Apa Syarat SIM Internasional yang Harus Dipenuhi?

Syarat SIM Internasional

Bekerja di negeri orang memang memiliki banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Misalnya, seperti iklim baru, lingkungan asing, hingga banyak peraturan yang tadinya tidak dipahami. Terlebih untuk Anda yang dalam pekerjaannya perlu mobile dan terus berpindah atau perlu menggunakan kendaraan pribadi atau kantor. Anda harus paham benar bahwa Anda wajib memiliki SIM Internasional. Tapi apa itu SIM Internasional? Apa syarat SIM Internasional? Bagaimana cara membuatnya?

SIM Internasional adalah…

Untitled design1040 - Apa Syarat SIM Internasional yang Harus Dipenuhi?

Ketika mengendarai kendaraan di Indonesia, Anda harus memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan tipe kendaraan Anda. SIM ini berfungsi sebagai bukti bahwa Anda benar-benar layak dan mampu mengendarai kendaraan, dan menjadi salah satu kelengkapan yang harus terus dibawa. Jika Anda tidak membawa SIM ketika berkendara, bisa jadi Anda terkena tilang dan harus berhadapan dengan hukum.

Sama seperti di Indonesia, ketika Anda berkendara di luar negeri Anda juga wajib memiliki Surat Izin Mengemudi. Bedanya, yang harus dimiliki adalah SIM Internasional. Syarat SIM Internasional serta prosedur pembuatannya sendiri dapat dikatakan cukup mudah dan prosesnya tidak terlalu lama.

Ketika Anda memiliki SIM Internasional, Anda kemudian memiliki izin untuk berkendara di 187 negara di dunia, termasuk di dalamnya negara-negara ASEAN, Asia, Uni Eropa, negara di Afrika, serta negara di Amerika. Cukup berguna bukan?

Syarat SIM Internasional

Untitled design1039 - Apa Syarat SIM Internasional yang Harus Dipenuhi?

Karena dokumen ini akan berguna dan memiliki fungsi lintas negara, maka terdapat sederet syarat dan prosedur yang harus dilalui. Serupa dengan paspor ya? Memang, karena sama seperti dokumen tersebut, SIM Internasional juga akan menunjukkan identitas Anda serta kualifikasi Anda dalam mengendarai tipe kendaraan tersentuh.

Untuk Anda yang berstatus WNI, Anda perlu melengkapi syarat-syarat berikut ini sebelum Anda bisa mendapatkan SIM yang berlaku secara internasional.

  • KTP asli dan fotokopi (sebanyak 1 lembar).
  • SIM Nasilan asli dan masih berlalu, serta fotokopinya (sebanyak 1 lembar).
  • Paspor asli dan masih berlaku, serta fotokopinya (seluruh halaman sebanyak 1 lembar).
  • Pas foto terbaru dengan ukuran 4 x 6 dengan latar belakang berwarna biru sebanyak 4 lembar. Untuk pria menggunakan pakaian rapi dan berdasi, dan wanita menggunakan blazer.
  • Satu lembar materai senilai Rp6.000.

Selain syarat berkas yang harus dilengkapi seperti yang disebutkan di atas, Anda juga harus menyiapkan sejumlah uang untuk ongkos pembuatan SIM Internasional. Untuk pembuatan SIM baru, total biaya yang harus Anda keluarkan adalah sekitar Rp250.000, sedangkan untuk perpanjangan masa berlaku adalah sebesar Rp225.000.

Cara Pembuatan SIM Internasional

Untitled design1038 - Apa Syarat SIM Internasional yang Harus Dipenuhi?

Setelah memahami syarat SIM Internasional, Anda kemudian wajib paham pula cara atau prosedur pembuatan SIM ini. Pertama, lengkapi setiap syarat SIM Internasional yang sudah dsebutkan di atas, kemudian datangi Satpas Polda di daerah Anda untuk mengajukan permohonan pembuatan SIM Internasional.

Untuk area Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa mendatangi Korlantas POLRI yang berlokasi di Jalan MT. Haryono, Kavling 37-38, Jakarta. Jam operasional yang ditetapkan adalah mulai pukul 08.30 sampai pukul 15.00 WIB.

Ambil antrian dan tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil. Serahkan setiap dokumen yang sudah disiapkan, lalu isi formulir pendaftaran yang akan diberikan oleh petugas dengan lengkap. Pastikan data yang Anda isikan lengkap dan benar sesuai dengan identitas yang Anda miliki. Pastikan juga Anda mengajukan permohonan untuk jenis golongan SIM yang benar, karena terdapat beberapa golongan SIM yang dapat dibuat.

Selanjutnya, berikan tanda tangan basah, lakukan pengambilan foto serta ikuti prosedur pemindaian sidik jari. Ini mengapa salah satu syarat SIM Internasional adalah Anda harus datang dan tidak boleh diwakilkan. Selain demi keamanan data, juga karena proses validasi yang harus dilakukan oleh Anda sendiri.

Setelah selesai melakukan perekaman tersebut, Anda bisa melakukan pembayaran sesuai prosedur yang disediakan. Idealnya proses pembuatan SIM Internasional hanya akan memakan waktu kurang dari satu jam. Jadi tidak akan menyita banyak waktu berharga Anda untuk menyiapkan berbagai hal sebelum berangkat bekerja di luar negeri dalam waktu dekat.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Kesempatan Magang di Luar Negeri, Ini 4 Tipsnya!

Memiliki SIM Internasional sebenarnya disarankan untuk Anda yang akan bekerja di luar negeri dalam waktu yang cukup lama. Pasalnya, mungkin saja dalam pekerjaan yang Anda lakukan Anda harus mengendarai kendaraan di sana dan tidak bisa menggunakan kendaraan umum. Dengan memiliki dokumen ini Anda bisa berkendara dengan legal dan resmi. Tentu saja, hal ini juga harus didukung dengan tetap memahami aturan lalu lintas yang berlaku di negara tersebut.

Memahami syarat SIM Internasional dan cara pembuatannya penting agar Anda bisa segera memiliki dokumen ini dengan prosedur yang benar. Sama halnya seperti memiliki partner layanan remitansi yang handal seperti Qelola, agar pengiriman uang yang Anda lakukan bisa berjalan efektif. Layanan remitansi yang satu ini juga menyediakan beberapa fitur lain untuk menunjang pembayaran berbagai tagihan. Unduh aplikasinya di sini sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , , ,