Uang Elektronik, Rekomendasi Pembayaran Praktis Buat Kamu

aplikasi uang elektronik

Uang elektronik semakin marak dan umum terpakai untuk transaksi pembayaran karena lebih praktis. Aplikasi dompet digital atau e-wallet juga berkembang cukup pesat dengan menawarkan berbagai macam fitur terbaiknya. Cukup dengan unduh aplikasi kamu dengan mudah sudah bisa menggunakan segala fasilitas pembayaran. Mulai dari pembayaran pembelian, token listrik, pulsa, pembayaran asuransi kesehatan dan masih banyak lagi.

Malaysia menjadi negara kawasan Asia Tenggara yang paling tinggi menggunakan uang elektronik pada transaksi pembayaran. Masyarakatnya cukup beradaptasi dengan perubahan teknologi terutama ketika terjadi pandemi. Pertumbuhan pesat ini karena warga Malaysia sangat menyukai diskon dan promosi. Simak selengkapnya dibawah ini!

Pengertian

nikmati pexels 700x467 - Uang Elektronik, Rekomendasi Pembayaran Praktis Buat Kamu

sumber: Pexels.com

Uang elektronik adalah alat pembayaran yang bentuknya digital dan tersimpan pada media eletronik seperti dompet digital untuk keperluan transaksi. Kamu tidak perlu memiliki kartu untuk bisa melakukan pembayaran karena nominal uangmu sudah ada dalam sistem dompet digital. Kamu perlu melakukan pengisian dengan top up pada dompet digital untuk bisa melakukan pembayaran dari rekening pribadimu. Kehadiran uang digital ini sebagai alternatif pembayaran non tunai yang praktis dan cepat.

Kelebihan

kegunaan pexels 700x467 - Uang Elektronik, Rekomendasi Pembayaran Praktis Buat Kamu

sumber: Pexels.com

Penggunaan uang elektronik memiliki kelebihan dalam penggunaannya, berikut beberapa kelebihan menggunakan uang digital sebagai alat transaksi pembayaran:

Bebas Uang Palsu

Wujud uang eletronik yang digital memungkinkan kamu untuk tidak mendapatkan uang palsu. Hal ini karena nominal uang ada pada sistem digital sehingga transaksi tetap bisa berjalan. Selain itu, uang digital tersimpan dengan bantuan enkripsi dari sistem sehingga terlindungi dari peretasan. Transaksi dengan uang digital memungkinkan kamu membayar sesuai nominal yang dibutuhkan sekecil apa pun itu. Sehingga, pengurangan nominal pada saldomu akan sesuai dan tidak ada risiko tidak mendapatkan uang kembalian seperti transaksi konvensional.

Transaksi Cepat

Proses transaksi jauh lebih cepat karena teknologi dari aplikasi yang kamu gunakan. Kamu bisa dengan mudah untuk melakukan scan QR atau barcode untuk membayar tagihanmu. Secara otomatis, saldomu akan terpotong dan struk akan tampil pada layar gawai sesuai dengan transaksi yang kamu lakukan. Kamu tidak perlu mengeluaran dompet dan mencari uang pecahan lebih kecil karena nominal sekecil apapun bisa terbayarkan.

Terhindar dari Virus

Kondisi pandemi membuat orang takut untuk tertular karena kontak fisik terutama ketika berbelanja. Perpindahan uang tunai secara fisik dari satu orang ke orang lain memungkinkan terjadinya penularan virus. Uang elektronik membuat hal tersebut tidak terjadi karena sistemnya yang digital. Pemerintah juga menganjurkan untuk memakai uang sistem digital ini ketika melakukan transaksi.

Rekomendasi Aplikasi

belanja pexels 700x467 - Uang Elektronik, Rekomendasi Pembayaran Praktis Buat Kamu

sumber: Pexels.com

Buat kamu yang belum menggunakan aplikasi uang elektronik, berikut beberapa rekomendasi e-wallet terbaik yang banyak digunakan ketika di Malaysia, apa saja?

GrabPay

Aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi e-wallet terbaik Malaysia oleh Malaysian e-Payments Excellence Awards 2019. Penggunaannya yang mudah dan praktis membuat layanan ini menjadi memiliki pengguna yang cukup banyak. Kamu bisa dengan mudah menikmati fasilitas lain dalam satu aplikasi seperti GrabCar, GrabFood, GrabDelivery dan yang lainnya. Untuk pembayaran, kamu cukup scan barcode yang ada pada setiap merchant dan otomatis, uang kamu akan terpotong sesuai nominal transaksi.

ShopeePay

Platform pembelian online ini juga menyediakan fasilitas transaksi pembayaran yang bisa kamu pakai. ShopeePay memungkinkan kamu menggunakan uang elektronik untuk belanja hingga transfer uang kepada anggota yang ada pada kontakmu. Nama besar Shopee cukup terkenal sebagai salah satu platform e-commerce untuk berbelanja beragam kebutuhan.

Touch n Go

Layanan e-wallet terkemuka di Malaysia ini memiliki beragam kemudahan untuk transaksi keuangan. Touch n Go menonjolkan kecepatan transaksi pembayaran dengan uang elektronik menggunakan scan QR. Kamu cukup pasang aplikasi ini pada smartphone dan nikmati berbagai kemudahan transaksi dengan cepat dan praktis. Promosi dan hadiah menjadikan aplikasi ini banyak terpakai oleh orang-orang yang ingin melakukan pembayaran non tunai.

Qelola

Salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan ketika berada di Malaysia adalah Qelola. Berbentuk aplikasi mobile, Qelola memungkinkan kamu untuk bisa mengirim dan mengelola keuangan. Didukung dengan saluran transfer bertaraf internasional dengan mitra yang terpercaya, Qelola membuat kamu bisa kirim uang antar negara Malaysia-Indonesia dengan mudah. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran multi-payment yang bertujuan untuk mempermudah mengelola keuangan. Bayar tagihan listrik, asuransi kesehatan, bayar tagihan air, beli pulsa dan masih banyak lagi.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan kiriman uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Semudah itu penggunaan aplikasi ini. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, kamu bisa menikmati beragam fasilitas yang memudahkan kehidupan finansialmu. Tunggu apa lagi? Yuk, download sekarang!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,