Urus Perizinan Lebih Mudah dengan Imigrasi Online, Ini Layanannya

EP 22 - Urus Perizinan Lebih Mudah dengan Imigrasi Online, Ini Layanannya

Dalam usaha pengurangan penggunaan kertas, mengurangi proses yang berbelit-belit serta penggunaan waktu yang lebih efektif, kini banyak lembaga yang menerapkan sistem online. Salah satunya adalah Direktorat Jendral Imigrasi. Dengan aplikasi imigrasi online yang dibuat, para WNI atau orang asing yang ingin mengurus perizinan kini semakin dimudahkan. Karena ada berbagai layanan perizinan yang ada di aplikasi imigrasi online. Dengan imigrasi online tidak perlu lagi antri berlama-lama, tidak lagi kehilangan kesempatan mendaftar karena ketinggalan informasi pembukaaan pendaftaran, dan masalah lainnya. Adapun layanan yang diberikan oleh aplikasi imigrasi online antara lain.  

Baca Juga : Cara Mudah Memanfaatkan Layanan Paspor Online 2020

Layanan Visa Online

EP 22 2 - Urus Perizinan Lebih Mudah dengan Imigrasi Online, Ini Layanannya

Layanan visa online ini ditujukan pada WNI atau korporasi (perusahaan) yang akan mendatangkan orang asing ke Indonesia. Melalui aplikasi ini pihak-pihak tadi akan dibantu untuk mendapatkan surat persetujuan visa. Surat persetujuan visa ini akan menjadi surat rujukan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, atau Konsulat Republik Indonesia untuk menerbitkan visa bagi orang asing.

Visa Bekerja dan Liburan (SRPI)

EP 22 3 - Urus Perizinan Lebih Mudah dengan Imigrasi Online, Ini Layanannya

Ini merupakan jenis visa istimewa yang hanya ditujukan bagi orang-orang yang berniat bekerja sekaligus berlibur ke Australia. Visa ini dimunculkan sebagai wadah untuk bertukar budaya antara Indonesia dan Australia. WNI yang menggunakan visa ini bebas keluar masuk Australia kapan saja selama 12 bulan yang diberikan. Namun, visa ini cukup terbatas karena hanya diberikan pada 1000 orang yang akan dipilih langsung secara online setelah mengajukan pendaftaran. Selain itu setidaknya harus berusia 18-30 tahun dan mempunyai Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia (SRPI) untuk bisa mendaftar. Dan dalam setahun pembukaan pendaftarannya pun hanya ada di tanggal-tanggal tertentu. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu update informasi melalui website Dirjen Imigrasi atau situs informasi lainnya jika berniat untuk mendaftar.

Aplikasi Pelaporan Orang Asing

EP 22 4 - Urus Perizinan Lebih Mudah dengan Imigrasi Online, Ini Layanannya

Dengan banyaknya orang asing yang masuk ke Indonesia untuk berbagai tujuan, maka Direktorat Jendral Imigrasi Indonesia kini telah membuat sistem pelaporan. Tujuannya untuk mendata setiap orang asing yang datang ke Indonesia sehingga hanya orang asing yang bermanfaat dan tidak membahayakan saja yang dapat masuk. Demi menjamin keamanan negara ini, penjamin harus melapor dalam 1×24 jam sejak orang asing tersebut menginap. Penjamin yang dimaksud di sini adalah perseorangan ataupun pemilik penginapan, hotel, mess perusahaan, guest house dan lain sebagainya tempat orang asing tersebut menginap. Seperti layanan sebelumnya, pelaporan ini juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi pelaporan orang asing di website Dirjen Imigrasi. Pastikan untuk melakukannya karena jika tidak akan dikenakan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak 25 juta rupiah.

Aplikasi LAPOR!

EP 22 5 - Urus Perizinan Lebih Mudah dengan Imigrasi Online, Ini Layanannya

LAPOR! Atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat adalah aplikasi media sosial pertama di Indonesia dimana masyarakat dapat melakukan pengaduan serta memberikan aspirasi mengenai layanan publik. Aplikasi ini sebenarnya program dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) yang kini sudah terhubung dengan 67 instansi termasuk Dirjen Imigrasi. Dengan adanya aplikasi LAPOR! Masyarakat tidak perlu bingung jika menemukan ada ketidaksesuaian di imigrasi. Masyarakat bisa menuangkan unek-uneknya di aplikasi LAPOR!, website lapor.go.id, twitter @lapor1708 atau mengirim SMS ke 1708.

Izin Tinggal Online

EP 22 6 - Urus Perizinan Lebih Mudah dengan Imigrasi Online, Ini Layanannya

Orang asing yang berencana untuk tinggal untuk waktu yang lama di Indonesia, selain harus melapor mereka juga diharuskan mengurus izin tinggal. Dirjen imigrasi juga menyediakan aplikasi izin tinggal online berbasis web yang bisa diakses di www.imigrasi.go.id. Ada beberapa jenis aplikasi di dalamnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengurus izin tinggal ini. Aplikasi tersebut antara lain:

  1. IT Online, aplikasi penyampaian permohonan untuk perpanjangan izin tinggal kunjungan, izin tinggal terbatas, izin tinggal tetap, alih status izin tinggal keimigrasian serta perubahan status orang asing.
  2. Pelaporan ITAS, aplikasi pemberian izin tinggal terbatas berdasarkan VITAS.
  3. Manajemen Layanan, aplikasi untuk melihat status permohonan yang sedang proses.
  4. FAQ (Frequently Asked Questions), halaman yang memuat berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan yang berhubungan dengan perizinan tinggal orang asing.

Layanan Antrian Paspor Online

EP 22 1 - Urus Perizinan Lebih Mudah dengan Imigrasi Online, Ini Layanannya

Setiap harinya antrian manual pembuatan paspor hanya bisa diberikan kepada 100 hingga 200 orang, tergantung seberapa besar kantor imigrasi tersebut. Sementara biasanya antrian pembuatan paspor sangat panjang. Jika nomor antrian habis maka para pengantri nomor tersebut harus pulang dengan rasa kecewa. Oleh karena itu Dirjen Imigrasi menyediakan layanan antrian paspor secara online. Cukup mengisi data dan waktu wawancara yang dipilih, nomor antrian serta kode booking sudah bisa didapatkan. Pendaftar tinggal datang membawa dokumen yang diperlukan pada waktu yang telah dipilih sebelumnya.

Selain kemudahan melakukan perizinan dengan imigrasi online, teknologi saat ini juga memudahkan Anda yang berada atau ingin ke luar negeri untuk mengirim uang. Menggunakan aplikasi Qelola, kini tidak perlu repot ke money changer atau mengunjungi kantor cabang bank terdekat dan mengantri berlama-lama ketika ingin mengirim uang. Cukup dengan sekali klik di aplikasi Qelola, seluruh proses akan berjalan dengan cepat, mudah dan murah. Nikmati fitur-fiturnya dengan men-download aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , , , , ,