5 Jenis Investasi Terbaik Bagi Pekerja Gaji Minim

investasi terbaik

Seiring berjalannya waktu, kesadaran akan investasi di tengah masyarakat semakin meningkat. Didukung digitalisasi dalam segala aspek kehidupan, mendorong kita berpikir selangkah lebih maju dalam mengelola keuangan untuk kehidupan di masa mendatang, salah satunya dengan berinvestasi. Melakukan tak melulu harus memiliki banyak modal terlebih dahulu, bagi kamu yang memiliki penghasilan minim dapat mencoba dengan modal yang relatif kecil. Meskipun kamu tidak serta merta dapat membeli saham blue chip dengan keuntungan besar dalam waktu singkat, namun berinvestasi dengan skala kecil tetaplah bermanfaat bagi kebutuhan finansialmu di waktu mendatang. Banyak jenis investasi dengan modal kecil dan dapat dengan mudah untuk dilakukan, serta tidak memberatkan bagi kamu yang bergaji minim. Berikut adalah beberapa ide investasi dengan modal kecil yang dapat kamu jadikan pertimbangan.

1.       Reksa Dana

Investasi untuk budget minim yang pertama adalah reksa dana. Pilihan ini cocok bagi Kamu yang ingin memulai berinvestasi namun terkendala dalam hal permodalan, disamping itu bila ditelaah dari sisi prosedur, berinvestasi dalam reksa dana tergolong mudah untuk dilakukan. Mekanisme dari reksa dana adalah mengumpulkan modal dari banyak investor sekaligus dan digunakan untuk membeli saham atau obligasi yang dilakukan oleh manajer investasi yang telah berpengalaman di bidangnya. Investasi reksa dana termasuk salah satu jenis investasi yang populer dan diminati oleh masyarakat umum karena kemudahannya. Untuk dapat memulai reksa dana kamu hanya cukup bermodalkan Rp 10.000 saja. Tak hanya sampai di situ, akses untuk melakukan reksa dana telah mendukung sistem daring sehingga memudahkan kamu dalam memulainya.

2.       Deposito Berjangka

Investasi dengan modal kecil yang cocok untuk Kamu dengan penghasilan yang minim adalah deposito berjangka. Bila membicarakan investasi, maka salah satu hal yang pertama terlintas dalam benak kita adalah mengenai resiko. Namun demikian Kamu tak perlu khawatir, resiko dari investasi pada deposito berjangka bisa dibilang kecil sehingga tak perlu cemas berlebih. Hal itu karena deposito merupakan jenis simpanan di bank dengan penjaminan LPS dengan jumlah maksimal 2 milyar rupiah. Pada dasarnya deposito sama halnya dengan menyimpan uang di bank, perbedaannya penyimpanan deposito tidak dapat diambil dengan sewaktu-waktu sesuai kehendak Kamu. Pengambilan deposito hanya dapat Kamu lakukan pada rentang waktu yang telah ditentukan oleh pihak bank.

3.       Investasi Emas

infrarate com xXq 6 Kwysc unsplash 2 700x394 - 5 Jenis Investasi Terbaik Bagi Pekerja Gaji Minim

Menaruh sedikit kesabaran dalam mengumpulkan modal untuk berinvestasi bukanlah hal yang tabu bagi kamu yang berpenghasilan minim. Lalu bila telah tercapai modal yang dirasa cukup untuk berinvestasi kamu dapat mencoba pada investasi emas. Emas notabene dianggap oleh khalayak umum sebagai ladang “menabung” yang aman, mudah, dan selalu mengalami kenaikan. Keuntungan yang didapat dari jenis ini memanglah tidak sebesar bila dibanding dengan investasi saham bluechip. Meskipun demikian, hal ini memiliki resiko yang amat kecil sehingga dapat dibilang aman bagi kamu yang khawatir mengalami kegagalan dalam berinvestasi. Dengan adanya teknologi yang memadai di waktu dewasa ini, Kamu bahkan dapat melakukannya dengan nominal yang kecil melalui platform online yang menyediakan jasa investasi emas.

4.       Peer-to-Peer Lending

Jenis investasi yang mungkin sesuai bagi kamu dengan penghasilan minim selanjutnya adalah peer-to-peer lending atau sering disebut P2P lending. Untuk yang satu ini nantinya akan memberikan kamu timbal balik yang cukup besar. P2P lending merupakan skema pembiayaan yang mempertemukan antara investor yang memiliki modal dengan peminjam yang membutuhkan dana. Dalam prakteknya, kegiatan ini dilakukan melalui lembaga perantara yang telah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kegiatan investasi kamu terjamin keamanannya. Timbal balik dari investasi jenis P2P lending dapat mencapai 14 hingga 20 persen dalam kurun waktu satu tahun.

5.       Investasi dalam Bentuk Asuransi

Asuransi dan investasi memang dua hal yang berbeda, namun bila kamu telah lebih dulu menjalaninya maka asuransi secara tidak langsung tetap menjadi salah satu wujud dari investasi. Mengapa demikian? Bergabung dengan asuransi akan memberikan perlindungan terhadap dirimu di masa mendatang, baik itu asuransi jiwa maupun jaminan hari tua. Dengan demikian kamu telah mempersiapkan perencanaan keuangan sedikit demi sedikit mulai dari saat ini. Saat ini telah banyak platform asuransi dengan premi rendah yang tidak memberatkan keadaan finansial. Dengan berbagai pilihan yang ada pastikan pilihan asuransi kamu sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan yang diinginkan.

Berbagai jenis investasi terbaik di atas akan lebih mudah kamu lakukan jika kamu memiliki manajemen keuangan yang baik. Salah satu cara menerapkan manajemen keuangan dengan baik adalah membayar tagihan tepat waktu tanpa harus menunggu tanggal jatuh tempo. Bagi kamu yang bekerja di Malaysia, hal ini bisa jadi hal yang merepotkan karena harus melakukan transaksi antar negara. Serahkan urusan tersebut kepada Qelola, aplikasi dengan fitur lengkap dan cara top-up yang mudah. Download dulu Qelola untuk merasakan manfaatnya di sini.

Tags: , , , , , ,