7 Tips Memiliki Manajemen Waktu yang Efektif Bagi Pekerja

manajemen waktu

Manajemen waktu merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki bagi siapapun, terutama para pekerja. Tidak hanya alasan waktu adalah uang, namun ketika pekerja memiliki pengelolaan waktu yang baik, maka bisa dipastikan orang tersebut tidak memiliki masalah dengan penyelesaian tugas-tugasnya. Akhir-akhir ini banyak pekerja yang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work from Home (WfH). Jadi, hampir semua pekerjaan harus tetap selesai meski dikerjakan dari rumah. Tanpa manajemen waktu yang baik, hal ini bisa menjadi kesulitan terbesar bagi orang tersebut. Oleh karena itu, manajemen waktu yang efektif harus dibiasakan dari sekarang. Berikut ini 7 tips yang bisa pekerja lakukan untuk memiliki manajemen waktu yang efektif.

1.   Membuat prioritas tugas lalu fokus pada hal tersebut

Sebelum memulai, buatlah daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari itu. Saat membuat daftar tersebut, prioritaskan pekerjaan yang harus selesai terlebih dahulu. Bisa juga dengan mengelompokkannya menjadi beberapa tahap penyelesaian, misalnya dengan mendahulukan pekerjaan yang mudah atau yang sulit. Setelah kamu memiliki daftar pekerjaan, fokuslah untuk menyelesaikannya. Daftar pekerjaan tersebut akan menjadi patokan apakah kamu bisa menerima tugas baru atau belum.

2.   Jangan menunda pekerjaan dan justru membuang waktu

Menyelesaikan pekerjaan satu per satu mungkin terlihat mudah karena kamu sudah terbiasa memegang pekerjaan tersebut. Namun menjadi sulit jika konsentrasi mudah teralihkan dengan hal-hal yang justru membuang waktu. Beberapa hal yang bisa mengganggu pekerjaanmu adalah berbincang dengan teman kerja, memeriksa sosial media terlalu lama, hingga mengganti bola lampu di rumah jika kamu WfH. Bukan berarti semua hal tersebut tidak boleh dilakukan, tapi kamu harus memiliki batasan untuk melakukannya. Selain itu, kamu juga harus bisa mengembalikan konsentrasi tersebut dengan cepat agar penyelesaian pekerjaan tidak tertunda terlalu lama.

3.   Atur waktu pengerjaan dengan memperkirakan lamanya penyelesaian tugas

manajemen waktu 2 700x484 - 7 Tips Memiliki Manajemen Waktu yang Efektif Bagi Pekerja

Sumber : freepik.com

Karena kamu sudah hafal dengan pekerjaan-pekerjaan tersebut kamu pasti bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Maka, lengkapilah daftar pekerjaan tersebut dengan lamanya pekerjaan harus selesai, misal dengan ukuran menit atau jam. Hal ini penting agar kamu bisa memiliki target-target kecil dalam sehari. Usahakan juga untuk menyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dalam 1 waktu agar kamu tidak perlu memulai dari awal lagi. Hal ini akan membantu waktu kerja lebih efektif dan efisien. Sebagai contoh, kamu biasa input data dalam waktu 1 jam. Jika kamu harus menganalisanya, maka lakukanlah sesegera mungkin dan jangan diselingi dengan pekerjaan lain yang tidak berkaitan, misal mengecek laporan minggu kemarin.

4.   Berikan tubuh waktu untuk istirahat

Meskipun kamu memiliki banyak daftar pekerjaan, usahakan untuk selalu memiliki waktu untuk istirahat. Terlebih lagi jika memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu ada di depan layar komputer selama berjam-jam. Pastikan untuk memberikan waktu bagi mata untuk istirahat. Kamu bisa melakukannya setiap 1 pekerjaan selesai. Begitu juga dengan tidur malam, pastikan kamu tidur 7-8 jam per hari. Hal ini akan menjaga tubuh tetap sehat sehingga manajemen waktu kedepannya tidak terganggu.

5.   Jangan terlalu lama mengambil keputusan

Ketika kamu terpaksa menghentikan pekerjaan karena menghadapi kesulitan, maka segeralah melakukan konsultasi dengan teman satu tim atau dengan atasan. Jangan membiarkannya dengan harapan masih ada waktu hingga sore hari atau hari berikutnya. Menunda penyelesaian masalah dapat menghambat pekerjaan lain yang lebih mudah diselesaikan. Setelah mendapatkan beberapa alternatif solusi, segera ambil keputusan mana yang akan digunakan. Semakin cepat masalah diselesaikan akan semakin efektif juga waktu yang dibutuhkan.

6.   Cari sesuatu yang mampu memotivasi diri sendiri

wishlist 700x467 - 7 Tips Memiliki Manajemen Waktu yang Efektif Bagi Pekerja

Sumber : freepik.com

Dalam bekerja, tentu ada masa-masa kamu kekurangan motivasi untuk menyelesaikannya. Untuk mengatasinya, kamu harus memahami dirimu sendiri hal-hal apa saja yang bisa meningkatkan motivasi dalam bekerja. Beberapa hal yang bisa meningkatkan motivasi kerja adalah mendengarkan lagu-lagu penyemangat, melihat foto keluarga, atau melihat kembali daftar belanja kamu (wish-list), dan sebagainya. Bisa juga dengan membuat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan setelah pekerjaan-pekerjaan tersebut selesai. Misalnya, menonton film, telepon sahabat yang sudah lama tak jumpa, mengajak orang tua piknik, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa lebih semangat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

7.   Konsisten dan disiplin terhadap diri sendiri

Kunci dari keberhasilan manajemen waktu adalah dengan disiplin pada diri sendiri dan konsisten dalam melakukannya. Semua daftar pekerjaan menjadi percuma jika kamu tidak disiplin mematuhinya. Tapi ingat! Disiplin bukan berarti keras pada diri sendiri sehingga kamu lupa menjaga kesehatan fisik dan psikis kamu. Tetaplah produktif sekaligus bahagia ya.

Beberapa tips manajemen waktu di atas cukup mudah dilakukan jika kamu ada kemauan. Sehingga kamu tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dimanapun berada. Baik itu diselesaikan di kantor maupun di rumah. Selain pekerjaan yang cepat selesai atau minimal selesai pada waktunya, manajemen waktu yang baik juga akan membuat kamu memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga dan menyalurkan hobi. Sedangkan untuk urusan manajemen keuangan, aplikasi Qelola bisa membantu kamu. Dengan berbagai fiturnya, kamu bisa melakukan transaksi ke Indonesia meskipun kamu sedang ada di Malaysia. Ketahui tentang Qelola lebih lanjut di sini lalu download aplikasinya di sini.

Tags: , , , , ,