Daftar Kerja Sambilan yang Bisa Dilakukan Sambil Bekerja Full Time

kerja sambilan

Setiap orang ingin mendapatkan penghasilan yang cukup untuk dirinya maupun keluarga. Bahkan, ada harus kerja sambilan untuk menambah penghasilan meskipun sudah bekerja di tempat lain. Peluang untuk bekerja terbuka lebar tinggal upaya untuk mencari dan menyelesaikannya. Kerja sampingan dilakukan setelah pekerjaan utamanya selesai.

Kadang kala ada yang enggan mengambil pekerjaan lainnya karena kewalahan, khawatir waktu untuk tidur kurang, tidak punya waktu istirahat bahkan melakukan kegiatannya lainnya. Tentu saja waktu istirahat akan berkurang tetapi bisa dipilih pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan tetap bisa istirahat yang cukup.

Ada banyak usaha sampingan tanpa modal yang besar bahkan tanpa modal. Hal ini dapat dilakukan oleh mahasiswa, pekerja kantoran, ibu rumah tangga, dan lainnya. Kira-kira apa saja kerja sambilan yang menguntungkan dan bisa menambah penghasilan? Berikut daftar pekerjaan yang bisa diambil meskipun sudah kerja full time:

Penulis Lepas

Kamu memiliki kemampuan menulis artikel dan ingin mendapatkan cuan? Kerja sampingan menjadi penulis lepas adalah pekerjaan yang populer saat ini. Apalagi di zaman digital ini, ada berbagai kemudahan untuk mengerjakan pekerjaan yang satu ini. Sebenarnya ada banyak tawaran menulis karena ada banyak perusahaan yang membutuhkan konten kreatif.

Kamu dapat mengawalinya dengan membuat blog sendiri sebagai ajang promosi. Selanjutnya, kirimkan contoh karyamu ke beberapa media digital yang membuka penawaran penulis konten atau blog mereka. Kamu pun dapat bergabung pada agensi penulis konten untuk mempermudah mendapat tawaran menulis.

bekerja sampingan 700x420 - Daftar Kerja Sambilan yang Bisa Dilakukan Sambil Bekerja Full Time

Sumber: Pixabay/ Kevin Phillips

Dropshipper

Semenjak banyak toko online dan aneka market place, kamu pun bisa mengambil kesempatan ini. Kerja sampingan sebagai droshipper patut dicoba. Apalagi saat ini bukan lagi hal yang asing. Banyak orang yang menjalankannya karena mudah dilakukan dan risikonya minim. Tenang saja, kerja sambilan ini tidak akan mengganggumu saat kerja full time.

Cukup bermodalkan handphone, kuota internet, serta rekening. Ketika ada yang membeli produk yang kamu tawarkan, kamu bisa menghubungi supplier. Nantinya, supplier yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli. Dengan sistem dropship, kamu tidak perlu menyetok barang seperti reseller. Ibu rumah tangga maupun anak muda yang masih kuliah pun tertarik mencoba bisnis tersebut. Ada banyak keuntungan jika tekun melakukan promosi.

Jasa Titip (jastip)

Jika kamu berada di suatu daerah bahkan luar negeri, kamu dapat mengambil kesempatan ini. Cobalah membukan penawaran jasa titip (jastip). Kerja sampingan ini bisa dilakukan cukup dengan duduk santai. Kamu dapat membuka sistem open order dan menawarkan barang-barang yang sekiranya banyak dicari orang. Kadang kala, ada orang Indonesia tapi suka belanja bahan makanan instan, bumbu, hingga barang-barang lainnya di Malaysia.

Mereka akan memanfaatkan jastip. Namun, jangan setengah-setengah dalam menjalankan usaha ini. Pasalnya, pembeli juga ingin mendapatkan kualitas yang bagus dan bebas dari penipuan. Soal keuntungannya, biasanya ada fee jastip yang dihitung dari setiap item yang dibeli. Kamu dapat menetapkan harga Rp10 ribu per item. Jika usaha ini ditekuni tentunya dapat menambah penghasilan yang menguntungkan.

Fotografer

Apakah kamu memiliki hobi fotografi serta punya kamera? Pastinya kamu bisa melakukan kerja sambilan sebagai fotografer. Sayang kalau punya hobi yang bisa menghasilkan cuan tapi tidak dikembangkan. Kamu dapat menawarkan jasamu pada klien yang memerlukan bantuanmu. Misalnya untuk foto wisuda, foto keluarga, produk, acara seminar, pertunangan hingga acara pernikahan. Jangan lupa untuk memajang hasil jepretanmu di media sosial. Instagram menjadi media yang ampuh untuk menunjukkan karya termasuk menawarkan produk hingga jasa.

kerja sampingan 700x525 - Daftar Kerja Sambilan yang Bisa Dilakukan Sambil Bekerja Full Time

Sumber: Pixabay/ Jess Bailey

Desain Grafis

Kalau kamu memiliki skill dan passion di bidang ini maka jangan sampai disia-siakan. Kebutuhan desainer grafis saat ini terus meningkat terlebih di era digital. Ada klien yang memerlukan logo baru, termasuk ucapan selamat hiingga ucapan terima kasih yang dibuat dengan desain menarik. Undangan pernikahan, desain poster dan lainnya juga tak pernah sepi. Cobalah untuk menerima pesanan dari hal-hal yang kecil dahulu. Kamu juga perlu terus meningkatkan skill apabila ingin menghasilkan produk yang bagus dan dicari oleh klien.

Membuat dan Menjual Hasil Karyamu

Misalnya kamu bisa merajut maupun menjahit dengan tanganmu sendiri maka jangan ragu untuk menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan. Misalnya membuat tas, taplak meja, topi rajut. Apabila bisa menjahit kamu dapat mengolah kain perca menjadi suatu kerajinan yang bagus dan menguntungkan. Coba buat baju, dompet, tas, taplak, sapu tangan, celemek, dan lainnya. Kalau hasil kerajinanmu unik pastinya akan membuat banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Selain memasarkan di media sosial, kamu juga membuat toko online sendiri.

Itulah beberapa rekomendasi kerja sambilan yang bisa kamu coba lakukan meskipun sudah bekerja di tempat lain. Meskipun pekerjaan sambilan tetapi juga harus dijalani dengan serius. Selain itu, juga harus pintar-pintar membagi waktu untuk istirahat, beraktivitas lainnya, dan tentu saja tidak membuat pekerjaan utama jadi terbengkalai.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola untuk melakukan berbagai pembayaran termasuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Bagaimana cara mendapatkannya? Kamu dapat mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store atau klik di sini. Lakukan registrasi untuk bisa menikmati berbagai fitur yang disediakan Qelola. Selain itu, kunjungi website Qelola untuk mendapatkan informasi tentang TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , ,