Indonesia Passport, Ini Cara Mengajukannya Untuk Pekerja Migran

buku indonesia passport

Indonesia passport adalah dokumen penting dan menjadi syarat yang harus kamu bawa ketika akan bekerja ke luar negeri. Hal ini sebagai tanda pengenal dan ijin untuk melakukan penyeberangan wilayah. Paspor menjadi salah satu hal yang harus kamu bawa ketika akan berangkat menjadi pekerja migran. Berangkat untuk bekerja ke luar negeri tak ayal harus memiliki persiapan lebih. Banyak hal yang harus kamu persiapkan matang-matang dan tidak boleh terlewat.

Bagi kamu yang ingin memiliki Indonesia passport maka harus mempersiapkan segala hal persyaratan sebelum berangkat. Prosedur pembuatan paspor membutuhkan waktu yang tidak lama namun kamu perlu sesegera mungkin memenuhi segala kepentingan persyaratannya. Jika kamu sudah pernah membuat paspor maka kamu perlu kroscek kembali apakah paspor yang kamu miliki masih berlaku. Paspor memiliki masa berlaku dan harus melakukan perpanjangan secara berkala sesuai masa temponya. Berikut ini beberapa langkah untuk mempersiapkan Indonesia passport bagi calon pekerja migran sebelum berangkat bekerja, apa saja?

Syarat Umum

syarat pexels 700x467 - Indonesia Passport, Ini Cara Mengajukannya Untuk Pekerja Migran

sumber: Pexels.com

Secara umum, mengurus paspor bisa kamu lakukan sendiri dengan mendatangi kantor imigrasi atau secara online menggunakan aplikasi. Pemohon paspor baru harus mempersiapkan beberapa kelengkapan dokumen lalu menyerahkannya ke pihak lembaga keimigrasian. Apa saja syarat pemohonnya?

  1. Permohonan pembuatan paspor baru dapat diajukan oleh seseorang dengan status warga negara Indonesia yang berada di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia.

  2. Jenis paspor bisa kamu pilih antara lain paspor elektronik (e-paspor) dan paspor non elektronik.

  3. Paspor baru diterbitkan dan sudah terdaftar menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian.

  4. Pengajuan permohonan paspor dapat kamu lakukan secara manual atau elektronik dengan melampirkan dokumen persyaratan secara lengkap.

  5. Bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI), permohonan paspor diajukan di kantor imigrasi yang masih berada dalam provinsi yang sama dengan domisili yang bersangkutan dan masih berada di wilayah Indonesia.

  6. Pengajuan permohonan paspor dapat dilakukan secara mandiri perorangan atau kolektif dari perusahaan pengerah TKI.

Kelengkapan Administrasi

administrasi pexels 700x467 - Indonesia Passport, Ini Cara Mengajukannya Untuk Pekerja Migran

sumber: Pexels.com

Berikut beberapa syarat kelengkapan dokumen yang harus kamu penuhi untuk mengajukan permohonan Indonesia passport, simak!

  1. Memiliki kartu tanda penduduk (KTP/NIK) yang masih berlaku dan atau surat keterangan pindah ke luar negeri;

  2. Kartu keluarga;

  3. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah yang bersangkutan, ijazah, atau surat baptis; (dalam dokumen harus tercantum nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, jika tidak tercantum, pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang);

  4. Surat pindah warga negara Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan;

  5. Bukti keterangan penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah melakukan penggantian nama;

  6. Surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi atau kabupaten/kota untuk permohonan paspor calon tenaga kerja Indonesia (TKI)

  7. Membawa paspor biasa lama bagi yang telah memiliki Paspor biasa.

Prosedur

prosedur unsplash 700x468 - Indonesia Passport, Ini Cara Mengajukannya Untuk Pekerja Migran

sumber: Unsplash.com

Setelah semua berkas kelengkapan sudah siap, maka kamu bisa mendatangi kantor imigrasi untuk memasukkan berkas pada antrian. Atau kamu bisa secara online melakukan pendaftaran melalui aplikasi Antrian Paspor Online yang sudah bisa kamu unduh melalui toko aplikasi ponsel seperti App Store atau Google Play.

Berikut ini adalah prosedur permohonan secara manual dengan datang ke kantor imigrasi:

  1. Pemohon mengisi aplikasi data yang telah tersedia pada loket permohonan dan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan;

  2. Pejabat Imigrasi yang akan memeriksa dokumen kelengkapan persyaratan;

  3. Setelah kelengkapan persyaratan yang telah dinyatakan lengkap, Pejabat Imigrasi yang ditunjuk memberikan tanda terima permohonan dan kode pembayaran;

  4. Jika terdapat dokumen kelengkapan persyaratan dinyatakan belum lengkap, Pejabat Imigrasi yang ditunjuk akan mengembalikan dokumen permohonan dan laporan pencabutan permohonan.

Pengesahan

pengesahan unsplash 700x467 - Indonesia Passport, Ini Cara Mengajukannya Untuk Pekerja Migran

sumber: Unsplash.com

Bagi kamu yang telah lolos seleksi kelengkapan dokumen persyaratan, maka Pejabat Imigrasi akan melakukan kroscek pengesahan dengan serangkaian proses seperti:

a. Pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan;

b. Pembayaran biaya paspor;

c. Pengambilan foto dan sidik jari;

d. Wawancara;

e. Verifikasi; dan

f. Adjudikasi.

Biaya

Kamu bisa memilih besaran biaya pembuatan Indonesia passport sesuai dengan tipe paspor yang kamu butuhkan, yaitu:

  1. Paspor biasa 48 halaman Rp350.000

  2. Paspor biasa 48 halaman elektronik Rp650.000

  3. Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).

Kunjungi website Qelola karena informasinya akurat dan sesuai kebutuhanmu belajar terkait dunia kerja, TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk transaksi keuangan Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan Qelola untuk pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,