Perhatikan! Cara Menggunakan ATM untuk Bank di Malaysia untuk Pemula

cara memakai ATM

Penting bagi warga untuk mengetahui cara menggunakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Ada berbagai bank yang tersebar di Malaysia. Bank membantu masyarakat untuk menyimpan uang dan digunakan untuk berbagai aktivitas. Setelah menyimpan uang di bank, setiap nasabah akan diberi kemudahan dapat menarik uang lewat ATM. Selain itu, juga dapat melakukan transfer uang melalui ATM.

Kemudahan Transaksi ATM Bersama

Transaksi melalui ATM dapat dilakukan oleh warga yang memiliki kartu ATM. Saat ini telah dibuka ATM bersama Malaysia dan Indonesia. Dengan begitu, transaksi di ATM dapat digunakan oleh warga Malaysia maupun Indonesia. Fasilitas ATM bersama tersebut dilakukan untuk memudahkan transaksi warga. Apalagi Malaysia menjadi salah satu negara tujuan wisata, pendidikan. Tak sedikit Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang memilih bekerja di Malaysia.

Nasabah bisa merasakan aneka kemudahan transaksi pada bank yang menyelenggarakan ATM bersama. Nasabah bisa melakukan transaksi di Malaysia maupun Indonesia. Melalui fasilitas interkoneksi regional tersebut nasabah dari Indonesia maupun Malaysia bisa menarik uang tunai di pada ribuan mesin ATM di Malaysia. Sebaliknya, warga Malaysia juga bisa menarik uang tunai di mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Nasabah tinggal mendatangi ATM bank yang terikat kerja sama. Jika di Indonesia, transaksi terbuka bagi ATM Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Danamon, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, sebagian Bank Pembangunan Daerah, dan sejumlah bank syariah. Sedangkan, di Malaysia dapat dilakukan melalui ATM Aliance Bank Malaysia, Maybank, CIMB, Affin Bank, dan Ambank. Masih ada bank lainnya, seperti Bank Islam Malaysia Berhad dan lainnya.

penggunaan atm 700x469 - Perhatikan! Cara Menggunakan ATM untuk Bank di Malaysia untuk Pemula

Sumber: Pixabay/Don Metznik

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Menggunakan ATM di Malaysia

Perhatikan Tipe Kartu

Apakah bisa tarik tunai maupun transfer uang lewat ATM di luar negeri? Tentu saja bisa dilakukan dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku. TKI perlu tahu sebenarnya bank-bank di Indonesia ini sudah memiliki atau tergabung dalam jaringan provider kartu kredit yang bisa digunakan di seluruh negara. Provider tersebut seperti VISA .INC dan MasterCard WordlWide.

VISA.INC memiliki produk bernama VISA dan MasterCard Wordwide mengeluarkan produk MasterCard. Keduanya merupakan provider kartu kredit terbesar di dunia. Coba cermati kartu debit atau kredit yang kamu miliki sekarang. Jika ada logo VISA atau Mastercard itu tandanya kartu dapat digunakan untuk transaksi di mana saja selama ada ATM atau merchant berlogo VISA atau MasterCard.

Ketahui Rate Tiap Bank

Saat berada di luar negeri tentu saja uang yang keluar dari mesin bukanlah Rupiah tetapi mata uang setempat. Jika sedang berada di Malaysia berarti Ringgit Malaysia. Cobalah untuk mengecek nilai tukar mata uang setempat ke Rupiah. Ketika berada di Malaysia, rate mata uangnya tidak terlalu jauh dari Rupiah. Tak ada salahnya untuk menghitung konversi atau kurs saat ini.

Memilih Bahasa

Saat menggunakan ATM di luar negeri tentunya akan tersedia pilihan bahasa. Pilih bahasa yang kamu pahami. Setidaknya pahami transaksi dengan bahasa Inggris. Jangan sampai kamu salah melakukan transaksi karena keterbatasan bahasa. Saat kamu mengambil uang melalui ATM di luar negeri caranya juga hampir sama seperti ambil di Indonesia.

Cara menggunakan ATM, setelah memasukkan kartu akan diminta memasukan password. Selanjutnya kamu tinggal memilih transaksi yang dikehendaki. Misalnya akan tarik tunai, transfer uang, cek saldo, atau pembayaran lainnya. Lagi pula, kamu pasti sudah familiar dengan tombol-tombol yang ada di mesin ATM.

Mencari ATM dengan Logo Khusus

Perhatikan sebelum masuk ke ATM. Kamu perlu melihat apakah ada logo ATM Prima, ATM Bersama, ATM Cirrus, VISA, PLUS. Kamu pun bisa melakukan transaksi tarik tunai maupun transfer uang apalagi menggunakan mesin dengan logo yang sudah disebutkan di atas. Sebagai contoh, misalnya memiliki ATM Bank Mandiri dan sekarang sedang berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Kamu bisa mencari ATM berlogo Prima atau Bersama. Salah satu yang bisa digunakan adalah ATM Maybank, kamu sudah bisa bertransaksi lewat ATM Maybank.

transaksi online 700x459 - Perhatikan! Cara Menggunakan ATM untuk Bank di Malaysia untuk Pemula

Sumber: Pixabay/Mudassar Iqbal

Biaya untuk Tarik Tunai

Biaya administrasi di luar negeri berkisar Rp30.000-Rp50.000 untuk sekali penarikan. Uang yang dibayarkan ini tentunya jauh lebih mahal daripada di Indonesia. Apabila kerap melakukan transaksi tunai setiap hari maka saldo yang kamu miliki bisa habis untuk administrasi tarik tunai. Lakukan tarik tunai dalam jumlah yang besar sekaligus untuk mencukupi kebutuhan. Namun, kamu juga bisa melakukan transaksi lewat mobile banking atau aplikasi lainnya agar lebih murah dan tidak banyak biaya administrasi yang terpotong. Bagi traveller dianjurkan menggunakan aplikasi untuk pembayaran secara online sehingga bisa menghemat waktu, tenaga mau uang karena tidak perlu bolak balik ke ATM. Batasi penggunaan ATM terlebih karena beda bank.

Batas Penarikan Uang

Ketika berada di luar negeri memang harus memiliki saldo yang cukup banyak. Setidaknya memiliki saldo lebih dari Rp10 juta. Setiap bank memiliki batas maksimum penarikan uang apalagi beda negara. Kamu bisa mengecek saldo melalui mobile banking karena pada batas tertentu transaksi akan dikenakan biaya administrasi tambahan. Pelajari berapa biaya transaksi setiap bank ketika ada di luar negeri. Berapa maksimal transaksi per harinya, termasuk tarik tunai atau transfer uang.

Itulah beberapa hal cara menggunakan ATM yang perlu diperhatikan ketika berada di luar negeri. Nah, cara mempermudah transaksi di Malaysia adalah menggunakan aplikasi Qelola. Kamu cukup memanfaatkan handphone untuk melakukan transaksi pembayaran seperti bayar listrik, air, BPJS. Selain itu juga bisa transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dengan aman dan murah. Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga untuk merasakan aneka manfaatnya.

Tags: , , , , ,