Jangan Ragu! Ini Manfaat dan Tips Jitu Agar Disiplin Menabung Secara Harian

tips menabung

Kamu perlu menabung bukan saat sudah tua nanti tapi perlu dilakukan sejak sekarang. Bagaimana tips menabung harian agar semangat dan uang terkumpul sesuai keinginan? Gaji kecil, gaji masih pas-pasan untuk hidup sehari, apalagi kalau masih sekolah atau kuliah tetap bisa menabung. Salag satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan cara sederhana, seakan-akan tidak seperti menabung.

Ketika dibongkar setelah satu tahun tahu-tahu bisa terkumpul banyak. Tak sedikit orang yang mengeluh tidak bisa menabung karena uang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Ada yang berpikir sulit untuk menabung di bank atau pun hanya buat tabungan di rumah. Berjalannya waktu, tabungan itu penting dimiliki. Kamu perlu memiliki tabungan untuk masa depan sebagai cadangan dana darurat. Namun, kamu juga perlu memisahkan tabungan dan dana darurat.

Kamu perlu mengetahui tips menabung harian untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kuncinya harus niat, ada sesuatu yang diimpikan, dan punya komitmen untuk melakukannya. Bagaimana tips menabung harian agar bisa mengumpulkan banyak uang?

manfaat menabung 700x466 - Jangan Ragu! Ini Manfaat dan Tips Jitu Agar Disiplin Menabung Secara Harian

Sumber: PIxabay/Free-Photos

Buat Target

Langkah pertama untuk bisa menabung adalah membuat target. Kamu perlu menargetkan berapa tabungan yang ingin dimiliki dan berapa lama. Misalnya mau menabung 10 juta dalam waktu 1 tahun. Hal ini akan memudahkanmu mencapai impian. Kamu perlu membuat tulisan target uang yang diinginkan pada sebuah kertas lalu tempelkan di tempat yang kerap kamu lihat. Letakkan juga wadah untuk mengumpulkan uang tersebut. Kamu bisa membuat tabel berapa yang harus dimasukkan per harinya.

Tentukan Impian

Apabila menabung dengan benar tentunya kamu bisa mencapai tujuan finansial dengan mudah dan menyenangkan. Tidak hanya membuat target berapa uang ingin dikumpulkan dalam waktu satu tahun atau lebih. Kamu bisa menentukan impian atau tujuan menabung. Coba tulis whishlist yang kamu inginkan dalam kurun waktu 1 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Misalnya, ada yang ingin beli sepeda motor, membeli rumah, liburan.

Aktivitas menabung untuk biaya pernikahan, tabungan untuk pendidikan anak dan lainnya. Ada tabungan jangka pendek atau jangka panjang, hal ini tentunya tergantung dari tujuan atau impian. Kamu pun dapat membuat rincian berapa uang yang harus dikumpulkan setiap bulannya. Agar tidak terlalu berat masukkan uang di celengan atau wadah setiap harinya.

Membuat Prioritas

Apabila ada beberapa barang atau impian yang diinginkan perlu membuat skala prioritas. Jujur pada diri sendiri mana barang yang paling dibutuhkan dan mendesak untuk dibeli.  Bisa juga membuat anggaran kasar berapa nominal yang perlu ditabung. Apakah kamu ingin mengumpulkan uang untuk beberapa barang secara bersamaan atau mau satu per satu.

Tentukan waktu menabung yang kita inginkan untuk mencapai tabungan itu. Supaya mudah, diperlukan juga perhitungan total target tabungan dan berapa bulan. Kamu juga bisa menabung dengan cara unik. Misalnya, buat tabel uang mulai dari Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000. Setiap kali memasukkan uang, misalnya Rp10.000 kamu bisa langsung masukkan ke celangan dan coret tabel uang Rp10.000 pada kertas.

Tabel uang itu disesuaikan dengan jumlah target setiap bulannya dan setiap hari wajib memasukkannya ke dalam celengan atau wadah khusus. Buka tiap akhir bulan kemudian setorkan ke bank sehingga kamu bisa mendapatkan bunga. Namun, kamu juga bisa langsung mengalihkan uang dari pendapatan langsung untuk tabungan.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Kamu wajib mencatat pemasukan dan pengeluaran rutinmu setiap bulan. Catatlah pemasukan dari gaji, fee, komisi penjualan, dan lainnya. Tips menabung harian berikut ini adalah semua pemasukan yang didapatkan meskipun tidak ada gaji hanya dari uang saku pun tetap perlu dicatat. Selain itu, kamu juga wajib mencatat pengeluaran setiap harinya sedetail mungkin.

Langkah ini akan memudahkan saat mencari kembali rekam jejak pengeluaran dari bukti transfer, nota belanja, dan lainya. Kamu bisa memanfaatkan handphone untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran.

catat pemasukan pengeluaran 700x466 - Jangan Ragu! Ini Manfaat dan Tips Jitu Agar Disiplin Menabung Secara Harian

Sumber: Pixabay

 

Terapkan Sisihkan Bukan Sisa

Kamu perlu menerapkan pemikiran untuk menyisihkan uang. Uang khusus untuk tabungan itu harus disisihkan bukan sisa akhir bulan yang ditabung. Itulah pentingnya menerapkan target atau prioritas tabungan. Kamu juga langsung mengalihkan uang untuk tabungan. Misalnya, gaji Rp3 juta lalu mengalihkan Rp500 ribu untuk tabungan. Jangan masukkan uang ke dalam tabungan dari sisa uang dimiliki dalam sebulan. Usahakan nominal yang ditabung semakin naik, hidandari jangan sampai turun.

Batasi Belanja

Kamu menyadari banyak uang dikeluarkan untuk barang atau untuk keinginan sesaat. Begitu konsumtif dan tidak punya tabungan. Penting membuat anggaran belanja atau perencaan belanja supaya membatasi aktivitas belanja. Kamu pun menyisihkan uang khusus untuk tabungan yang tidak boleh diambil dalam jangka waktu tertentu. Kemudian ada uang khusus untuk belanja. Meskipun sekarang kamu bisa merasakan kemudahan belanja online, ingat selalu batasi diri. Manfaatkan saja promo atau diskon sehingga kamu bisa menghemat. Kamu tetap harus mengendalikan diri dan membatasi belanjaan supaya tidak terus menerus belanja meskipun barangnya murah, banyak promo.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baik. Kamu bisa mengubah gaya hidup jadi lebih hemat, displin, serta konsisten menabung sehingga tabungan akan terisi bahkan tanpa rasa terpaksa. Bagi kamu yang suka melakukan aneka aktivitas simpel, cepat, dan tidak menyita banyak waktu, gunakan aplikasi Qelola untuk memudahkan aktivitasmu. Kamu bisa merasakan aneka kemudahan setelah mengunduh aplikasi Qelola di sini. Aplikasi ini dapat digunakan untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Dapat digunakan juga untuk membayar tagihan air PDAM, bayar listrik, beli pulsa, dan lainnya. Kamu pun bisa mendapatkan berbagai informasi menarik saat mengunjungi website resmi Qelola. Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Qelola dan cari banyak informasi di website resminya.

Tags: , , , , , ,