Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia Lengkap

cara embuat visa kerja ke malaysia

Mungkin Anda bingung dengan judul di atas. Mengapa Anda harus mengurus visa jika hanya berkunjung ke Malaysia? Padahal Malaysia merupakan salah satu negara yang membebaskan visa untuk paspor Indonesia. Namun hal ini ditujukan untuk wisatawan saja. Oleh karena itu, Anda yang pergi ke Malaysia untuk belajar dan bekerja, tentu saja memerlukan visa ataupun surat izin untuk menetap di sana. Terkhusus untuk calon TKI yang mungkin bingung bagaimana cara mengurus visa kerja ke Malaysia, tidak perlu khawatir. Banyak sekali artikel-artikel bagaimana cara mengurus visa kerja ke Malaysia yang bisa Anda dapatkan melalui internet. Selain itu cara mengurus visa kerja ke Malaysia pun tidak terlalu merepotkan. Namun, tetap ada hal yang harus diperhatikan. Bagi Anda yang sedang mencari informasi lengkap mengenai cara mengurus visa di Malaysia, syaratnya, biaya serta keadaan agar permohonan visa Anda disetujui, artikel ini merupakan pilihan yang tepat.

Persyaratan Visa Malaysia

EP 12 2 - Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia Lengkap

Sumber: https://ioimalaysia.org/

 

Ketika Anda mengurus visa kerja ke Malaysia, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan. Syarat inilah yang nantinya menentukan apakah pengajuan visa Anda akan diterima atau tidak. Syarat tersebut antara lain:

  1. Sebelum mengajukan permohonan visa, Anda harus terlebih dahulu mendapat perusahaan tempat bekerja nantinya di Malaysia. Malaysia tidak mengeluarkan visa untuk orang yang tidak terikat pada perusahaan atau institusi apapun.
  2. Agar bisa mepekerjakan tenaga asing profesional, perusahaan harus sudah terdaftar dalam Malaysian Digital Economy Corporation (MDEC). Apabila perusahaan belum terdaftar, harap melakukan pendaftaran di https://www.mdec.my/mscapplication/
  3. Setelah terdaftar di MDEC, perusahaan bisa memohon pada MDEC untuk mengeluarkan VAL/calling visa pada calon pekerja. Syarat untuk memohon calling visa bisa dilihat di https://esd.imi.gov.my/portal/pdf/TC-ESD-Quick-Guide-V3-September-2017.pdf halaman 20-23.
  4. Setelah VAL dikeluarkan, calon pekerja diharuskan membuat single entry visa.
  5. Harap diperhatikan bahwa Anda hanya boleh masuk Malaysia setelah mendapat single entry visa. Single entry visa dan VAL harus ditunjukkan kepada petugas imigrasi bandara.
  6. Tidak diperkenankan untuk menggunakan visa turis terlebih dahulu, mencari kerja di Malaysia dan setelah  itu baru mengurus visa kerja secara resmi.
  7. Setelah mulai bekerja, Anda menyerahkan paspor ke kantor dan kantor yang akan mengurus visa kerja resmi.

Dokumen untuk Mengurus Visa Malaysia

EP 9 1 2 - Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia Lengkap

Sumber: https://www.anekatrip.com/

Ketika mengurus visa kerja ke Malaysia, ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan. Pastikan Anda memeriksa kembali kelengkapan dokumen Anda sebelum pergi ke kantor pengurusan visa. Karena satu syarat saja yang tidak lengkap pun, permohonan visa Anda tidak akan disetujui dan Anda harus kembali dengan tangan kosong. Dokumen yang harus disiapkan antara lain:

  1. Fotokopi KTP (1 Lembar)
  2. Fotokopi KK (1 Lembar)
  3. Pas Foto ukuran 4 x 6 dengan background putih (1 Lembar)
  4. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di tempat pengurusan visa
  5. Print out VAL (Calling Visa)
  6. Passport asli
  7. KTP asli atau kartu tanda pengenal lainnya untuk mendapatkan izin akses masuk ke Menara Palma
  8. Biaya pembuatan visa

Cara Pembuatan Visa Malaysia

EP 12 1 - Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia Lengkap

Sumber: https://www.sewakantor-update.com/

Jika seluruh persyaratan di atas telah Anda lengkapi, maka Anda bisa langsung datang ke kantor pengurusan visa. Untuk pembuatan visa Malaysia tidak dilakukan di Kedutaan Besar Malaysia, melainkan di Menara Palma. Menara Palma lokasinya berada di seberang Keduataan Besar Malaysia, sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

Sebelum memberikan seluruh dokumen kepada petugas, Anda diharuskan untuk membayar biayanya pembuatan visa terlebih dahulu di kasir. Setelah tahap ini selesai, Anda boleh memberikan dokumen yang telah disiapkan tadi ke counter yang telah tersedia. Anda tinggal menunggu nama Anda dipanggil untuk pengecekan kembali dokumen-dokumen tersebut. apabila sudah lengkap, maka petugas akan memberikan bukti (acknowledgement receipt) yang menyatakan bahwa permohonan visa Anda sudah diproses dan sudah dibayar. Petugas akan memberi tahu kapan visa Anda akan selesai dan bisa dijemput. Proses ini biasanya memakan waktu selama 3 hari kerja. Simpan acknowledgement receipt tersebut sebagai bukti ketika mengambil visa.

Biaya Pembuatan Visa

Biaya proses pembuatan visa untuk pelajar ataupun pekerja sebesar RM205 + PPN 10% atau setara dengan IDR827.000. Biaya ini masih ditambah dengan biaya visa sebesar IDR55.000. Sehingga total yang dibayarkan sebesar IDR882.000.

Setelah berhasil membuat visa, maka Anda pun sudah siap untuk berangkat ke Malaysia dan memulai pekerjaan Anda di sana. Selama berada di Malaysia, tentunya Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang akan membantu dalam pengelolaan keuangan khususnya ketika ingin mengirim uang untuk keluarga di Indonesia.  Dan untuk masalah ini, Qelola adalah solusinya. Qelola adalah aplikasi yang membantu TKI yang bekerja di luar negeri khususnya Malaysia dalam mengelola keuangan dan pendanaan selama berada di luar negeri. Jadi bagi Anda yang baru merencanakan atau sudah bepergian ke luar negeri, download Qelola di sini sekarang ya!

 

Tags: , , , , ,