Terbaru! Intip Kisaran Gaji TKI Pria di Malaysia Berikut Ini

gaji TKI pria di Malaysia

Yang menjadi salah satu faktor utama kenapa para TKI tertarik untuk bekerja di Malaysia adalah karena adanya keluarga atau kerabat yang bekerja di negara tersebut. Ditambah lagi karena rekomendasi dari teman yang sudah pernah bekerja di sana yang berkaitan dengan pekerjaan yang menghasilkan gaji besar. Memangnya, berapa kisaran gaji TKI pria di Malaysia?

Besaran gaji TKI pria di Malaysia memang menjadi suatu alasan mengapa banyak sekali TKI yang ingin berangkat ke sana. Namun sebelum itu, jika kamu bercita-cita mencari nafkah ke luar negeri, jangan cuma pertimbangkan soal gaji saja. Pastikan kamu juga mempertimbangkan pula perihal detail pekerjaannya, apa saja syaratnya, dan bagaimana tips sukses untuk menjadi TKI.

Pada artikel ini, kamu akan mendapatkan bayangan perihal gaji TKI pria di Malaysia, lowongan kerja TKI di Malaysia atau pekerja migran Indonesia. Pastikan kamu simak ulasannya sampai habis, ya!

Peluang Kerja di Malaysia

qelola 3 2 - Terbaru! Intip Kisaran Gaji TKI Pria di Malaysia Berikut Ini

Sumber: freepik

Sebelum mengetahui berapa gaji TKI di Malaysia, sebaiknya kamu ketahui dulu peluang kerja di sana, dan bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menjadi TKI di Malaysia. Kalau kamu punya niat menjadi TKI, semestinya kamu mendaftarkan diri melalui lembaga legal. Selain akan mendapatkan perlindungan dari pemerintah, lembaga legal juga tidak akan memberlakukan biaya penyaluran tenaga kerja alias gratis. Lantas, bagaimana prosedur menjadi calon TKI di Malaysia?

  • Pertama, kamu perlu mendaftar di Kantor Dinas Ketenagakerjaan.
  • Sesudah mendaftar, persiapkan dokumen keberangkatan secara komplit. Kamu perlu mengurus seluruhnya lebih dini supaya tidak tergesa-gesa karena biasanya akan cukup memakan waktu.
  • Syarat khusus untuk menjadi calon TKI adalah berumur minimal 18 tahun. Setelah itu, kamu juga perlu menyediakan syarat-syarat berupa KTP, Ijazah, Akta Kelahiran, Surat Keterangan Status Perkawinan, Surat Keterangan Izin Keluarga (suami/istri/orang tua/wali), Surat Kompetensi Kerja, Surat Keterangan Sehat, Paspor, Visa Kerja, Perjanjian Kerja, dan Kartu TKLN.

Beberapa syarat tersebut sifatnya mutlak. Jika ada yang tak terpenuhi, maka kamu tidak dapat berangkat menjadi TKI. Khusus paspor atau visa, kalau kamu masih pemula kamu bisa minta tolong disiapkan oleh pihak agen TKI Malaysia.

Gaji TKI di Malaysia 2021

qelola 1 2 - Terbaru! Intip Kisaran Gaji TKI Pria di Malaysia Berikut Ini

Sumber: pixabay

Total gaji bersih para TKI di Malaysia diperkirakan mencapai Rp5 juta lebih per bulan. Umumnya, sistem penggajian di Malaysia dihitung per hari dan per jam. Oleh karena itu, para TKI yang bekerja di Malaysia, khususnya sebagai pekerja pabrik bisa mendapatkan uang lembur hingga Rp30 ribu per jamnya. Sistem upah seperti itulah yang membuat gaji TKI pria di Malaysia terbilang cukup besar. 

Melansir laman Gajipokok.com, gaji TKI di Malaysia antara Rp5.844.821 (rata-rata terendah), sampai dengan hingga Rp102.896.854 (rata-rata tertinggi, gaji maksimum bisa lebih tinggi dari ini). Gaji ini sudah termasuk upah serta tunjangan lainnya seperti perumahan, transportasi, makan, dan lain-lain. Gaji yang didapatkan bervariasi, tergantung dengan pengalaman kerja dan masa jabatan TKI. Mata uang yang digunakan dalam penggajian TKI di Malaysia adalah MYR (Ringgit Malaysia).

Meskipun gender seharusnya tidak berpengaruh pada gaji, tetapi kenyataannya, hal itu cukup berpengaruh di Malaysia. Pekerja pria di Malaysia akan mendapatkan 11% lebih banyak daripada wanita di semua sektor. Sementara itu, untuk kenaikan gaji di Malaysia adalah sekitar 9% setiap 17 bulan. 

Kapan Gaji TKI Dibayarkan?

qelola 2 1 - Terbaru! Intip Kisaran Gaji TKI Pria di Malaysia Berikut Ini

Sumber: freepik

Setiap pemberi kerja wajib membayarkan gaji TKI di Malaysia selambat-lambatnya pada hari ketujuh setelah hari terakhir tempo penggajian. Misalnya, gaji bulan Juli 2021 selambat-lambatnya dibayarkan pada tanggal 7 bulan Agustus 2021. Pihak pemberi kerja tidak dibenarkan memotong gaji pekerja, kecuali:

  1. Untuk mengganti kelebihan pembayaran akibat kesalahan penghitungan oleh pemberi kerja.
  2. Membayar ganti rugi yang perlu dibayarkan oleh pekerja.
  3. Potongan untuk membayarkan pinjaman pendahuluan.
  4. Potongan lain yang dibenarkan oleh Undang-Undang yang berlaku.

Setiap TKI sebaiknya tidak menandatangani kuitansi sebelum menerima gaji secara sah. Jadi, buatlah catatan tertulis tanggal penerimaan gaji setiap bulan, sebagai bukti untuk menghindari perselisihan jika ada kesalahan di kemudian hari. Pembayaran gaji disarankan dikirimkan melalui rekening bank, atau layanan keuangan sejenis atas nama TKI yang bersangkutan.

Pada umumnya, gaji TKI pria di Malaysia akan dikirimkan ke Indonesia. Sebelum mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia, pastikan jasa keuangan yang kamu gunakan aman, praktis, cepat, dan juga efisien. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola.

Baca juga: Besaran GDP Malaysia Terkini dan Kondisi Ekonomi Selama Pandemi

Aplikasi Qelola menawarkan layanan yang beragam, yaitu berupa e-wallet, transfer uang antar negara, hingga layanan multi-billing untuk pembayaran segala kebutuhan kamu. Melalui aplikasi Qelola ini, kamu bisa mengirimkan uang untuk keluarga di Tanag Air, serta melakukan transaksi dengan aman dan terjangkau. Menariknya lagi, aplikasi Qelola juga memiliki pos pengeluaran sehingga kiriman uang dapat difungsikan secara maksimal sesuai kebutuhan keluarga. Langsung saja unduh aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , ,