Situs Lowongan Kerja Online Terbaik 2021

road sign 798176 640 - Situs Lowongan Kerja Online Terbaik 2021

Lowongan kerja saat ini berbanding terbalik dengan pencari pekerjaan. Situasi pandemi membuat tingkat pengangguran meningkat. Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan pun tidak banyak. Hal itu membuat persaingan mencari kerja menjadi semakin ketat. Agar mendapat informasi terbaru secara cepat dan aktual, kamu bisa mencoba mencari lowongan kerja secara online.

Kini telah banyak situs khusus penyedia lowongan kerja terpercaya. Ada banyak pilihan pekerjaan yang ditawarkan secara online. Hanya saja, situs yang beredar sangat banyak dan seringkali kurang meyakinkan. Kamu sebaiknya memilih situs lowongan kerja online terbaik agar terhindar dari segala bentuk penipuan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Online Terbaik 2021

job 2860035 640 - Situs Lowongan Kerja Online Terbaik 2021

Sumber: pixabay

Situs lowongan kerja online terpercaya bisa sangat membantu para pencari kerja. Semakin bagus situs tersebut, tawaran pekerjaan yang ada semakin beragam, berkualitas, dan telah terseleksi dengan baik. Terdapat beberapa rekomendasi situs lowongan kerja online terbaik yang bisa kamu coba yaitu:

1. LinkedIn

Situs lowongan kerja online yang cukup besar dan paling terkenal di Indonesia yaitu LinkedIn. Situs ini seringkali disebut sebagai ‘media sosialnya para bekerja’. Kamu bisa membangun profil, menambahkan foto, membuat status, dan lain sebagainya di LinkedIn seperti di media sosial lain. Pada menu di situsnya, terdapat menu pencarian pekerjaan terbaru.

2. Jobstreet

Rekomendasi selanjutnya yaitu Jobstreet. Situs jobstreet.com cukup populer di kalangan pencari kerja. Jobstreet seringkali dianggap memudahkan para pencari kerja pada proses melamar pekerjaan. Situs ini dijamin terpercaya dan memberikan ribuan pilihan perusahaan yang tersebar di seluruh dunia.

3. Glints

Glints merupakan salah satu situs lowongan kerja online yang berpusat di Singapura. Berbeda dengan dua situs sebelumnya, Glints sering dianggap lebih ‘anak muda’ baik dari segi tampilan maupun jenis pekerjaan yang ditawarkan. Situs ini cukup direkomendasikan untuk para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan.

Kamu tidak perlu khawatir, sebab daftar perusahaan yang memasang lowongan kerja di situs ini banyak yang terkenal, kok! Glints juga memudahkan pencarian dengan membagi kategori kerja menjadi 4: full time, part time, freelance, dan kerja remote. Tidak hanya itu, Glints sendiri sering mengadakan kelas gratis atau berbayar secara online untuk menambah berbagai skill-mu.

4. Kalibrr

Situs terpercaya selanjutnya yaitu Kalibrr. Meski lowongan pekerjaan yang ada di situs ini tidak sebanyak pada jobstreet atau LinkedIn namun Kalibrr bisa kamu coba. Tampilannya sangat user friendly sehingga tidak membingungkan. Sayangnya, situs ini menggunakan Bahasa Inggris sebab berasal dari Filipina dan belum ada pilihan Bahasa Indonesia. Beberapa perusahaan yang sering mengunggah lowongan kerja di Kalibrr yaitu BCA, Allianz, Shopee, dan masih banyak lainnya.

Manfaat Situs Lowongan Kerja Online

student 849825 640 - Situs Lowongan Kerja Online Terbaik 2021

Sumber: pixabay

Hingga saat ini, masih ada orang yang menganggap situs mencari kerja online tidak sepenuhnya meyakinkan. Banyaknya kasus penipuan lowongan kerja secara online merupakan pemicu ketidakpercayaan masyarakat. Padahal, jika teliti dalam mengecek lowongan terlebih dulu tentu bisa terhindar dari penipuan lowongan kerja. Banyak juga menfaat situs lowongan kerja online, yaitu:

  • Lebih murah dan hemat biaya sebab tidak perlu uang transportasi
  • Lebih cepat dan mudah sebab
  • Pilihan lowongan kerja yang muncul banyak dan beragam
  • Bisa membuat kategori jenis pekerjaan yang dicari dengan lebih mudah
  • Terdapat notifikasi tambahan jika ada respon terhadap lamaran yang dikirim

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Melamar Kerja

dream job 2860022 640 - Situs Lowongan Kerja Online Terbaik 2021

Sumber: pixabay

Melamar kerja secara online tidak jauh berbeda seperti jira datang langsung. Syarat-syarat yang diminta oleh perusahaan pun umumnya sama. Untuk itu, sebaiknya kamu telah menyediakan berbagai dokumen yang biasanya dibutuhkan. Berbagai dokumen tersebut perlu disipkan secara digital, ya. Apa saja yang perlu disiapkan?

  • Curriculum Vitae (CV) yang berisi biodata pribadi terkait. Buat CV milikmu sebaik mungkin dan representatif.
  • Surat lamaran kerja. Tidak semua perusahaan mengharuskan untuk mengirim surat lamaran kerja, namun dengan selalu mengirimkannya maka hal ini bisa menunjukkan sika profesional.
  • Portofolio kerja. Khusus untuk yang sudah pernah bekerja sebelumnya sebaiknya menunjukkan hasil kerja melalui portofolio.
  • Surat keterangan dari perusahaan lama (tidak wajib dan diberikan hanya jika diminta saja)
  • Pas foto terbaru berbagai ukuran (beda perusahaan bisa meminta ukuran yang juga beda)
  • Scan ijazah pendidikan terakhir
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan sertifikat yang mendukung
  • Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan surat keterangan sehat dari dokter hanya jika diminta

 

Saat proses mencari kerja, banyak orang kurang fokus mengurusi pengelolaan keuangan. Padahal mengatur pengeluaran ketika menuggu mendapat penghasilan juga penting. Agar memudahkan, gunakanlah aplikasi Qelola untuk membantu. Kamu bisa mengirimkan uang luar negeri serta membayar berbagai tagihan rutin. Aplikasi Qelola bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Tunggu apalagi? Segera unduh dan rasakan manfaatnya!

Tags: , , , , , , , , , , , , ,