Cek di Sini, Daftar Universitas dengan Biaya Murah di Malaysia

universitas murah

Kuliah di luar negeri merupakan salah satu impian bagi pemuda pemudi yang ingin terus menambah ilmunya. Apakah ada universitas dengan biaya murah di Malaysia? Sebagaimana diketahui, Malaysia merupakan salah negara tujuan untuk menimba ilmu, yakni kuliah. Bukan hanya menjadi tujuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) saja melainkan pelajar atau mahasiswa yang melanjutkan studi ke jenjang berikutnya.

Bicara soal biaya kuliah, kadang kala menjadi pertimbangan saat berkeinginan pergi ke luar negeri. Pasalnya, ada yang beranggapan kuliah di luar negeri itu sulit. Meskipun ada yang murah tapi biaya hidupnya mahal dan sebagainya. Lagi pula ada pula universitas yang menyediakan beasiswa atau bantuan lainnya. Pemerintah negara setempat juga terbuka memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

Pastikan kamu juga memiliki sumber dana yang cukup untuk pendaftaran, syarat pengurusan visa, paspor, biaya kuliah, hingga biaya hidup. Kalau kamu ingin mendapatkan keringanan biaya kuliah maka salah satu caranya mendaftar beasiswa. Tak sedikit universitas yang akan menyediakan beasiswa, potongan biaya, bahkan termasuk biaya hidup. Penting sekali untuk mencari informasi universitas yang dituju, jurusan yang diambil, serta proses pendaftarannya.

universitas biaya murah 700x525 - Cek di Sini, Daftar Universitas dengan Biaya Murah di Malaysia

Sumber: Pixabay/ Nikolay Georgiev

Berikut Informasi Universitas dengan Biaya Murah di Malaysia

Daftar Universitas:

  1. Universiti Malaysia Kelantan
  2. Universiti Malaysia Sarawak
  3. Universiti Malaysia Sabah
  4. Universiti Sains Islam Malaysia
  5. Universiti Pertahanan Nasional Malaysia
  6. Universiti Islam Internasional Malaysia
  7. Universiti Malaysia Pahang
  8. Universiti Teknikal Malaysia Melaka
  9. Universiti Sains Malaysia
  10. Universiti Pendidikan Sultan Idris
  11. Universiti Malaysia Perlis

Contoh Gambaran Biaya Kuliah

  • Universiti Sains Islam Malaysia

Didirikan pada tahun 1998 lalu berlokasi di Negeri Sembilan, Malaysia. Ada 9 fakultas yang ditarkan Unversiti Sains Islam Malaysia ini. Ada Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kepemimpinan dan Manajemen, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Alquran dan Sunnah (FPQS), Fakultas Ekonomi dan Muamalat Fakultas Ilmu Bahasa (FPBU) Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FPSK), dan Fakultas Teknik dan Desain Lingkungan (FKAB). Sebagai contoh biaya pendidikan tahunan di universitas ini sebesar RM5.866

  • Universiti Teknikal Malaysia Melaka

Universitas ini didirikan pada 1 Desember 2000 dan terkenal dengan fasilitas mutakhirnya. Inilah universitas teknik pertama di Malaysia. Ada 10 fakultas yang disediakan Universiti Teknikal Malaysia Melaka ini. Biaya pendidikan tahunan sekitar RM4.000

  • Universiti Malaysia Pahang

Universitas ini memiliki keunggulan di bidang teknik. Didirikan pada 16 Februari 2002 lalu, universitas ini mengkhususkan pada bidang teknik dan teknologi. Biaya pendidikan tahunan Universiti Malaysia Pahang sebesar RM3.665. Selain termasuk dalam daftar universitas dengan biaya murah juga menyediakan perlatan yang diperlukan untuk proses belajar mengajar mahasiswa teknik.

Ada 10 fakultas yang tersedia seperti Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Teknik, Fakultas Komputasi, Fakultas Sains dan Teknologi Industri, Fakultas Elektro dan Teknik Elektronika, Fakultas Teknologi Manufaktur dan Teknik Mekatronika, Fakultas Teknologi Teknik Sipil, Fakultas Teknologi Rekayasa Kimia dan Proses, Fakultas Manajemen Industri dan Pusat Bahasa Modern dan Ilmu Pengetahuan Manusia.

kuliah biaya murah 700x466 - Cek di Sini, Daftar Universitas dengan Biaya Murah di Malaysia

Sumber: Pixabay/ Luisella Planeta Leoni

  • Universiti Pendidikan Sultan Idris

Universitas ini menawarkan jurusan program pendidikan. Sehingga sebagian besar mahasiswa akan mendapatkan pembekalan menjadi guru. Institusi ini mulai beroperasi sejak tahun 1992 dan merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi tertua di Malaysia. Adapun kisaran biaya pendidikan tahunan sekitar RM3.644 – 6.420.

  • Universiti Malaysia Kelantan

Inilah salah satu universitas negeri yang berlokasi di Kelantan. Universitas ini didirikan pada Juni 2006 lalu. Ada tiga fasilitas program studi yang ditawarkan, yakni Kewirausahaan dan Bisnis, Teknologi dan Warisan Kreatif, serta Agroindustri dan Ilmu Sumber Daya Alam. Institusi perguruan tinggi ini menekankan tentang penguasaan bahasan dan soft skill.  Adapun gambaran biaya pendidikan tahunan sekitar RM3.255 – 3.767.

Itulah gambaran biaya kuliah murah di Malaysia. Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebelum berangkat, selain TOEFL/IELTS ada syarat lainnya, yakni pengajuan visa pelajar.

Persyaratan yang Diperlukan untuk Mengajukan Visa Pelajar Malaysia

  • Formulir aplikasi visa pelajar (harus dilengkapi dan ditandatangani oleh pemohon (siswa itu sendiri).
  • Surat penerimaan dari institusi pendidikan yang disetujui oleh divisi pas dan izin di Markas Besar Imigrasi Malaysia.
  • Dua foto terbaru ukuran paspor dari pemohon.
  • Dua fotokopi Paspor
  • Transkrip catatan akademis
  • Bukti studi penuh waktu yang disetujui oleh Menteri Dalam Negeri
  • Surat keterangan kesehatan
  • Bukti kemampuan finansial untuk memenuhi biaya kursus dan biaya lainnya
  • Bukti keamanan dan ikatan pribadi
  • Surat persetujuan siswa harus ditunjukkan pada saat kedatangan

Oleh karenanya penting mengetahui berbagai informasi syarat pendaftaran dan dokumen-dokumen yang diperlukan agar bisa menikmati kuliah di luar negeri. Sementara itu, soal transaksi pembayaran di Malaysia, kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola. Aplikasi ini akan mempermudah transaksi keuangan selama berada di Malaysia. Kamu juga mengirim atau transfer yang dari Malaysia ke Indonesia dengan muda. Qelola juga mempermudah untuk membayar tagihan di Indonesia meskipun sedang berada di Malaysia seperti BPJS, beli pulsa, listrik dan lainnya. Segera unduh aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , , , ,