Berkualitas! Ini Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Oleh Pengangguran

pengangguran

Kata pengangguran kadang kala dianggap sesuatu hal yang negatif. Pandangan setiap orang memang berbeda-beda terlebih di situasi pandemi Covid-19 juga berdampak pada pekerjaan banyak orang. Tak sedikit orang kehilangan pekerjaan, kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), hingga dirumahkan dengan status yang tidak jelas. Bagaimana juga dengan para lulusan baru? Pencari kerja pun semakin banyak. Meskipun kini tengah menjadi pengangguran, bukan berarti hal tersebut jelek.

Setiap orang pasti sudah berusaha berupaya untuk mencari pekerjaan yang diinginkannya. Ya, masa menganggur memang membosankan bahkan ada pula yang sampai putus asa. Seseorang yang tengah menganggur pun sampai bingung mengisi waktu kosongnya sampai mendapat pekerjaan. Sebenarnya pengangguran tak berarti sesuatu yang jelek. Pasalnya, ada banyak hal atau kegiatan positif yang bisa dilakukan. Ada aneka kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi, menjaga kesehatan, mencari peluang, dan lainnya.

Meskipun berstatus pengangguran kamu bisa menunjukkan ada sisi positifnya. Tunjukkan kepada orang-orang di sekitar bahwa mengganggur bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Justru ada hal lain yang bisa dilakukan sebagai bekal hingga mencari peluang. Berikut berbagai kegiatan positif yang dapat dilakukan agar berkualitas dan tetap produktif.

Mengembangkan Minat dan Bakat

Jangan biarkan pikiran dan tubuhmu tidak melakukan sesuatu yang berguna untuk dirimu sendiri. Kamu punya hobi maupun bakat tertentu. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk terus mengolah minat dan bakatmu. Terus melatih dan mengasah potensi yang dimiliki. Minat atau bakat memang tidak melulu berkaitan dengan pekerjaan tetapi anggaplah kamu sedang diberi waktu untuk mengasah kemampuan yang dimiliki.

Hobi maupun minat itu jangan hanya dipendam untuk diri sendiri. Apalagi di era teknologi seperti ini ada banyak peluang yang menguntungkan bahkan dimulai dari hobi atau minat. Teruslah gali apa yang kamu sukai kemudian pikirkan apakah hobimu bisa menguntungkan. Misalnya, merangkai bunga, menulis, memasak, menjahit, menggambar dan lainnya.

kegiatan pengangguran 700x463 - Berkualitas! Ini Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Oleh Pengangguran

Sumber: Pixabay/Gerd Altmann

Mencoba Hal Baru

Kamu tidak asing dengan slogan ‘waktu adalah uang’. Meskipun belum bekerja tapi bisa jadi motivasi. Maksud dari kata-kata itu adalah jangan sampai membuang uang tanpa alasan yang jelas. Meskipun saat ini menganggur tetapi waktu itu juga berharga. Maka jangan lalui dengan sia-sia dan tanpa melakukan hal yang berguna. Kamu bisa mempelajari hal-hal yang selama ini belum dikuasai, misalnya belajar bahasa asing, memasak, menyetir kendaraan, menulis. Belum mahir mengoperasikan komputer atau laptop bisa mengikuti kursus. Kamu dapat mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan upaya mencapai cita-citamu.

Ikut Kegiatan

Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan atau event yang bermanfaat. Saat ini ada banyak kegiatan menarik yang mudah dijumpai di media sosial. Sembari menunggu ada lowongan pekerjaan atau panggilan kerja, nikmatilah waktu menganggur dengan ikut kegiatan positif. Misalnya ada seminar, kompetisi, pameran, bursa kerja, dan acara lainnya yang dilakukan secara offline maupun online. Apakah harus mengikuti seminar yang berkaitan dengan pekerjaan? Tentu saja tidak.

Ada banyak acara yang menawarkan program acara tentang tips merencanakan masa depan, melewati Life Quarter Crisis, sharing tentang kesehatan mental, olahraga, dan lainnya. Ada banyak kesempatan ikut kegiatan berfaedah sehingga terus belajar, menyenangkan hati, dan meningkatkan rasa percaya diri. Apalagi ada banyak kegiatan yang juga memberikan sertifikat bagi para peserta yang berpartisipasi. Siapa tahu sertifikat itu bisa jadi lampiran pendukung saat melamar kerja.

belajar hal baru 700x466 - Berkualitas! Ini Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Oleh Pengangguran

Sumber: Pixabay/ StartupStockPhotos

Bergabung dengan Komunitas

Kamu bisa melakukan aktivitas bersama dengan komunitas untuk mengisi waktu menganggurmu. Meskipun sedang berjuang mencari pekerjaan, jangan lupa untuk mengaktualisasikan diri. Bergabung dengan komunitas atau organisasi bisa menjadi batu loncatan atau peluang. Sambil melamar pekerjaan, tambahlah pengalaman dengan mengikuti komunitas atau organisasi tertentu.

Kamu bisa latihan berkomunikasi, memecahkan masalah, mencari solusi, merencanakan sebuah program dan lainnya. Pengalaman melakukan aneka kegiatan di komunitas bisa jadi salah satu keunggulan tersendiri. Selain itu, kamu bisa berjumpa dengan orang-orang yang memiliki aneka informasi pekerjaan. Jalin komunikasi dengan teman-teman sehingga bisa membuka peluang baru.

Buat Jadwal Kegiatan Hingga Rencana Masa Depan

Kamu perlu membuat jadwal kegiatan maupun perencanaan masa depan. Jangan pernah menyepelakan hal kecil ini. Saat kamu membuat jadwal kegiatan maka kamu bisa memulai hari dengan bangun pagi, berdoa, bersih-bersih, olahraga serta kegiatan lainnya. Aktivitas bangun pagi hingga merapikan rumah terdengar membosankan tapi akan terus melatih sikap disiplin. Nikmati juga waktu bersama dengan keluarga dan teman. Ketika sudah bekerja nanti pastinya akan banyak kehilangan waktu bersama dengan keluarga. Selain itu, juga penting membuat rencana masa depan termasuk target-target yang ingin dicapai.

Nah, soal urusan pembayaran tagihan dapat dilakukan langsung dari handphonemu. Kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola yang diunduh dari Play Store. Segera unduh aplikasi tersebut dan lakukan registrasi. Kamu pun dapat menikmati berbagai fitur aplikasi Qelola untuk aneka pembayaran seperti tagihan listrik, BPJS Kesehatan, air hingga beli pulsa. Manfaatkan aplikasi Qelola untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dengan mudah dan murah. Selamat mencoba.

Tags: , , , , , , ,