Pertama Kali Naik Pesawat? Simak 6 Panduan Penting Berikut

naik pesawat

Bagi sebagian kalangan, aktivitas naik pesawat sudah menjadi rutinitas tersendiri. Namun, ada juga yang baru pertama kali bisa merasakan naik kapal terbang untuk urusan pekerjaan, pendidikan, atau liburan. Tidak seperti transportasi umum lainnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pergi dengan menumpang pesawat. Mulai dari check-in, menunggu keberangkatan, aturan di dalam pesawat, dan apa yang harus dilakukan sesampainya ke bandara tujuan. Nah, jika ini adalah pengalaman pertama kamu, simak panduan naik pesawat untuk pemula berikut ini.

  • Pembelian Tiket Pesawat

amir hanna dbuDVc96wsc unsplash e1633075490329 - Pertama Kali Naik Pesawat? Simak 6 Panduan Penting Berikut

Sumber: unsplash

Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan saat berencana pergi dengan moda pesawat terbang. Pertama-tama kamu harus memesan tiket terlebih dulu. Di era modern yang canggih seperti sekarang, kamu bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja melalui gawai pribadi. Ada banyak aplikasi atau situs yang mengakomodir pembelian tiket secara online. Jadi pesan tiket pesawat sekarang menjadi lebih mudah dan praktis.

Setelah melakukan pembelian tiket pesawat secara online, kamu akan mendapatkan tiket elektronik atau yang disebut juga dengan istilah e-ticket. Tiket elektronik tersebut menjadi bukti resmi atas reservasi atau booking pesawat yang sudah dilakukan. E-ticket ini nantinya harus kamu sertakan saat check-in di bandara.

  • Koper dan Barang Bawaan

convertkit 5SWgIJSsVJo unsplash - Pertama Kali Naik Pesawat? Simak 6 Panduan Penting Berikut

Sumber: unsplash

Bagi kamu yang akan bekerja di luar negeri dalam waktu yang lama, pastinya harus tahu aturan bagasi dan bea cukai yang diterapkan negara tujuan. Ada dua hal yang harus kamu perhatikan yaitu berat koper dan barang-barang yang akan dibawa. Jika tidak ingin membayar biaya bagasi pesawat, pastikan berat koper masih ada pada batas gratis.

Tiap-tiap maskapai penerbangan punya aturan yang berbeda-beda dalam menentukan batas berat koper. Oleh sebab itu, kamu juga harus mencari informasi tersebut sebelum mengemas barang bawaan. Selain itu, kamu juga tidak bisa sembarangan membawa barang-barang yang diinginkan karena ada larangan terhadap benda-benda tertentu.

Jika hal tersebut diabaikan, maka benda-benda yang kamu bawa justru akan disita. Umumnya, benda-benda yang dilarang untuk dibawa naik pesawat meliputi senjata tajam, bahan peledak, senjata api, bahan atau zat tertentu, cairan yang mudah terbakar, dan lain-lain.

  • Datang Lebih Awal

david preston zhnvtl5xQgk unsplash e1633075170440 - Pertama Kali Naik Pesawat? Simak 6 Panduan Penting Berikut

Sumber: unsplash

Saat tiba waktunya hari keberangkatan, kamu dianjurkan untuk datang 2 jam lebih awal dari jadwal keberangkatan. Selain itu, kamu harus mencari tahu letak terminal keberangkatan dari maskapai yang dipilih. Setelah mengetahui terminal maskapai yang akan ditumpangi, siapkanlah berbagai dokumen penting yang dibutuhkan seperti e-ticket, KTP, dan lain-lain untuk keperluan check-in.

  • Proses Check-In

cardmapr LVA3S6isNYQ unsplash - Pertama Kali Naik Pesawat? Simak 6 Panduan Penting Berikut

Sumber: unsplash

Saat melakukan check-in di bandara, kamu akan mendapatkan boarding pass. Dokumen boarding pass berisi informasi yang menjelaskan nama penumpang, waktu penerbangan, gerbang, tujuan, nomor penerbangan, nomor kursi, dan lain-lain. Dengan kata lain, boarding pass merupakan tiket masuk ke dalam pesawat. Di dalamnya biasanya juga tertera angka, huruf, dan kode-kode spesifik yang memiliki arti tertentu. Selanjutnya, kamu bisa menuju gerbang atau gate yang tertulis di boarding pass untuk menunggu waktu penerbangan tiba.

Baca juga: Urus Perizinan Lebih Mudah dengan Imigrasi Online, Ini Layanannya

  • Di Dalam Pesawat

praveen thirumurugan TcL8 JHtAzs unsplash - Pertama Kali Naik Pesawat? Simak 6 Panduan Penting Berikut

Sumber: unsplash

Jika sudah mendekati waktu penerbangan, kamu akan mendapat panggilan boarding untuk segera naik ke pesawat. Perhatikan nomor penerbangan yang tertulis di dokumen boarding pass agar kamu tidak salah naik pesawat. Saat sudah masuk ke dalam pesawat, cek nomor kursi sesuai yang ada di tiket dan letakkan barang bawaan di bagasi atas kursi penumpang. Selanjutnya, kamu bisa duduk dan memakai sabuk pengaman sambil menunggu penerbangan dimulai.

Ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi selama berada di dalam pesawat. Misalnya adalah menonaktifkan ponsel, tidak merokok di dalam toilet, dan memperhatikan arahan dari awak kabin. Biasanya, kru maskapai akan menjelaskan tentang cara memakai dan melepas sabuk pengaman, menunjukkan pintu darurat, cara memakai pelampung, dan lain-lain.

  • Sesampainya di Bandara Tujuan

gabrielle henderson lT uN 5atEw unsplash - Pertama Kali Naik Pesawat? Simak 6 Panduan Penting Berikut

Sumber: unsplash

Setelah sampai di bandara tujuan, jangan terburu-buru untuk berdiri sebelum pesawat benar-benar berhenti. Tunggulah sampai ada sinyal untuk melepas sabuk pengaman. Setelah itu, kamu bisa mengambil barang bawaan yang ada di bagasi atas dan keluar dari pesawat. Jika kamu membawa koper lain, maka segera menuju tempat pengambilan koper yang ada di gedung bandara tujuan.

Pastikan untuk menunggu di tempat yang benar dengan mengecek informasi maskapai dan nomor penerbangan. Jika koper sudah diambil, maka kamu bisa pergi meninggalkan bandara dan menuju tempat tujuan.

Baca juga: Aturan Bea Cukai Malaysia Ini Wajib Dipatuhi Para Calon TKI

Ada beberapa hal yang harus disiapkan dan diperhatikan sebelum berangkat dengan pesawat terbang. Panduan naik pesawat di atas akan membantu kamu terutama yang baru pertama kali naik pesawat. Jika kamu pergi ke negara Malaysia, jangan lewatkan untuk mengunduh aplikasi Qelola setibanya disana.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: