Cari Kerja di Malaysia Harus Memperhatikan Beberapa Hal Ini!

cari kerja malaysia

Bekerja ke luar negeri mungkin menjadi impian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain gaji dan kesejahteraan yang mencukupi, bekerja ke luar negeri menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Malaysia, termasuk salah satu negara tujuan bagi banyak orang untuk berkarir. Sama seperti halnya mencari pekerjaan di Indonesia, cari kerja di Malaysia harus memerhatikan banyak hal. Kamu juga harus mempertimbangkan mengenai skill, jenis pekerjaan, dan tentunya bagaimana Kamu akan tinggal di sana. Berikut tips cari kerja di Malaysia untuk orang Indonesia:

Bursa Kerja Malaysia

bursa pexels 700x467 - Cari Kerja di Malaysia Harus Memperhatikan Beberapa Hal Ini!

sumber: Pexels.com

Sebelum mencari kerja di Malaysia, pastikan terlebih dahulu jenis pekerjaan yang Kamu inginkan. Sesuaikan jenis perusahaan atau industri dengan keterampilan yang Kamu miliki. Jika sudah mengetahui jenis pekerjaan yang Kamu inginkan, akan lebih mudah dalam mencari perusahaan atau industri yang ada di Malaysia. Malaysia merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang terkenal dengan industri tekniknya. Selain itu juga sebagai pusat finansial syariah terbesar di dunia. Sehingga bagi Kamu yang memiliki jurusan atau keterampilan bisnis, teknik, akuntansi, dan semacamnya bisa mendapatkan peluang lebih besar.

Melakukan Riset

riset pexels 700x467 - Cari Kerja di Malaysia Harus Memperhatikan Beberapa Hal Ini!

sumber: Pexels.com

Cari kerja di Malaysia atau negara lain tentu tidak semudah mencari kerja di Indonesia. Beberapa situs yang Kamu temukan pada portal internet bisa saja scam link atau lowongan kerja penipuan. Untuk menghindari hal tersebut, lakukan riset untuk mencari tahu kebenaran lowongan kerja. Riset untuk cari kerja tidak hanya Kamu lakukan secara online, tetapi bisa bertanya langsung kepada relasi, teman, atau saudara yang pernah bekerja ke luar negeri. Tentu informasi dari orang-orang yang Kamu kenal akan lebih kredibel.

Jika ingin melakukan riset secara online, Kamu bisa mencarinya dengan mengunjungi situs website perusahaan yang bersangkutan. Pastikan situs perusahaan tersebut adalah situs resmi dari perusahaan yang kamu cari. Riset cari kerja secara online juga bisa Kamu lakukan melalui publikasi cetak atau online di media sosial resmi perusahaan yang bersangkutan. Bisa melalui bursa kerja, networking event, website universitas, atau portal pekerjaan lokal.

Laman Resmi BP2MI

laman resmi pexels 700x467 - Cari Kerja di Malaysia Harus Memperhatikan Beberapa Hal Ini!

sumber: Pexels.com

Indonesia menyediakan fasilitas website resmi badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang bisa Kamu akses untuk cari kerja ke luar negeri. Pada laman tersebut banyak lowongan pekerjaan berbagai sektor di luar negeri, terutama Malaysia. Mulai dari hospitality, kesehatan, minyak dan gas, konstruksi, kesehatan, manufaktur, perdagangan, transportasi, dan masih banyak lainnya. Kamu cukup memilih sektor yang sesuai dengan kemampuanmu dan laman BP2MI memberikan sederet lowongan kerja.

Manfaatkan LinkedIn

linkedin pexels 700x467 - Cari Kerja di Malaysia Harus Memperhatikan Beberapa Hal Ini!

sumber: Pexels.com

Manfaatkan media sosial untuk cari kerja ke Malaysia, salah satunya gunakan LinkedIn. Situs atau aplikasi LinkedIn menjadi laman yang banyak memberikan informasi mengenai lowongan kerja di luar negeri. Buat akun LinkedIn yang lengkap sesuai profil, minat dan kemampuan yang Kamu miliki. Melalui media sosial ini Kamu dengan mudah menambah relasi dengan para profesional. Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai cari kerja di Malaysia. Misalnya, setelah mendapatkan teman di LinkedIn, Kamu bisa meminta informasi mengenai cari kerja di Malaysia.

Tips Sebelum Cari Kerja di Malaysia

Sebelum memutuskan cari kerja ke luar negeri, Kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut:

Kemampuan Diri

kemampuan pexels 700x467 - Cari Kerja di Malaysia Harus Memperhatikan Beberapa Hal Ini!

sumber: Pexels.com

Bekerja di luar negeri termasuk gampang-gampang susah, pasalnya seleksi perusahaan pasti akan lebih ketat. Terlebih mereka harus mempekerjakan orang dari luar negeri. Skill atau keterampilan menjadi salah satu yang utama. Dengan keterampilan yang mumpuni, maka Kamu akan mudah dalam cari kerja di luar negeri. Usahakan untuk terus memperdalam, sehingga ketika sudah mendapat kerja kemampuan tersebut tidak kalah saing dengan pelamar yang lain. Sesuaikan keahlian yang Kamu miliki dengan standar perusahaan luar negeri.

Biaya

biaya pexels 700x467 - Cari Kerja di Malaysia Harus Memperhatikan Beberapa Hal Ini!

sumber: Pexels.com

Cari kerja di luar negeri tentu tidak murah, Kamu memerlukan biaya yang cukup banyak untuk tinggal dan hidup di sana. Modal awal untuk pegi ke Malaysia tentu dalam pembuatan visa, mencari tempat tinggal, asuransi perjalanan, transportasi, dan tentunya kebutuhan sehari-hari. Sebelum memutuskan bekerja ke luar negeri, menabunglah untuk persiapan cari kerja ke luar negeri.

Minta Pendapat Keluarga

keluarga pexels 700x469 - Cari Kerja di Malaysia Harus Memperhatikan Beberapa Hal Ini!

sumber: Pexels.com

Memutuskan untuk cari kerja di luar negeri tentu tidak mudah. Banyak pertimbangan yang perlu Kamu pikirkan. Izin dengan keluarga menjadi penting. Sebaiknya minta pendapat keluarga bagaimana Kamu harus memulai hidup di negeri lain. Pendapat keluarga akan mempermudah Kamu menentukan pilihan untuk ke Malaysia atau negara lain. Terlebih restu orangtua sangat Kamu perlukan.

Memahami Kebudayaan

budaya pexels 700x467 - Cari Kerja di Malaysia Harus Memperhatikan Beberapa Hal Ini!

sumber: Pexels.com

Saat cari kerja, Kamu juga harus mengetahu beberapa hal penting mengenai negara yang akan Kamu tinggali. Kebudayaan atau gaya hidup yang ada pada negara tersebut menjadi hal penting untuk Kamu ketahui. Bergabung dengan acara-acara umum dan berkumpul dengan masyarakat setempat akan mempermudah Kamu tinggal di luar negeri. Bekerja di luar negeri merupakan pengalaman yang berharga, sehingga buatlah pengalaman atau kenangan yang membekas.

Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,