Tahukah Anda Paspor adalah Dokumen Penting TKI? Ini Penjelasanya

EP 17 - Tahukah Anda Paspor adalah Dokumen Penting TKI? Ini Penjelasanya

Bagi Anda yang mempunyai rencana bekerja di luar negeri, tahukan Anda bahwa paspor adalah dokumen yang penting dan harus ada? Paspor adalah Surat Perjalanan Republik Indonesia yang diberikan kepada WNI yang akan melakukan perjalanan ke luar atau masuk wilayah Negara Republik Indonesia. Paspor adalah identitas global yang bisa digunakan ketika berada di luar negeri. Jika di Indonesia kita diwajibkan mempunyai KTP, maka ketika berada di luar negeri kita diwajibkan mempunyai paspor.

Layaknya KTP yang dapat digunakan sebagai tanda pengenal ketika ingin membuka rekening, pengurusan izin dan lain sebagainya, paspor juga berlaku seperti itu. Bayangkan saja jika Anda tinggal di luar negeri dan tidak bisa mengurus izin apapun yang berhubungan dengan hidup Anda di negeri orang. Tentu sangat menyulitkan bukan? Tidak usah jauh-jauh membayangkan ketika sudah tinggal di luar negeri, bahkan ketika baru akan keluar dari negara kita saja atau baru akan memasuki negera lain, paspor adalah dokumen pertama yang akan diperiksa. Kemudian paspor akan dicap dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan.

Baca Juga: Lebih Mudah dan Cepat, Ini Cara Daftar Paspor Online

Jenis Paspor

EP 17 1 - Tahukah Anda Paspor adalah Dokumen Penting TKI? Ini Penjelasanya

Penjelasan di atas merupakan fungsi paspor secara umum. Selain itu paspor juga masih mempunyai fungsi penting yang disesuaikan dengan jenis-jenisnya, yakni sebagai berikut:

Paspor Biasa/Paspor Hijau

Paspor hijau adalah paspor yang paling sering ditemukan karena bisa didapatkan oleh setiap warga negara Indonesia. Paspor ini terbagi menjadi dua, yakni paspor biasa dan paspor biasa elektronik yang disebut dengan e-paspor. Masa berlaku paspor biasa adalah 5 tahun, namun pastikan untuk memperpanjangnya 6 bulan sebelum masa berlaku berakhir.

Paspor Dinas/Paspor Biru

Seperti namanya, paspor berwarna biru ini diterbitkan untuk perjalanan dinas pegawai pemerintah atau kedutaan dan konsulat ke luar negeri. Pemegang paspor dinas mendapatkan beberapa kemudahan yang tidak diberikan kepada pemegang paspor biasa. Namun untuk mendapatkannya harus memenuhi beberapa persayaratan administrasi, misalnya surat izin atasan, letter of acceptance, dan lain-lain.

Paspor Diplomatik/ Paspor Hitam

Paspor diplomatik diterbitkan untuk mereka yang menjadi perwakilan diplomatik dari suatu negara. Oleh karena itu, pemegang paspor hitam mendapatkan beberapa kemudahan dan kekebalan di negara tempat mereka bertugas.

Cara Daftar Paspor Online

EP 17 2 - Tahukah Anda Paspor adalah Dokumen Penting TKI? Ini Penjelasanya

Saat ini membuat paspor tidaklah sulit dan terlalu menyita waktu, karena Anda bisa mendaftar dan mengambil nomor antrian secara online. Setelahnya Anda tinggal membawa persyaratan yang telah ditentukan ke kantor imigrasi dan mengurus paspor tanpa harus mengantri terlalu lama lagi. Ini sangat meringankan Anda yang tidak punya banyak waktu untuk bolak balik ke kantor imigrasi. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

Melalui Aplikasi

  1. Unduh aplikasi ‘Layanan Paspor Online’ melalui Play Store. Karena aplikasi ini belum tersedia untuk pengguna iPhone, maka pendaftaran dilakukan melalui website https://antrian.imigrasi.go.id/LayananBeta.
  2. Lakukan pendaftaran akun agar bisa melakukan login ke dalam aplikasi dengan mengisi data yang diperlukan secara lengkap. Data-data tersebut antara lain Nomor Induk Kependudukan, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, nomor HP, hingga Alamat Lengkap Sesuai KTP.
  3. Klik ‘Daftar’.
  4. Setelah berhasil mendaftar, Anda pun bisa login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan.
  5. Lalu pilih kantor imigrasi terdekat, mengisi jumlah pemohon, tanggal dan waktu kedatangan Anda ke kantor imigrasi. Ada dua pilihan pagi (08:00 s/d 12:00) dan siang (13:00 s/d 16:30) dan Anda akan melihat opsi pilihan kuota yang tersedia. Apabila kuota penuh, Anda harus mengganti hari dan pilih yang masih kosong yaitu yang bertanda hijau. Perlu diperhatikan bahwa setiap akun hanya dapat mendaftarkan maksimal lima pemohon dengan ketentuan empat pemohon lainnya masih berada dalam satu kartu keluarga (KK)
  6. Setelah semua proses selesai, Anda akan mendapatkan booking code serta informasi nomor antrian digital. Pastikan mengambil nomor antrian paspor dengan benar dan luangkan waktu. Hal ini sangat penting karena jika terdapat pembatalan maka Anda baru bisa mendaftar antrian baru 30 hari setelah permohonan antrian terakhir.

Melalui Website

Cara pendaftaran melalui webiste, hampir sama dengan yang Anda lakukan ketika mendaftar melalui aplikasi. Hal yang berbeda adalah pendaftaran tersebut dilakukan dengan mengunjungi website https://antrian.imigrasi.go.id/. Dan disarankan menggunakan browser Google Chrome.

Melalui WhatsApp

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Namun perlu diingat bahwa tidak semua kantor imigrasi menyediakan layanan ini.

  1. Kirim pesan ke nomor WhatsApp imigrasi (wilayah sesuai domisili). Misal Imigrasi Bogor, nomor WA adalah 08-1111-00333
  2. Ketik data diri dengan format #Nama#TglLahir#TglKedatangan. Misalnya, #Siska#25121994#18032020
  3. Setelah itu Anda tinggal menunggu balasan dari pihak imigrasi. Balasan tersebut berupa barcode yang berisi booking code serta nomor antrean dan jadwal ke kantor imigrasi sesuai dengan kode booking.
  4. Tunjukkan kode booking saat datang ke Kantor Imigrasi. Pemohon wajib datang 30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan. Bila Anda datang terlambat, maka kode booking akan hangus dan harus daftar ulang lagi.

Ep 17 3 - Tahukah Anda Paspor adalah Dokumen Penting TKI? Ini Penjelasanya

Itu pentingnya paspor untuk Anda yang ingin bekerja di luar negeri dan langkah-langkah mendaftar secara online. Lebih cepat dan mudah bukan? Selain kemudahan daftar paspor secara online, teknologi saat ini juga memudahkan Anda yang ingin bekerja ke luar negeri untuk mengirim uang untuk keluarga di Indonesia. Menggunakan aplikasi Qelola, kini Anda tidak perlu repot ke money changer terlebih dahulu atau mengunjungi kantor cabang bank terdekat ketika ingin mengirim uang. Cukup dengan sekali klik di aplikasi Qelola, seluruh proses akan berjalan dengan cepat, mudah dan murah. Download aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , ,