Bekerja di Rumah Jadi Menyenangkan dengan 7 Tips Berikut Ini

bekerja di rumah

Salah satu cara menekan penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 adalah bekerja di rumah. Kebijakan work from home yang dihimbau oleh pemerintah memaksa banyak karyawan perusahaan untuk bekerja dari rumah saja. Perubahan lingkungan kerja ini pastinya membuatmu perlu beradaptasi karena sudah terbiasa bekerja di kantor. Walaupun rumah adalah tempat yang nyaman namun bagi sebagian orang, bekerja dari rumah adalah tantangan tersendiri.

Bagaimana tidak, suasana kerja yang biasanya penuh dengan hiruk pikuk dan canda tawa harus kamu lalui sendirian di rumah. Pastinya hal ini membuatmu jenuh dan justru hanya ingin bermalas-malasan bukan? Nah, jika kamu sudah mulai merasakan hal ini cobalah beberapa tips di bawah ini agar etos kerjamu tetap terjaga walau bekerja di rumah.

  • Bangun Lebih Awal di Pagi Hari

Kebiasaan bekerja di rumah dalam jangka waktu yang lama tentunya membuatmu jenuh dan ingin bermalas-malasan. Imbasnya, kamu jadi enggan bangun pagi seperti saat kamu bekerja di kantor. Jangan sampai ini terjadi padamu ya! Bangun lebih awal di pagi hari justru akan membuat tubuhmu lebih bugar dan semangat dalam menjalani hari. Kamu bisa mengerjakan berbagai pekerjaan kantor lebih awal dan menyelesaikannya lebih cepat.

  • Lakukan Aktivitas Fisik

napas pendek - Bekerja di Rumah Jadi Menyenangkan dengan 7 Tips Berikut Ini

Sumber: freepik

Cobalah berolahraga untuk memulai hari sebelum bekerja di rumah. Manfaatkan waktumu selama di rumah saja untuk melakukan berbagai aktivitas fisik agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Bonusnya berat badanmu tidak akan meningkat karena rutin berolahraga.

Kamu bisa melakukan berbagai olahraga yang ringan dan tidak terlalu menguras tenaga seperti jalan kaki, jogging, bersepeda santai, atau melakukan lompat tali. Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah melakukan yoga dengan melihat tutorial lengkapnya di kanal streaming online.

  • Hindari Bekerja di Kamar Tidur

Saat memilih ruang kerja di rumah, sebaiknya hindari kamar tidur. Suasana kamar tidur yang nyaman akan membuatmu terlena dan menjadi tidak produktif. Akibatnya, kamu pun jadi malas dan ingin menunda-nunda pekerjaan. Jika memungkinkan kamu bisa membuat ruangan kerja khusus dengan dekorasi yang menyerupai kantor untuk menciptakan atmosfer kerja yang lebih menyenangkan.

Baca juga: Lawan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Tips Ampuh Berikut!

  • Memakai Pakaian yang Nyaman

Bekerja dari rumah membuatmu bisa tampil apa adanya tanpa harus ribet dandan. Namun, ada baiknya jika kamu tidak memakai baju piyama atau baju tidur yang akan membuatmu tersihir untuk bersantai-santai atau kembali tidur. Kenakanlah t-shirt dan celana yang nyaman agar suasana kerja jadi lebih mengasyikkan.

  • Jaga Komunikasi dengan Rekan Kerja

young asia businesswoman using laptop talk colleague about plan video call meeting while work from home living room 700x394 - Bekerja di Rumah Jadi Menyenangkan dengan 7 Tips Berikut Ini

Sumber: freepik oleh tirachardz

Atmosfer bekerja di kantor pastinya jauh berbeda dengan bekerja di rumah. Saat di kantor kamu bisa berinteraksi dengan sesama karyawan atau atasan. Namun, hal ini tentu saja tidak bisa kamu rasakan saat harus work from home. Suasana yang sepi membuat atmosfer kerja jadi tidak hidup.

Kurangnya sosialisasi dengan orang lain biasanya akan mempengaruhi kondisi psikis seseorang. Nah, agar kesehatan mental tetap terjaga, jalinlah komunikasi dengan rekan kerjamu ya!. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melakukan komunikasi di chat, telepon, atau berinteraksi di sosial media.

  • Manfaatkan Waktu Istirahat dengan Baik

Bekerja di rumah tentu membuat jam kerjamu menjadi lebih fleksibel. Namun, usahakan pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu ya! Walaupun banyak gangguan yang membuatmu menunda-nunda pekerjaan kantor cepat selesai, prioritas kerja harus diutamakan. Kamu bisa memulai aktivitas kerjamu lebih awal di pagi hari.

Selain itu maksimalkan waktu istirahatmu dengan melakukan berbagai kegiatan yang fun dan rileks sehingga kamu tidak merasa stres karena harus bekerja sendirian di rumah. Jangan lupa makan tepat waktu dan memilih menu yang bergizi agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga.

Baca juga: 7 Tips Memiliki Manajemen Waktu yang Efektif Bagi Pekerja

  • Tahu Batasan dan Tidak Terlarut dalam Pekerjaan

asian man relaxing couch with laptop home happy woman hugging him 700x467 - Bekerja di Rumah Jadi Menyenangkan dengan 7 Tips Berikut Ini

Sumber: freepik oleh pressfoto

Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan atau keluarga, pastinya harus pintar dalam membagi waktu bekerja dan keluarga. Jangan sampai pekerjaanmu yang melelahkan membuatmu lupa untuk memperhatikan orang-orang yang ada di sekitar. Adakalanya, beban kerja yang kamu pikul membuatmu kewalahan dan terbawa ke kehidupan pribadi.

Jika ini terjadi, tentu akan membuat hubunganmu dengan keluarga menjadi tidak harmonis. Jadi, pastikan selesaikan pekerjaanmu dengan tepat waktu di saat jam kerja kemudian curahkan waktumu sepenuhnya untuk orang-orang tersayang saat waktu kerja usai.

Baca juga: Menghadapi Beban Kerja yang Menumpuk, Ikuti 4 Tips Ini

Bekerja di rumah tentu membuatmu tambah mager kemana-mana. Sekarang, ada cara mudah buat kamu bayar-bayar tagihan dan kirim uang tanpa harus keluar rumah lho! Instal saja aplikasi Qelola untuk kemudahan melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. Aplikasi Qelola adalah platform finansial online yang menawarkan berbagai fitur seperti kirim uang dari Malaysia ke Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa melunasi berbagai tagihan bulanan seperti air, listrik, BPJS, dan TV kabel dalam satu aplikasi. Bahkan, kamu juga bisa beli pulsa dan kuota internet melalui aplikasi ini lho! Yuk download aplikasi Qelola sekarang juga, dan nikmati kemudahan bertransaksi dalam sentuhan layar.

Tags: , ,