Bagaimana Cara Jadi TKI yang Legal? Simak Penjelasannya Di Sini!

woman working with documents 77211 58 - Bagaimana Cara Jadi TKI yang Legal? Simak Penjelasannya Di Sini!

Menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri, atau biasa dikenal dengan istilah TKI, mungkin merupakan jalan bagi sebagian orang di Indonesia. Kesempatan yang begitu besar serta gaji yang cukup menggiurkan menjadi daya tarik tersendiri. Tentu saja, sebelum berangkat, semua orang yang ingin jadi TKI harus paham benar bagaimana cara jadi TKI yang resmi.

Meski banyak sekali tawaran menjadi TKI sangat banyak, calon TKI harus benar-benar cermat dalam memilah tawaran tersebut. Tidak sedikit dari tawaran tersebut yang melewati jalan tidak legal. Pada akhirnya, jalan yang tidak legal ini akan merugikan TKI yang terlanjur berangkat, entah dalam bentuk pemulangan paksa, tidak dipenuhinya hak yang seharusnya didapatkan dan sebagainya.

Pada artikel ini Anda akan mendapatkan informasi cara jadi TKI yang legal. Simak dan perhatikan baik-baik ya!

Cara Jadi TKI Legal: Cari PPTKIS yang Terdaftar secara Legal

PPTKIS adalah Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta yang berbentuk badan hukum resmi dan memiliki izin tertulis dari pemerintah Republik Indonesia. Nah, PPTKIS ini tidak selalu legal dan memiliki izin resmi, maka jika Anda berniat untuk menjadi TKI, Anda harus memastikan PPTKIS yang Anda gunakan resmi dan legal sehingga proses selanjutnya dapat berjalan lancar.

Ikuti Penyuluhan

creative business asia team meeting office 79405 9329 - Bagaimana Cara Jadi TKI yang Legal? Simak Penjelasannya Di Sini!

Sebelum diberangkatkan sebagai TKI, akan ada penyuluhan dan penjelasan mengenai cara jadi TKI. Jika PPTKIS yang Anda gunakan resmi, biasanya penyuluhan akan dilakukan bersama dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten atau Kota, BP3TKI dan P4TKI. Penyuluhan ini akan memberikan informasi yang diperlukan, terkait berkas, prosedur dan sebagainya.

Melakukan Pendaftaran

Lakukan pendaftaran di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten atau Kota. Setelah mendaftar, Anda kemudian akan mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh PPTKIS dan Disnaker terkait. Maksimalkan seleksi yang dilakukan untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam bidang yang diperlukan.

Perjanjian Kerja juga Harus Diperhatikan untuk Memahami Cara Jadi TKI

business people handshake greeting deal work 1150 645 - Bagaimana Cara Jadi TKI yang Legal? Simak Penjelasannya Di Sini!

Jika Anda dapat melewati seleksi yang dilakukan, Anda kemudian akan menerima surat kontrak atau perjanjian kerja. Perhatikan dengan cermat bahwa setiap berkas ini harus sudah disahkan oleh perwakilan RI. Baca dengan cermat dan perhatikan setiap poinnya, jangan sampai ada yang terlewat karena dapat beresiko merugikan Anda di kemudian hari.

Dalam penandatanganan perjanjian kerja ini juga pastikan untuk poin seperti asuransi, pendidikan dan pelatihan serta paspor dan visa kerja. Setiap poin ini penting agar Anda dapat bekerja dengan legal dan dapat bekerja dengan aman. Selain itu, poin seperti asuransi dan pelatihan kerja juga akan menjamin keamanan Anda dalam melakukan pekerjaan Anda nanti.

Setelah memahami setiap poin dan memastikan hal-hal di atas, Anda dapat menandatangani kontrak atau perjanjian kerja yang diberikan. Berkas yang ditandatangani haruslah sudah disahkan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten atau Kota.

Pembekalan Akhir

Setelah menandatangani berkas, Anda belum dapat berangkat. Proses atau cara jadi TKI selanjutnya adalah dengan mengikuti Pelatihan Akhir Pemberangkatan dari BP3TKI atau LP3TKI atau P4TKI. Pelatihan ini akan memberikan persiapan akhir pada Anda mengenai serba-serbi yang terkait dengan urusan tenaga kerja Indonesia.

Kepemilikan KTKLN

Perlu diingat ketika Anda menjadi TKI Anda juga harus memiliki KTKLN. Apa itu KTKLN? KTKLN adalah Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri yang wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri. Informasi yang ada di dalamnya antara lain alamat, orang tua, pekerjaan, mitra kerja, paspor, perjanjian, sidik jari hingga kontrak kerja. Tentu jelas, mengapa dokumen ini penting untuk dimiliki.

Melaporkan Diri ke Perwakilan RI

Ketika sudah diberangkatkan dan tiba di negara penempatan, Anda yang sudah berstatus sebagai TKI harus melaporkan diri ke perwakilan RI yang ada di negara tersebut. Hal ini diperlukan untuk mengkonfirmasi data yang dimiliki sehingga warga negara Indonesia di luar negeri yang bekerja bisa dengan mudah di data untuk berbagai keperluan.

Cara Jadi TKI Tahap Terakhir: Pasca Kontrak Selesai

abstract blur defocused changi aiport terminal interior 74190 6378 - Bagaimana Cara Jadi TKI yang Legal? Simak Penjelasannya Di Sini!

Setelah kontrak kerja diselesaikan, Anda tidak serta merta lepas hubungan dari kewajiban pelaporan. Satu hal lagi yang harus Anda lakukan adalah melaporkan diri ke petugas BP3TKI di bandara atau pelabuhan tempat Anda tiba.

 

Cukup mudah bukan cara jadi TKI? Prosedur tetap yang legal ini harus dilakukan oleh setiap calon TKI agar pekerjaan yang dilakukannya di negara tujuan kelak dapat memiliki status legal yang jelas. Jika melewati jalan yang resmi dan legal, tentu Anda tak perlu takut jika ada pemeriksaan atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena Anda memiliki hak yang dapat dituntut.

Ketika sudah memahami cara jadi TKI, tentu selanjutnya yang Anda pikirkan mengenai bagaimana mentransfer pendapatan yang Anda miliki untuk mencukupi kebutuhan keluarga di Indonesia. Untuk yang satu ini, Anda tak perlu khawatir karena telah hadir layanan Qelola. Qelola dapat digunakan untuk mengirimkan uang, pembayaran tagihan rutin serta pembayaran pendidikan. Anda sebagai penerima upah bisa langsung membayarkan setiap keperluan ini sehingga tidak akan ada dana yang disalahgunakan. Segera gunakan aplikasinya dengan mengunduh di sini, dan rasakan manfaatnya!

 

Tags: , , , , ,