Masa Probation : Hak Karyawan dan 5 Tips Agar Lolos

probation

Mendapatkan pekerjaan adalah sebuah impian bagi hampir semua orang, tidak terkecuali bagi TKI yang resmi diterima. Kemungkinan besar kamu akan menemui istilah masa probation sebelum bekerja dan menemui berbagai macam ketentuan yang harus kamu ikuti. Masa probation adalah rentan waktu bagi perusahaan atau pengguna jasa kamu menilai kinerja kamu sebagai karyawan baru. Dengan pengertian yang lebih mudah, masa probation adalah masa percobaan bagi kamu sebagai karyawan baru. Bagi pemberi kerja, masa probation adalah waktu untuk mempertimbangkan apakah karyawan baru layak menjadi karyawan tetap atau tidak. Sedangkan bagi kamu, masa ini juga bisa menjadi waktu untuk beradaptasi dengan berbagai tugas dan lingkungan kerja yang baru. Meskipun dalam masa percobaan, kamu sebagai karyawan baru tetap memiliki hak. Berikut ini hak karyawan probation dan tips agar kamu lolos probation.

A.  Hak Karyawan Probation

Menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 58, masa probation hanya diberlakukan bagi karyawan tetap. Artinya, jika kamu menjalani masa probation lalu waktu yang ditentukan telah selesai, pilihan selanjutnya hanya ada 2, kamu diterima menjadi karyawan tetap atau tidak diterima. Tidak ada ketentuan memperpanjang masa probation. Bagi kamu yang diterima sebagai tenaga kerja kontrak, tidak ada masa probation. Semua hal tersebut harus ada dalam perjanjian kerja, jadi kamu harus teliti ya Sahabat Qelola saat akan menandatangani kontrak kerja. Kontrak kerja akan menjadi pedoman penting dalam menjalani masa probation jadi harus kamu pahami secara lebih detail. Termasuk ketentuan yang diberikan pemerintah negara tujuan kerja kamu.

Kemudian ketentuan masa probation diperjelas lebih lanjut pada UU Ketenagakerjaan yang sama pasal 90 ayat 1, bahwa gaji yang dibayarkan kepada karyawan masa probation sama dengan karyawan tetap. Selain gaji yang sama, karyawan probation juga berhak mendapatkan THR meskipun baru bekerja selama 1 bulan. Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 tahun 2016 tentang THR Buruh Perusahaan.

pekerjaan 700x466 - Masa Probation : Hak Karyawan dan 5 Tips Agar Lolos

Sumber : freepik.com

B.  Tips Lolos Masa Probation

Setelah kamu memahami ketentuan dan hak kamu sebagai karyawan probation, sekarang saatnya kamu mempersiapkan masa probation. Simak beberapa tips lolos probation berikut ini.

1.       Kesan pertama yang baik dan tetap menjadi diri sendiri

Sebagai orang yang baru masuk dalam lingkungan kerja yang baru, memberikan kesan pertama yang baik adalah hal penting. Beberapa hal yang bisa menunjukkan kesan pertama yang baik adalah terbuka, ramah, bertanggung jawab, dan aktif. Ketika kamu berhasil dalam tahap ini, kamu akan lebih mudah diterima lingkungan kerja. Jangan lupa untuk tetap menjadi diri sendiri agar kamu tidak lelah menjalani pekerjaan.

2.       Membangun jaringan dengan teman kerja

Dengan memiliki sikap yang apa adanya dalam artian positif, kamu akan lebih mudah memiliki teman di tempat kerja. Teman kerja bisa menjadi network atau jaringan yang sangat bermanfaat bagi kamu. Selain bisa menjadi tempat bertanya dan berdiskusi, mereka juga akan menjadi tim kerja kamu saat menjadi karyawan tetap. Jadi menjalin hubungan baik dari awal menjadi langkah tepat.

3.       Proaktif dan jangan malu bertanya

Masuk dalam lingkungan yang baru tentu akan membuat kamu harus belajar banyak hal baru. Jadi, jangan malu bertanya ketika ada hal yang kamu tidak mengerti. Bertanya juga bisa menjadi tanda bahwa kamu proaktif terhadap tugas yang diberikan. Termasuk bertanya untuk meminta timbal balik seperti saran dari atasan. Tanda proaktif lainnya adalah berani menyampaikan ide dan pendapat pada waktu dan situasi yang tepat.

4.       Memiliki manajemen waktu yang baik

Mendapatkan banyak tugas pada beberapa hari pertama bekerja dan kamu merasa kewalahan adalah hal yang sangat wajar. Karena bisa jadi kamu kaget dan bingung dalam mengatur waktu. Jadikan beberapa hari awal tersebut untuk mengetahui pola pekerjaan. Kemudian hari-hari berikutnya kamu harus mampu mengatur strategi dalam manajemen waktu. Usahakan kamu mampu memetakan prioritas pekerjaan dan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya.

5.       Tunjukkan profesionalitas

Memiliki manajemen waktu yang baik juga merupakan salah satu cara menunjukkan profesionalitas kamu dalam bekerja. Profesionalitas adalah hal yang paling penting dalam dunia kerja sehingga kamu harus memilikinya meskipun sedang dalam masa probation. Dengan memiliki profesionalitas, kamu hampir bisa dipastikan akan menjadi karyawan tetap.

Setelah mengetahui banyak informasi terkait masa probation di atas, tentu kamu tidak perlu kuatir lagi dalam menjalaninya. Beberapa hari pertama masa percobaan mungkin akan sangat melelahkan karena kamu menghadapi banyak hal baru. Namun kamu akan mulai terbiasa setidaknya dalam 1 minggu pertama. Satu tips terakhir yang juga penting, karena kamu tetap akan mendapatkan gaji, kamu harus mulai menerapkan manajemen keuangan yang baik. Dengan begitu, kamu akan terbiasa saat menjadi karyawan tetap nanti. Qelola hadir sebagai alat transaksi penuh fitur yang akan membantu kamu melakukan transaksi antara Malaysia dan Indonesia dengan mudah dan cepat. TKI di Malaysia akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi Qelola. Download Qelola sekarang melalui link ini.

Tags: , , , , , ,