Keuntungan Penggunaan E Wallet dalam Kehidupan Sehari-Hari

E Wallet

E Wallet belakangan menjadi pilihan banyak orang untuk membantu aktivitas perbelanjaan yang dilakukan. Bukan tanpa sebab, cara ini semakin banyak digunakan karena semakin menjamurnya penjual yang menyediakan banyak promo untuk pembayaran menggunakan e wallet. Tak tanggung-tanggung, potongan harga yang didapat sertai cashback yang ditawarkan nilainya cukup besar.

Tapi sebenarnya apa itu e wallet? E Wallet adalah sebuah layanan yang memungkinkan Anda menyimpan uang, membayarkan uang, dan menerima uang, hingga mengirimkan uang dalam rangka transaksi yang dilakukan. Jika mungkin konsep e money terlebih dahulu dikenalkan dan menggunakan kartu khusus, cara yang satu ini hanya memanfaatkan aplikasi penyedia jasa yang bisa diunduh dengan mudah melalui smartphone Anda.

Tentu saja melihat penjelasan konsep tersebut, ada beberapa manfaat besar yang ditawarkan dalam praktek transaksi ekonomi sehari-hari. Apa saja manfaat tersebut? Simak penjelasannya di sini!

Komunitas Cashless

Untitled design961 - Keuntungan Penggunaan E Wallet dalam Kehidupan Sehari-Hari

Konsep pengurangan penggunaan uang fisik dalam transaksi yang dilakukan mulai digandrungi lantaran banyak kelebihan yang diberikan. Misalnya saja, ketika Anda hendak makan ke restoran mewah, Anda mungkin tak lagi perlu membawa uang dalam jumlah banyak. Cukup isi saja aplikasi e wallet yang Anda gunakan, dan melakukan pembayaran dengan cara elektronik.

Cashless society juga dikampanyekan dalam rangka mengurangi pembuatan uang secara fisik yang memerlukan proses yang panjang serta bahan yang tidak sedikit. Logikanya, semakin sedikit uang dalam bentuk fisik yang diperlukan, maka semakin sedikit pula efek lingkungan yang harus ditimbulkan dalam proses produksi uang. Praktis sekaligus mendukung pelestarian lingkungan.

Pelacakan Transaksi dengan Mudah

Untuk Anda yang tengah melakukan perencanaan keuangan, transaksi dengan e wallet juga akan memberikan keuntungan karena bisa membantu Anda melacak transaksi yang dilakukan. Biasanya, terdapat fitur history yang ‘mengingat’ transaksi yang dilakukan sehingga setiap pengeluaran tak akan luput dari pencatatan rutin.

Hal ini juga bisa menjadi kontrol yang baik untuk pengeluaran Anda. Misalnya dalam satu minggu Anda hanya merencanakan alokasi budget sebesar Rp1.000.000 saja, maka isikan saja jumlah tersebut pada saldo yang Anda miliki. Asalkan konsisten, Anda seharusnya tak lagi perlu melakukan top up atau pengisian karena bisa menjadi pos pengeluaran tambahan.

Tidak Hanya Barang Fisik, Tapi Juga Banyak Layanan

Untitled design960 - Keuntungan Penggunaan E Wallet dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jika jual beli yang Anda bayangkan hanya seputar pembelian makanan, atau sepatu, atau mungkin barang lain, Anda mungkin perlu berpikir ulang. Kini, belanja rutin bulanan juga sudah termasuk pada belanja token listrik, pulsa dan paket internet, serta berbagai layanan lain yang sifatnya berlangganan.

Semua transaksi ini bisa memanfaatkan fitur pembayaran pada e wallet yang Anda miliki. Semakin majunya teknologi, kini pemilik layanan e wallet juga berlomba memberikan akses luas pada berbagai jenis pembayaran agar bisa menjadi solusi utama yang digunakan pelanggannya. Jadi, tidak ada lagi cerita Anda harus datang ke kantor PLN untuk melakukan pembayaran bulanan atau pembelian token listrik. Tinggal buka aplikasi, bayar, masukkan verifikasi, dan selesai.

Cara Transaksi yang Lebih Aman

Dikatakan demikian karena Anda tak lagi perlu membawa uang dalam bentuk fisik dalam jumlah yang besar, yang justru akan meningkatkan resiko terjadinya tindak kejahatan. Karena transaksi yang dilakukan harus dengan ‘ijin’ yang sudah Anda berikan, maka idealnya tidak akan terjadi pencurian pada saldo yang ada di aplikasi e wallet Anda.

Ijin yang dimaksud adalah verifikasi yang harus dilakukan pada setiap transaksi yang terjadi. Setiap Anda akan membayarkan sesuatu dengan saldo e wallet, maka Anda wajib memasukkan kode PIN atau sejenisnya yang hanya diketahui oleh Anda. Saldo akan lebih aman dan tidak beresiko disalahgunakan oleh orang yang tidak memiliki akses pada kode yang diterapkan.

Banyak Promo pada Penggunaan E Wallet

Untitled design962 - Keuntungan Penggunaan E Wallet dalam Kehidupan Sehari-Hari

Karena masih dalam proses pengenalan dan promosi penggunaan secara luas, Anda juga bisa menikmati berbagai promo yang diberikan oleh setiap penyedia layanan. Biasanya promo diberikan dalam bentuk potongan harga atau cashback, yang akan mengurangi jumlah uang yang Anda keluarkan.

Promo ini terbukti ampuh dan bisa dengan fleksibel dimanfaatkan, baik oleh penyedia layanan atau oleh Anda sebagai pengguna. Tentu saja, promo ini dimaksudkan agar penggunaan e wallet terus meluas dan dapat menjadi satu metode pembayaran umum yang digunakan banyak orang. Maka dari itu, promo yang diberikan dapat dipastikan selalu menguntungkan Anda sebagai pengguna.

Baca Juga: 4 Tips Ini Mudahkan Anda Kirim Paket ke Luar Negeri,TKI Wajib Tahu!

Penggunaan e wallet sendiri pada kenyataannya memiliki cara yang sangat bervariasi. Tak hanya melakukan pembayaran, Anda juga dapat melakukan pengiriman uang, dari e wallet satu ke e wallet lainnya. Misalnya saja dengan Qelola, layanan remitansi buatan anak bangsa yang bisa memfasilitasi pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia, Anda bisa melakukan pengiriman saldo ke akun orang yang Anda kenal dalam menjalankan fungsinya sebagai layanan remitansi. Tentu masih banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan, dan harga yang diterapkan untuk setiap transaksi sangat murah. Unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan penggunaan e wallet untuk kegiatan sehari-hari!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,