Simak Tips Cara Hemat Listrik yang Perlu Diketahui

menghemat listrik di rumah

Penggunaan listrik yang tinggi tentu perlu membayar tagihan tidak sedikit. Ada berbagai cara hemat listrik agar tidak tidak mengeluarkan banyak uang untuk bayar tagihan listrik. Apalagi semenjak pandemi Covid-19 berlangsung, aktivitas bekerja dan belajar pun di rumah. Saat Work From Home (WFH) dan sekolah di rumah ada banyak benda elektronik yang memerlukan listrik seperti laptop dan handphone.

Saat banyak orang berada di rumah barulah merasakan tagihan listrik yang melonjak. Konsumsi listrik di rumah mengalami kenaikan setiap harinya. Hal ini terjadi seiring dengan banyaknya kegiatan yang ada di rumah. Jika terus dibiarkan boros maka pengeluaran untuk bayar listrik jadi terasa mahal. Bila tidak ingin tagihan listrik membengkak maka harus melakukan penghematan. Ada beberapa cara hemat listrik supaya tagihan listrik tidak melonjak. Lantas apa saja yang dapat dilakukan untuk hemat listrik?

Pemakaian Air

Penggunaan air merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari. Namun, pemakaian air yang tidak terkontrol akan berhubungan konsumsi listrik setiap harinya. Kamu memakai air bukan hanya untuk mandi saja tetapi untuk memasak, mencuci, menyirami tanaman, dan lainnya. Pasalnya, pompa air berkontribusi sekitar 10-20 persen pada konsumsi listrik di rumah.  Siapa saja bisa mengurangi kerja pompa air. Gunakan air secukupnya untuk mandi maupun aktivitas lainnya. Gunakan air bekas mencuci pakaian untuk mencuci kendaraan.

menghemat lisrik 700x466 - Simak Tips Cara Hemat Listrik yang Perlu Diketahui

Sumber: Pixabay/ Karolina Grabowska

Hindari Penggunaan AC

Penggunaan AC bisa dikurangi demi menghemat listrik di rumah saat siang hari. Apalagi saat tidak tidak ada orang di dalamnya dan kerap ditinggalkan lebih baik tidak menggunakan pendingin ruangan. Kamu bisa membuka jendela sejak pagi agar sirkulasi udara di rumah lebih optimal. Gunakan kipas angin saja jika terpaksa memerlukan udara yang lebih sejuk. Perlu diketahui penggunaan AC di rumah ini sangat berdampak besar pada tagihan lisrik.

Matikan Lampu

Cobalah mengoptimalkan penggunaan cahaya alami dan mengurangi pemakaian lampu di siang hari. Bukalah jendela dan pintu agar mendapatkan cahaya sinar matahari langsung. Kamu hanya perlu menyingkap tirai supaya cahaya masuk. Apabila rumah kurang mendapatkan cahaya perlu dipertimbangkan memasang atap transparan. Mintalah anak-anak untuk mematikan lampu saat tidak berada di kamarnya. Pastikan untuk mengecek lampu-lampu yang tidak diperlukan saat pagi hingga sore agar lekas dipadamkan.

Atur Jadwal Menggunakan Gadget

Kamu menggunakan laptop, handphone dan benda elektronik lainnya. Penggunaan gawai atau gadget juga akan mengonsumsi tak sedikit listrik. Batasi waktu untuk menggunakan gadget terutama bagi anak-anak. Buat jadwal jam berapa anak boleh menggunakan laptop, handphone, maupun menonton televisi. Ada jam tertentu harus istirahat, handphone dikembalikan kepada orang tua. Beri kesempatan anak untuk melakukan aktivitas lain seperti olahraga, beres-beres kamar, diajak memasak, hingga merawat tanaman. Mintalah anak-anak atau anggota keluarga lainnya untuk mematikan benda elektronik yang tidak sedang dipakai. Biasanya menyalakan televisi tapi malah asyik main handphone.

Cuci Pakai Tangan

Kamu mencuci pakaian dengan tangan atau mesin cuci. Ketika menggunakan mesin cuci, listrik yang diperlukan juga tinggi. Konsumsi listrik saat mencuci pakaian dengan mesin cuci dapat dihemat dengan cara mengurangi penggunaannya. Usahakan untuk mencuci pakaian secara manual. Gunakan mesin cuci hanya untuk situasi yang mendesak atau saat musim hujan. Penggunaan mesin cuci dapat dimaksimalkan untuk mengeringkan pakaian saja.

konsumsi listrik 700x466 - Simak Tips Cara Hemat Listrik yang Perlu Diketahui

Sumber: Pixabay/ Pexels

Pastikan Isi Kulkas Penuh

Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang pemakaian listriknya boros. Daya listrik yang dibutuhkan untuk mendinginkan makanan dan minuman sangat besar. Para ibu memastikan kulkas tertutup rapat. Selain itu, menjaga kulkas dan freezer tetap penuh juga dapat menghemat listrik. Selain itu, saat kamu bepergian dalam jangka waktu yang lama, cobalah menurunkan suhu kulkas sampai suhu terkecil. Apalagi kalau tidak ada sumber makanan yang memerlukan suhu dingin.

Tambahkan Tanaman Hias Agar Sejuk

Cobalah meletakkan tanaman di sekililing rumah agar suasana jadi sejuk dan segar. Tanaman hijau akan membuat area rumah terlihat segar dan teduh. Tambahkan beberapa tanaman hias yang bagus diletakkan di dalam ruangan. Ada jenis tanaman yang dapat memproduksi oksigen, menyerap aroma tak sedap dan lainnya. Tanaman hijau yang ada di rumah akan menambah udara alami hingga menjaga suasana hati yang senang dan tenang.

Pilih Elektronik yang Hemat Energi

Kamu bisa memilih berbagai elektronik kebutuhan sekunder yang hemat energi seperti televisi, rice cooker, kulkas, microwave, pemanas air, AC dan lainnya. Inilah salah satu cara untuk hemat listrik di rumah. Jangan sampai kamu kaget melihat tagihan listrik yang terus melonjak karena banyak pemakaian yang tidak terkontrol.

Salah satu solusi untuk memudahkan membayar tagihan listrik adalah memakai aplikasi Qelola. Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah secara online, cukup dari handphone saja. Kamu bisa merasakan kemudahan transaksi lainnya seperti membayar tagihan air, BPJS, beli pulsa, hingga transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat dipelajari di website resmi Qelola. Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga agar berbagai transaksi uang secara online bisa lancar dan tidak ribet.

Tags: , , , , ,