Para Lulusan: Gunakan Visa Kerja Malaysia untuk Bekerja Secara Aman

cara membuat visa

Dengan biaya hidup yang terbilang relatif rendah, faktor lingkungan, dan berbagai fasilitas menarik dari sebuah kota internasional, banyak mahasiswa di Malaysia yang ingin tetap tinggal dan mencari pekerjaan di Malaysia setelah lulus kuliah. Namun keinginan tersebut terhalang oleh visa pelajar yang juga berakhir begitu mereka selesai kuliah. Bagi Anda yang mempunyai keinginan bekerja di Malaysia dengan aman dan resmi setelah lulus kuliah, maka Anda harus mengurus visa kerja Malaysia terlebih dahulu. Pelajari dahulu mengenai izin tinggal dan ketentuan visa kerja untuk tetap tinggal di Malaysia setelah lulus kuliah.

Bagaimana Cara untuk Dapat Tetap Tinggal dan Bekerja di Malaysia?

Untuk dapat bekerja di Malaysia setelah kuliah, Anda membutuhkan visa kerja Malaysia, seperti Employment Pass, Temporary Employment Pass, dan Visitor Pass (Professional). Durasi masing-masing berbeda, mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun, tergantung syarat dan ketentuan.

Employment Pass

Employment Pass merupakan izin kerja paling umum. Izin ini diperuntukkan bagi mereka yang mendapat kontrak kerja selama 2 tahun atau lebih di perusahaan Malaysia. Employment Pass berlaku dari 2 hingga 5 tahun.

Temporary Employment Pass

Jika Anda hanya ingin tinggal sementara di Malaysia dan telah mendapat tawaran kerja di bidang tertentu, Anda dapat memohon izin kerja tipe Temporary Employment Pass. Tidak terdapat perbedaan dalam pengajuan kedua ijin kerja tersebut. Anda hanya perlu menunjukkan surat bahwa Anda telah diterima bekerja oleh perusahaan di Malaysia, Letter of Authority dan kontrak kerja dari perusahaan. Izin ini maksimal berlaku selama 5 tahun dan hanya diberikan bagi mereka yang berumur 1845 tahun.

Visitor Pass (Professional)

Izin kerja ini diperuntukkan bagi orang asing yang memiliki keahlian dan kualifikasi professional dan sedang bekerja di perusahaan asing atau hanya akan bekerja di Malaysia selama kurang dari 12 bulan. Visitor Pass (Professional) ini biasanya diperuntukkan bagi mereka yang bekerja sebagai dosen, peneliti, penasehat teknis, maintenance expert, atau auditor eksternal.

Proses Pengajuan Izin Kerja Malaysia

visa online imigrasi - Para Lulusan: Gunakan Visa Kerja Malaysia untuk Bekerja Secara Aman

Setelah Anda mendapatkan surat dari perusahaan yang mempekerjakan Anda, maka Anda harus melengkapi formulir bernama DP11. Setelah itu, lengkapi formulir dengan pas foto ukuran paspor. Lengkapi juga dengan fotokopi halaman identitas dan surat-surat dari perusahaan yang menerima Anda di sana. Jika semua dokumen sudah disiapkan, langkah selanjutnya Anda tinggal mengirimkan ke Malaysian Employment Pass Division. Dokumen tersebut dapat diantar langsung atau dikirim melalui pos. Terhitung sejak tahun 2011, lulusan perguruan tinggi Malaysia yang berprestasi di bidang Akuntansi, Perbankan, Elektronik, Minyak dan Gas diperkenankan untuk mengajukan Employment Pass Kategori II. Tapi, syaratnya mahasiswa yang bersangkutan harus sudah menyelesaikan masa perkuliahan dan memperoleh gelar sarjana dari salah satu institusi Malaysia yang terdaftar. Syarat berikutnya adalah tawaran kerja yang Anda terima harus dari perusahaan dengan reputasi tinggi dengan kontrak minimal 2 tahun dan gaji RM2.500 per bulannya.

Baca Juga: Serba-Serbi Work Permit Malaysia, TKI Harus Paham

Sanksi Jika Tidak Menggunakan Visa Kerja

Sanksi Hukum Turut Serta Melakukan Perbuatan Pidana - Para Lulusan: Gunakan Visa Kerja Malaysia untuk Bekerja Secara Aman

Sudah terjalin kesepakatan antara Menteri Tenaga Kerja Indonesia dan Malaysia pada tahun 2011. Bahwa penggunaan selain visa kerja untuk tujuan mencari kerja adalah melanggar hukum. Jika sebagai seorang fresh graduate ingin bekerja di Malaysia maka visa yang Anda gunakan harus menyesuaikan seperti langkah-langkah di atas. Hal ini juga bertujuan agar Anda tidak terjebak pada kontrak kerja yang merugikan. Karena tanpa adanya visa kerja Anda akan dianggap sebagai TKI ilegal. Resikonya keberadaan Anda tidak terlindungi oleh negara.

Informasi Lowongan Kerja

lampung post buka lowongan kerja untuk posisi desain - Para Lulusan: Gunakan Visa Kerja Malaysia untuk Bekerja Secara Aman

Selain izin kerja Malaysia, para mahasiswa yang ingin bekerja di Malaysia setelah lulus kuliah perlu menemukan pekerjaan terlebih dahulu di perusahaan di Malaysia. Tidak mudah bagi mahasiswa internasional untuk mendapatkan pekerjaan di Malaysia, karena pemerintah Malaysia memprioritaskan warga negaranya sendiri dalam memberikan pekerjaan. Anda perlu menunjukkan keunggulan Anda dan meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah orang yang tepat bagi mereka.

Lalu bagaimana cara mencari lowongan pekerjaan di Malaysia agar bisa segera bekerja setelah lulus kuliah? Untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di Malaysia, banyak sumber yang bisa dimanfaatkan seperti Asia Work@llo’ Expat Malaysia dan Expatypus, atau JobStreet, Expat Exchange dan Recruit.net.

Sebelum dapat mengajukan permohonan izin kerja Malaysia, Anda harus mendapatkan tawaran kerja terlebih dahulu. Oleh karena itu sebaiknya mulai mencari kerja sebelum Anda wisuda. Universitas tempat Anda kuliah bisa menjadi tempat permulaan terbaik untuk mencari kerja. Hampir semua universitas di Malaysia menyediakan layanan karir bagi mahasiswa mereka, seperti cara menulis CV, teknik menghadiri wawancara, gambaran mengenai pasar kerja terkini, dan para mahasiswa bahkan dapat mengakses lowongan kerja yang tersedia dan perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Universitas tidak hanya membimbing mahasiswa hingga kuliah berakhir, tetapi juga membantu mempersiapkan mereka untuk langkah selanjutnya, yaitu terjun ke dunia kerja.

Mengatur Keuangan Setelah Bekerja

Informasi di atas adalah beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin tetap tinggal dan bekerja di Malaysia setelah lulus kuliah. Cukup mudah bukan? Tidak sesulit jika mengurus visa kerja Malaysia yang baru. Anda hanya tinggal membuat izin kerja Malaysia yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika Anda sudah memutuskan untuk mendapatkan visa kerja di Malaysia dan mendapatkan pekerjaan, maka pastinya Anda akan membutuhkan aplikasi keuangan yang baik. Qelola bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Qelola merupakan platform keuangan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan semua transaksi keuangan di Malaysia dan Indonesia. Dengan biaya transfer paling rendah, masalah keuangan Anda akan terselesaikan lebih cepat dan hemat. Segera download aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , ,