Apa itu Etika Kerja, dan Kenapa Perlu Diterapkan Saat Bekerja?

etika kerja

Hampir semua orang tentu sepakat, bahwa etika itu sangat penting diterapkan di segala lini kehidupan, termasuk di tempat kerja. Bahkan, menerapkan etika di tempat kerja sangatlah bermanfaat. Bagi pekerja, menerapkan etika di tempat kerja bisa melatih diri untuk bersikap baik saat menghadapi situasi kerja, atau saat berhadapan dengan orang-orang di tempat kerja. Menurut Daily Mail, seorang pekerja yang memiliki etika yang kuat akan memiliki nilai yang tinggi. Pasalnya, pekerja dengan etika yang kuat selalu meningkatkan kualitas diri dan pekerjaannya. Etika ini cenderung membuat seorang pekerja melakukan semuanya secara optimal dan sempurna di setiap sisi pekerjaan yang dilakukan, dan semakin berani untuk menjadi lebih baik.

Secara alami, sebenarnya setiap manusia sudah memiliki etika kerja di dalam dirinya sendiri. Namun sayangnya, semangat etika kerja tersebut akan hilang jika tidak terus diasah dengan baik. Lantas, apa yang dapat dilakukan supaya sebagai pekerja kita bisa menerapkannya? Simak artikel ini sampai habis, ya. 

Seperti Apa Tampilan Etika Kerja yang Kuat? 

etika kerja 3 - Apa itu Etika Kerja, dan Kenapa Perlu Diterapkan Saat Bekerja?

Secara umum, para pekerja dengan etika kerja yang kuat akan menerapkan beberapa tindakan seperti ini: 

  1. Datang tepat waktu, setiap hari dan benar-benar melakukan pekerjaan. Tidak berjalan-jalan di luar kantor tanpa sepengetahuan atasan, atau asyik membuka media sosial saat bekerja.
  2. Seorang pekerja dengan etika yang kuat, akan mengerjakan semua tugas pekerjaan yang mudah dan yang sulit sekalipun. Pekerja tersebut tidak akan pergi meninggalkan tanggung jawab yang harus dikerjakan.
  3. Tidak peduli seberapa besar cobaan dan godaan yang datang untuk mengganggu fokus kerja, orang-orang yang memiliki etika kerja yang sangat kuat akan mampu melawan semua godaan itu. 
  4. Seorang pekerja dengan etika kerja yang baik juga akan selalu memberikan upaya yang terbaik yang dimilikinya. Semua ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik juga.

Daftar Etika Kerja yang Perlu Diterapkan

etika kerja 2 - Apa itu Etika Kerja, dan Kenapa Perlu Diterapkan Saat Bekerja?

sumber: freepik

Selain empat tindakan di atas, ada beberapa etika kerja yang harus kamu terapkan di tempat kerjamu nanti. Beberapa etika yang dimaksud bisa kamu simak sebagaimana tertulis di bawah ini.

1. Penampilan di tempat kerja

Di tempat kerja, penampilan menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan. Untuk menerapkan etika di tempat kerja ini, kamu harus tahu dulu bagaimana karakteristik tempat kerjamu. Kalau tempat kerjamu tipikal perusahaan formal, maka kamu wajib mengenakan pakaian yang formal seperti celana kain, kemeja putih, dasi, hingga jas. Sementara itu, kalau kamu bekerja di startup atau perusahaan kreatif, maka kamu bisa mengenakan pakaian yang lebih informal. Memperhatikan penampilan saat bekerja bisa membantumu menyesuaikan diri dengan budaya di tempat kerja, sekaligus menampilkan citra profesionalitasmu.

2. Kerapian saat bekerja

Selain memperhatikan pakaian, kamu juga harus memperhatikan kerapian dirimu, mulai dari kerapian pakaian hingga meja. Terlepas dari apapun pakaian yang dikenakan (pakaian formal atau informal), pastikan kalau pakaian yang kamu pakai terlihat rapi di mata orang lain. Setidaknya jangan terlihat kusut. Jadi, sebelum kamu kenakan pakaianmu, pastikan kamu telah menyetrikanya terlebih dulu. Hal serupa juga berlaku untuk area kerjamu. Tatalah area kerjamu serapi mungkin, baik sebelum hingga setelah bekerja. Selain terlihat lebih rapi, area kerja seperti meja kerja yang rapi juga akan membuatmu nyaman saat bekerja.

3. Bersikap hormat pada semua orang

Setiap orang pasti ingin dihormati, begitupun dengan semua orang yang ada di tempat kerjamu. Untuk itu, cobalah untuk menghormati semua orang yang ada di tempat kerjamu. Ada beberapa bentuk penghormatan yang perlu kamu lakukan untuk menerapkan etika di tempat kerja ini. Misalnya, jika teman kerjamu sedang hectic, maka janganlah coba-coba mengganggunya dengan mengajaknya bicara atau bahkan menjahilinya. Biarkan saja dia memfokuskan diri untuk mengatasi situasi hectic yang dialami.

4. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab adalah sikap positif sekaligus etika kerja yang sangat baik. Jika ingin karirmu meningkat, maka etika kerja ini juga patut kamu terapkan. Ada banyak bentuk sikap tanggung jawab yang bisa kamu lakukan, misalnya saat kamu diberi kepercayaan untuk mengerjakan suatu project, maka kamu harus mengerjakan project tersebut dengan sebaik-baiknya. Selain itu, kamu juga harus bertanggung jawab dengan hasil project tersebut, terlepas hasilnya baik atau malah gagal total. Jika ternyata gagal total, janganlah mencari-cari alasan, tapi evaluasi dan perbaiki untuk kesempatan selanjutnya.

5. Fokus pada pekerjaan

Para pekerja terkadang sulit sekali memisahkan kehidupan pribadinya dengan urusan pekerjaan. Jika ingin karirmu meningkat, maka cobalah untuk memisahkan kehidupan pribadi dengan urusan pekerjaan. Menerapkan hal ini di tempat kerja memang lumayan tricky, namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Untuk menerapkan etika kerja ini, kamu bisa melakukannya dengan cara tidak memikirkan kehidupan atau masalah pribadimu saat bekerja. Jadi, saat kamu sedang sibuk dengan pekerjaan, cobalah untuk memfokuskan pikiran pada pekerjaan saja. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Fresh Graduate Mendapatkan Pekerjaan

Supaya urusan rumah tidak menjadi beban pikiran selama bekerja, kamu bisa mengandalkan Qelola untuk bertransaksi. Mulai dari beli pulsa dan paket data internet, beli token listrik, bayar tagihan PDAM, hingga transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, bisa kamu lakukan dengan mudah. Unduh Qelola sekarang, dan nikmati berbagai fitur terbaiknya. Dijamin, kamu akan lebih hemat waktu dan biaya saat pakai aplikasi ini.

Tags: , , , , , ,