Mau Usaha Jasa Titip Anda Sukses? Ikuti 5 Tips Jitu Ini

usaha jasa titip

Beberapa tahun terakhir, banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang memulai bisnis sampingan yaitu dengan membuka usaha jasa titip (jastip). Usaha ini memang cocok dilakukan oleh TKI, karena sistem kerjanya yang membuka penitipan barang dari luar negeri ke Indonesia. Bagi TKI yang tinggal dan bekerja di luar negeri, usaha ini tentu mudah dilakukan. Terlebih, usaha jasa titip juga dikenal sebagai bisnis yang memiliki keuntungan besar dan hanya membutuhkan modal yang kecil.

Walaupun terlihat mudah dan menguntungkan, usaha jasa titip membutuhkan kesabaran dan waktu yang ekstra. Bagi Anda yang tidak sabaran, bisnis ini mungkin hanya berjalan sebentar saja. Namun demikian, Anda tidak boleh menyerah begitu saja untuk mengembangkan peluang usaha ini. Sebab, ada banyak tips-tips ampuh yang bisa diterapkan agar usaha jasa titip Anda bisa berkembang hingga sukses. Apa saja tips-tips tersebut? Langsung cek di bawah ini.

1. Pantang Menyerah dan Berani Ambil Risiko

pretty asian woman receiving online order 8595 9661 - Mau Usaha Jasa Titip Anda Sukses? Ikuti 5 Tips Jitu Ini

Pantang menyerah dan berani ambil risiko adalah prinsip utama yang harus Anda tanamkan saat memulai bisnis. Jika prinsip ini tidak ada, Anda akan selalu merasa takut untuk gagal dan menghadapi tantangan. Pada akhirnya, usaha jasa titip Anda tidak berkembang atau bahkan selesai begitu saja. Anda tentu tidak mau hal itu terjadi bukan? Prinsip ini akan membuat Anda selalu bangkit tiap kali menemui rintangan atau kegagalan.

Selain itu, rasa pantang menyerah dapat membuat Anda semakin bekerja keras dan mampu menghilangkan rasa penat karena terlalu banyak pesanan. Dengan kedua prinsip ini, Anda bisa jauh lebih berani menghadapi pelanggan. Dengan berani mengambil risiko, Anda tidak akan menjadikan usaha ini sebagai beban, melainkan sebagai upaya untuk mengembangkan potensi diri. Tanamkan juga niat dan tekad yang kuat dalam menjalani usaha jasa titip ini. Niat dan tekad yang kuat akan membuat Anda menganggap usaha ini sebagai sebuah hobi sehingga Anda lebih nyaman menjalaninya.

2. Manajemen Waktu yang Baik

Dalam menjalankan pekerjaan atau usaha apapun, manajemen waktu merupakan hal penting yang harus Anda pikirkan. Selancar apapun usaha jasa titip Anda, jangan sampai Anda lupa mengatur waktu untuk urusan lainnya. Khususnya bagi para TKI, Anda harus tetap melakukan manajemen waktu antara bekerja, berbisnis, dan beristirahat. Jangan sampai karena sibuk berbisnis, performa kerja sebagai TKI berkurang atau bahkan tidak ada waktu istirahat untuk diri sendiri.

Untuk mengakalinya, Anda bisa membuat jadwal per minggunya untuk bekerja dan berbisnis. Misalnya, pada hari Senin sampai Jumat dari pagi sampai sore Anda bekerja. Kemudian pada hari Sabtu dan Minggu dari pagi sampai sore Anda manfaatkan untuk mencari barang-barang titipan pelanggan dan melakukan pengiriman. Di malam hari, Anda bisa meluangkan waktu untuk beristirahat atau meluangkan waktu untuk diri sendiri. Pada prinsipnya, atur waktu Anda sebaik mungkin agar Anda bisa menyeimbangkan aktivitas bisnis dengan aktivitas lainnya.

