Ingin Dapat Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi? Coba 5 Tips Ini!

penghasilan tambahan

Semakin banyaknya kebutuhan dan pengeluaran setiap bulan, membuat banyak orang mulai mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan tambahan. Apalagi di masa pandemi seperti ini, banyak orang harus memutar otak agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu cara yang cukup banyak diminati adalah dengan memulai bisnis sampingan selain bekerja secara full time.

Jika kamu berpikir untuk menjalankan bisnis sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan, maka kamu harus memahami akan ada tambahan waktu kerja yang harus dilakukan setiap harinya. Pastikan pula kamu memiliki komitmen untuk menjalani tambahan waktu kerja tersebut dengan membuat sebuah daftar kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya. Tulislah pada agenda harian tentang berapa jam setiap harinya yang perlu kamu sisihkan untuk melakukan pekerjaan sampingan tersebut. 

5 Tips Agar Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Kalau kamu berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan, lebih baik kamu simak beberapa tips di bawah ini. 

1. Lakukan bisnis yang sesuai dengan minat

qelola 8 2 - Ingin Dapat Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi? Coba 5 Tips Ini!

sumber: freepik

Bisnis yang kamu jalankan tidak akan mampu berjalan secara optimal, jika kamu sendiri tidak terlalu suka menjalaninya. Oleh karena itu, pilihlah sebuah bisnis yang benar-benar kamu sukai dan kamu berminat untuk menjalankannya.

Misalkan jika kamu suka masak, kamu bisa menjalankan bisnis warung makan di rumah. Tapi jika kamu suka mengajar anak-anak, maka tidak ada salahnya untuk membuka kursus privat. Apapun jenis bisnisnya, selama dijalankan dengan sepenuh hati pasti akan memberikan hasil yang optimal.

2. Miliki keunggulan kompetitif

Jika kamu ingin menjalankan bisnis sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan, maka kamu perlu memiliki poin penting ini. Keunggulan kompetitif yang dimiliki dalam bisnis akan memungkinkan kamu untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dan juga memperoleh lebih banyak pelanggan dibandingkan para pesaing. Jangan menjadi bisnis yang biasa saja. Pastikan kamu memiliki sebuah keunggulan unik yang berbeda dari para pesaing. Hal inilah yang akan menjadi nilai tambah bisnis di mata para pelanggan yang menggunakan produk atau jasa.

3. Bisnis sampingan harus memiliki tujuan yang terukur dan bisa dicapai

Bisnis sampingan yang dimiliki tidak akan bisa berkembang dan tumbuh, jika pemilik bisnis tidak memiliki tujuan yang terukur. Maka dari itu, tetapkan beberapa tujuan di masa depan yang berkaitan dengan bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini. Misalnya saja kamu memiliki tujuan untuk mendapatkan omzet hingga Rp5 Juta dalam satu bulan, atau kamu ingin menambahkan varian produk yang ditawarkan untuk pelanggan.

4. Jangan ragu bekerja sama dengan orang lain

qelola 9 2 - Ingin Dapat Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi? Coba 5 Tips Ini!

sumber: freepik

Perlu diingat, bahwa semua orang itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, kamu tidak bisa memaksakan seseorang menjadi pribadi yang berbeda dalam menjalankan bisnis. Jika kamu termasuk orang yang ahli di bidang penjualan, tetapi tidak memiliki modal yang cukup, maka tidak ada salahnya jika kamu bisa bekerja sama dengan para pemilik modal untuk memasarkan produk atau layanan yang mereka miliki. Intinya adalah lakukan apa saja yang terbaik yang bisa kamu lakukan. 

Pahami setiap kelebihan yang dimiliki dan jangan lupa untuk menuliskan beberapa kelemahan yang kamu miliki. Kemudian, fokuslah pada kekuatan dan ajak orang lain untuk bekerja sama di bidang yang menjadi kelemahan kamu.

5. Perhatikan permasalahan di sekitar

Perlu diketahui, bahwa tidak semua hobi atau passion bisa menghasilkan uang. Jika mungkin bisa menghasilkan uang, maka belum tentu kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak karena tidak semua orang membutuhkan hasil dari hobimu. Nah, jika begitu, kamu bisa memperhatikan permasalahan yang ada di sekitar. Coba cari tahu apa saja yang dibutuhkan pasar atau masyarakat.

Sebagai contoh, banyak anak kost yang tidak sempat atau tidak bisa memasak tetapi mereka membutuhkan makanan yang sehat. Maka kamu bisa memulai bisnis catering harian untuk memenuhi kebutuhan anak-anak kost tersebut.  Jangan lupa untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu, supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

Baca juga: 5 Jenis Investasi Terbaik Bagi Pekerja Gaji Minim

Pentingnya Menggunakan Aplikasi Khusus untuk Mengelola Keuangan

Mendapatkan penghasilan tambahan tentunya harus dikelola dengan baik. Ada baiknya, kamu menggunakan aplikasi khusus untuk urusan transaksi ini-itu. Bayar tagihan, transfer uang, beli pulsa, dan lainnya bisa kamu lakukan dengan mudah hanya menggunakan satu aplikasi saja. Dengan aplikasi semacam ini, kamu akan lebih mudah mengontrol pengeluaran setiap bulannya. Sebut saja Qelola. 

Cara menggunakan Qelola sebagai aplikasi pengatur keuangan ini sangat mudah. Pertama, download aplikasi Qelola dari PlayStore ke smartphone android milikmu. Setelah ter-install di smartphone, lalu buka aplikasi Qelola dan lakukan pendaftaran dengan mengisikan data diri beserta data-data lainnya Setelah pendaftaran terverifikasi, selain bisa transfer uang antar negara dan melakukan berbagai macam transaksi lainnya, dengan Qelola kamu juga bisa memantau keuangan dengan lebih mudah. Pasalnya, semua pengeluaran akan tercatat di akun e-wallet secara otomatis. Soal keamanan aplikasi Qelola tentu tidak perlu diragukan lagi. 

Tags: , , , , , ,