dengan RM1.500 per bulan. 

3. Rumah Malaysia Tipe Kondominium

Rumah tipe ini paling mewah dan tentunya paling mahal. Tipe ini berukuran lebih dari 1.000 sqf dan umumnya memiliki 3 kamar atau lebih. Kalau memiliki 2 kamar saja, maka ruang tamunya lebih luas. Tipe ini juga wajib ada 2 kamar mandi dengan WC, ada banyak akses lift, sehingga penghuninya tidak akan mengantri meskipun saat jam sibuk. Rumah tipe ini juga memiliki minimal 1 slot parkir khusus yang biasanya tertutup. Selain itu, ada juga ekstra slot parkir untuk unit yang lebih besar. Dan yang pasti, ada pihak keamanan ketat yang selalu berjaga. 

Jika ada tamu dari luar, biasanya akan diizinkan masuk jika sudah mendapatkan izin dari penghuninya. Menariknya lagi, ada fasilitas kolam renang dan gym. Rumah tipe ini biasanya disewakan dengan harga di atas RM1.500 untuk masa sewa 1 bulan. 

Tips Agar Dapat Rumah Sewa Murah di Malaysia

qelola 13 2 - Cara Dapatkan Sewa Rumah Malaysia dengan Harga Murah

sumber: freepik

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu dicoba jika kamu hendak mencari rumah Malaysia dengan harga sewa yang murah:

  • Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, sesuaikan harga sewa rumah dengan pendapatan. Panduannya adalah biaya sewa rumah maksimal harus sepertiga dari penghasilan.
  • Selanjutnya, sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan tinggal dalam satu rumah. Jika hanya tinggal sendiri saja, maka kamu tidak perlu mencari rumah dengan 3 kamar.
  • Carilah lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja. Jika tempat kerja mudah terjangkau dengan kereta, baik LRT maupun KTM, maka kamu bisa lebih fleksibel dengan mencari rumah yang dekat dengan stasiun kereta.
  • Bagi kamu yang punya anak usia sekolah, maka pertimbangan lainnya adalah lokasi yang terjangkau oleh bus antar-jemput sekolah atau lokasi yang dekat sekolah anak.
  • Pertimbangkan juga komunitas di lingkungan rumah yang akan kamu tinggali. Ada apartemen tertentu yang menjadi favorit orang Indonesia di Malaysia, sehingga kamu akan merasa tidak jauh dari negeri sendiri.
  • Lingkungan dan fasilitas di sekitar rumah, seperti minimarket, halte bus, pom bensin, warung makan, dan apotek juga perlu dipertimbangkan. 

Baca juga: Pekerja Rumah Tangga, Pahami Hak dan Kewajibannya

Kalau urusan cari rumah Malaysia dengan harga sewa yang murah sudah beres, sekarang pikirkan soal pengelolaan keuangan. Untuk memudahkan, kamu bisa gunakan layanan Qelola baik transfer uang maupun membayar tagihan. Qelola sangat mudah digunakan, prosesnya cepat, dan yang pasti biayanya murah. Dengan Qelola, kamu bahkan tidak perlu keluar rumah untuk bayar ini-itu. Unduh aplikasi Qelola sekarang juga di Google Play Store!

 

Tags: , , , ,