3. Strategi Pasar yang Tepat

package delivery service office 8595 9642 - Mau Usaha Jasa Titip Anda Sukses? Ikuti 5 Tips Jitu Ini

Strategi pasar yang tepat dinilai mampu meningkatkan minat beli dan target konsumen. Jika minat beli dan target konsumen meningkat, penjualan produk jasa titip Anda pun meningkat, dan bisnis Anda tentu semakin berkembang. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membuat strategi dan riset pasar terlebih dahulu sebelum memulai usaha jasa titip. Strategi dan riset pasar bisa dimulai dari hal sederhana seperti produk apa yang akan Anda pasarkan. Pastikan produk tersebut merupakan produk yang sering dicari pembeli.

Agar strategi pasar semakin tepat, carilah produk-produk yang unik dan tidak ada di Indonesia sehingga lebih menarik minat masyarakat Indonesia untuk membeli barang tersebut. Anda bisa memasarkan produk makanan atau snack khas di negara tempat Anda bekerja. Selalu lakukan update produk agar usaha jasa titip Anda terus berkembang dan tidak ketinggalan tren.

Setelah menemukan produk yang akan dipasarkan, barulah Anda memikirkan tempat belanja murah di lokasi Anda. Pikirkan berapa jarak yang harus ditempuh dari satu lokasi belanja ke lokasi belanja lainnya. Pikirkan juga cara pengiriman, transfer uang, penukaran uang, dan lain sebagainya. Dengan perencanaan yang matang dan strategi pasar yang tepat, usaha jasa titip Anda akan berkembang dan berjalan lebih efektif.

4. Gunakan Media Sosial untuk Promosi

Di era digital saat ini, media sosial memiliki peran penting sebagai wadah promosi. Sebagian besar usaha saat ini dipasarkan secara online melalui media sosial, termasuk usaha jasa titip. Media sosial dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan karena banyaknya pengguna aktif media sosial saat ini. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan media sosial untuk pemasaran. Anda bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Gunakan juga fitur-fitur beriklan di media sosial tersebut agar usaha Anda semakin dikenal banyak orang. Bagi Anda yang ingin memperluas target konsumen, Anda bisa memanfaatkan layanan e-commerce yang saat ini sedang berkembang pesat. Kuncinya, promosi di media yang tepat akan berdampak positif pada penjualan dan perkembangan usaha Anda.

5. Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

young beautiful happy asian business woman casual wear with smiley face is calling receive orders customer with laptop her startup home office sme concept 43518 297 - Mau Usaha Jasa Titip Anda Sukses? Ikuti 5 Tips Jitu Ini

Komunikasi yang baik akan membuat hubungan yang baik pula. Jadi, selalu jaga attitude dan kesopanan saat Anda berinteraksi dengan pelanggan. Terapkan istilah ‘pelanggan adalah raja’ setiap berinteraksi dengan konsumen. Meskipun sebagian pelanggan mungkin menyebalkan, banyak bertanya, atau tidak jadi membeli, tetaplah melayani mereka dengan ramah dan santun. Selalu tanamkan keyakinan pada diri Anda bahwa pelanggan yang tidak jadi membeli mungkin akan menjadi pelanggan setia di kemudian hari. Prinsipnya, jaga komunikasi yang baik dengan para konsumen agar mereka tertarik untuk melakukan pemesanan ulang dan menjadi pelanggan tetap di usaha jasa titip milik Anda.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Produk Jastip yang Populer di Malaysia

Bagaimana? Sudah siap untuk mengembangkan usaha jasa titip hingga sukses? Dalam melakukan jasa titip, jangan lupa untuk tetap disiplin mengelola keuangan dan selalu pikirkan cara efektif untuk melakukan transaksi dengan pembeli. Bagi Anda yang berada di Malaysia, pastikan Anda menggunakan aplikasi Qelola. Melalui Qelola, Anda bisa melakukan pengiriman dan penerimaan uang dari Malaysia ke Indonesia secara praktis, cepat, dan murah. Dengan Qelola, transaksi keuangan Anda selama berbisnis akan berjalan lancar dan tetap menguntungkan. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati berbagai manfaatnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,