Tidak Sulit, Ini Syarat Jadi TKI di Malaysia dan Peluang Kerjanya

tki di malaysia

Bekerja di luar negeri memang sudah memiliki penggemarnya sendiri. Selain pengalaman yang jauh lebih banyak, bekerja di luar negeri juga akan mendapatkan gaji yang lebih besar dengan profesi yang sama. Jika kamu berpikir bahwa mencari nafkah di negara lain akan membuat kamu sulit beradaptasi dengan lingkungan, maka Malaysia adalah jawabannya. Negara ini memiliki budaya yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Mulai dari bahasa, makanan pokok, dan sebagainya. Sehingga menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia merupakan negara tujuan kerja yang banyak peminatnya. Apakah jika banyak peminat berarti peluang kerja menjadi semakin kecil? Berikut ini adalah syarat menjadi TKI di Malaysia serta peluang kerja di sana.

A.  Syarat TKI di Malaysia

1.       Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi dapat kamu peroleh dari kepala Dinas Ketenagakerjaan kabupaten atau kota. Biasanya kamu akan dimintai beberapa dokumen tanda diri sebelum mendapatkannya.

2.       Paspor Indonesia

Proses pembuatan paspor akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, jadi persiapkan jauh-jauh hari. Pastikan juga paspor yang kamu miliki masih berlaku jika kamu sudah pernah membuat paspor sebelumnya.

3.       Usia Minimal

Tenaga Kerja Indonesia yang akan bekerja di luar negeri harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 45 tahun. Pendidikan terakhir pun minimal SMA atau sederajat. Biasanya usia minimal akan bergantung pada tempat kerja atau perusahaan yang dituju.

4.       Calon TKI Terdaftar di DEPNAKER RI

Cara untuk menjadi calon TKI yang resmi adalah berangkat ke Malaysia melalui Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS), atau biasa dikenal sebagai agen TKI legal, yang terdaftar di DEPNAKER RI.

5.       Kontrak Kerja

Sebelum berangkat ke Malaysia, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah mendapat tempat bekerja di sana, yaitu dengan menandatangani kontrak kerja. Ingat, kamu harus jeli dan teliti sebelum tanda tangan ya.

6.       Lulus Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan yang dimaksud adalah FOMEMA. Biaya yang dibutuhkan untuk mengikutinya adalah 190 RM untuk calon TKI perempuan dan RM180 untuk calon TKI laki-laki. Biaya ini akan ditanggung sepenuhnya oleh majikan atau perusahaan tempat kamu bekerja.

7.       Visa Bekerja di Malaysia

Untuk mendapatkan visa bekerja di Malaysia kamu perlu memastikan terlebih dahulu memenuhi syarat-syarat berangkat ke Malaysia. Dokumen yang satu ini akan dibantu pengurusannya oleh perusahaan atau majikan bersamaan dengan permit kerja.

8.       Permit Kerja

Permit kerja atau work pass ini nantinya akan diurus oleh majikan atau perusahaan tempat kamu bekerja karena akan ada biaya yang dikenakan setiap tahun (levy).

9.       Kartu Pengenal Pekerja Asing

Hampir sama dengan syarat diatas, biaya pengurusannya dibebankan kepada majikan, yaitu sekitar RM110.

10.   Pemberi Kerja yang Resmi Terdaftar

Pastikan juga nantinya kamu akan bekerja kepada majikan dan perusahaan yang nama dan alamatnya sudah tercantum dalam permit kerja. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu akan cepat mendapatkan bantuan. Baik dari pemerintah Malaysia maupun pemerintah Indonesia.

11.   Mengikuti Program Asuransi Malaysia

Jika kamu menjadi TKI di Malaysia secara resmi, maka pihak yang akan mempekerjakan kamu akan mendaftarkan kamu dalam program asuransi di Malaysia. Ketentuan ini tercantum dalam Workmen Compensation Act tahun 1952. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi TKI terutama terkait pemenuhan hak-hak sebagai Tenaga Kerja Indonesia.

tki4 1024x576 - Tidak Sulit, Ini Syarat Jadi TKI di Malaysia dan Peluang Kerjanya

Sumber : liputan6.com

B.  Peluang Kerja Untuk Kamu

Peluang menjadi TKI di Malaysia terbilang masih besar. Baik itu untuk kamu yang lulus SMA/SMK Sederajat, Diploma 3/4, atau Strata 1. Untuk lulusan SMA/SMK Sederajat, beberapa peluang kerja yang akan kamu temui biasanya ada di ranah informal, seperti pengasuh bayi atau lansia, pembantu rumah tangga, pegawai pabrik, pekerja tambang dan perkebunan, buruh umum, dan masih banyak lagi.

Sedangkan bagi kamu yang lulus perguruan tinggi, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk bekerja di bidang formal. Beberapa profesi yang akhir-akhir ini banyak dibutuhkan adalah web developer, customer service, mobile app developer, programmer, analis sistem, SEO Specialist, pemasaran, dan sebagainya. Cari tau lebih banyak tentang peluang kerja di Malaysia dengan mengunjungi website resmi PPTKIS.

Setelah mengetahui berbagai syarat di atas tentu kamu tidak perlu lagi menjadikan cita-cita bekerja di luar negeri sebagai mimpi belaka. Hal yang perlu diingat bagi semua orang yang ingin menjadi TKI di Malaysia adalah selalu berhati-hati terhadap sesuatu yang tidak resmi. Termasuk yang paling utama adalah dalam mencari agen TKI. Kamu harus memilih agen TKI yang resmi dan legal agar pelatihan dan penempatan kamu di Malaysia atau negara manapun tidak terjadi masalah. Tentu kamu tidak ingin dideportasi, bukan?

Menjadi TKI di Malaysia berarti kamu siap menerima gaji dalam satuan ringgit. Untuk membantu kamu mengelola keuangan selama di Malaysia, gunakanlah aplikasi Qelola. Dengan berbagai fiturnya, kamu bisa mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia hanya dengan smartphone kamu. Download aplikasi Qelola sekarang juga sebagai bentuk persiapan sebelum bekerja di Malaysia.

Tags: , , , , ,