5 Langkah Mudah Fresh Graduate Mendapatkan Pekerjaan

fresh graduate dapatkan kerja

Merayakan momen lulus kuliah sebaiknya tidak perlu berlama-lama, karena dunia yang sebenarnya telah menunggu di depan mata. Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman tentu akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Kamu harus bersaing dengan banyak orang yang sudah memiliki banyak pengalaman. Bukan berarti lantas kamu minder dan mudah menyerah. Kamu harus menyiapkan segala sesuatu yang bersangkutan dengan lamaran pekerjaan sedini mungkin. Untuk mempermudah langkahmu, kamu harus tahu cara agar fresh graduate mudah mendapatkan pekerjaan. Simak artikel berikut: 

1. Memperluas Jaringan Pertemanan 

smiling business partners shaking hands lounge 700x467 - 5 Langkah Mudah Fresh Graduate Mendapatkan Pekerjaan

Sumber: Freepik

Apabila kamu ingin cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus,kamu bisa memperluas jaringan pertemanan yang kamu miliki dan jangan ragu untuk bertemu dengan orang-orang baru. Kamu tidak perlu merasa malu dan sungkan untuk bertanya kepada teman, kenalan maupun saudara tentang ketersediaan lowongan pekerjaan untuk fresh graduate. Selain itu, galilah informasi sebanyak-banyaknya tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melamar pekerjaan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan wawasan baru dan informasi lowongan kerja yang beragam. Cara ini terbilang efektif untuk membantumu melamar pekerjaan di banyak tempat sehingga memperbesar peluang dipanggil oleh perusahaan. 

2. Persiapkan CV yang Menarik 

Gerbang pertama untuk mencuri perhatian perusahaan adalah dengan memiliki kualitas Curriculum Vitae (CV) atau resume yang menarik. CV memberikan informasi singkat mengenai data diri, pendidikan, keahlian dan juga prestasi calon pekerja. Jangan bertele-tele dan sampaikan informasi dengan padat, jelas dan mudah dipahami. 

Buatlah CV dengan tampilan profesional dan desain yang pas seperti font, warna dan penempatan objeknya. Perhatikan juga jenis pekerjaan yang akan kamu lamar, apabila posisi yang kamu lamar berhubungan dengan kreativitas, maka buatlah desain CV mu dengan sekreatif mungkin. Dengan begitu, mungkin perusahaan akan menilai kesungguhan dan usaha kita untuk melamar pekerjaan.

3. Memperbanyak Portofolio dengan Skill 

Selain melalui CV, perusahaan seringkali menjadikan portofolio sebagai pertimbangan besar dalam merekrut karyawan baru. Portofolio menjadi penilaian perusahaan untuk mengukur kesesuaian skill yang kamu miliki dengan pekerjaan yang akan kamu lakukan. 

Kamu bisa mengikuti program magang untuk mengasah skill sesuai dengan bidangnya sembari mencari kerja atau mengisi waktu luang menunggu panggilan interview. Di sisi lain, kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk mengembangkan kemampuanmu seperti belajar tentang dunia digital, mengikuti pelatihan online maupun kursus berbahasa asing. 

4. Kembangkan Media Sosialmu 

social media 4140959 700x467 - 5 Langkah Mudah Fresh Graduate Mendapatkan Pekerjaan

Sumber: Freepik

Sebuah perusahaan yang meminta akun media sosial tentu saja memiliki alasan. Di zaman yang serba digital, media sosial dapat menunjukkan hal apa yang sering seseorang bagikan, perilaku maupun aktivitasnya sehari-hari. Hal itu kemudian menjadi pertimbangan suatu perusahaan dalam perekrutan karyawan barunya. 

Kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan mencari cara agar akun media sosialmu menarik. Evaluasi bakat dan topik yang kamu sukai. Cari aplikasi edit video atau foto untuk membuat konten yang kamu bagikan lebih menarik. Tanpa kamu sadari, kamu sedang membangun personal branding yang akan meningkatkan kualitas dirimu dan mungkin saja kamu akan mendapatkan penghasilan dari media sosial. 

5. Update Lowongan Kerja 

Fresh graduate yang ingin mudah mendapatkan pekerjaan harus selalu update berita lowongan kerja maupun mengikuti acara job fair. Dalam acara job fair, kamu akan menemukan banyak peluang pekerjaan dari bidang yang berbeda-beda. Meskipun pesaingnya cukup banyak, jangan sampai kamu patah semangat untuk mencoba. 

Selain itu, banyak informasi lowongan kerja yang bisa kamu dapatkan melalui sosial media dan situs-situs khusus untuk lowongan pekerjaan. Tidak seperti jaman dulu yang harus ke kantor untuk memberikan surat lamaran atau CV secara langsung. Kamu sekarang dapat mengirimkan lamaran pekerjaan melalui situs tersebut atau email. Tetap perhatikan etika dan format melamar pekerjaan dengan benar ya sahabat Qelola. 

Baca juga: Buktikan! 5 Keuntungan Melamar Pekerjaan di Event Bursa Kerja

Demikian informasi tentang langkah bagi fresh graduate agar mudah mendapatkan pekerjaan. Mempersiapkan karir di masa depan sama pentingnya dengan mengelola keuangan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mengatur keuangan dan gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya. Aplikasi ini juga menawarkan fitur transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho!. Segera saja unduh aplikasinya dan rasakan kemudahan yang akan kamu dapatkan. Selamat mencoba!

Tags: , , , ,