6 Ide Usaha Sampingan Paling Menguntungkan untuk TKI

usaha sampingan

Bagi beberapa orang, bekerja sebagai TKI di luar negeri memang sangat menguntungkan. Namun meski begitu, bagi beberapa orang, memiliki gaji bulanan dan bonus, kadang kala tidak membuat mereka puas. Sebagian dari mereka masih ingin mendapatkan penghasilan lebih untuk mencukupi berbagai kebutuhan di kampung halaman atau sekedar menyalurkan hobi. Karena begitu menariknya, banyak para TKI di luar negeri yang mencari peluang usaha sampingan untuk menambah pemasukan.

Sayangnya, dari banyaknya peluang tersebut masih banyak juga yang kebingungan mencari usaha sampingan yang tepat untuk dijalankan. Berikut ini, kita bahas bersama beberapa peluang usaha sampingan untuk TKI yang mungkin dijalankan walau belum pulang ke kampung halaman.

1. Berbisnis Makanan dari Negara Asal

pexels photo 1508739 - 6 Ide Usaha Sampingan Paling Menguntungkan untuk TKI

Orang indonesia itu cukup unik, walaupun sudah jauh di negeri orang, tapi mereka cukup fanatik dengan makanan indonesia. Hal ini ditangkap oleh orang-orang yang kreatif dengan mendirikan rumah makan khas Indonesia yang bertebaran luar negeri. Namun bagi yang memiliki modal sedikit, Anda bisa juga berbisnis makanan ringan khas Indonesia seperti camilan khas daerah yang bisa dititipkan ke warung-warung Indonesia. Bagi Anda yang tinggal terpisah dari majikan bahkan bisa membuka sentra industri skala rumahan untuk produk makanan tersebut, misalnya usaha pembuatan tempe.

2. Jual Pulsa dan Paket Internet

Hidup di era digital seperti sekarang ini, membuat keberadaan pulsa maupun paket internet dianggap sangat penting sekali. Hal ini bisa menjadi peluang mudah bagi TKI untuk menjadikannya usaha sampingan. Dengan hanya bermodalkan handphone dan deposit pulsa, Anda sudah bisa menjadi penyedia jasa penjualan pulsa bagi teman-teman sesama TKI di sana. Keuntungan berjualan pulsa dan paket internet memang tidak terlalu besar, sekitar Rp500 – Rp1000 per transaksi. Tapi, faktor kali dalam penjualan pulsa sangat besar. Misalkan saja, dalam sehari ada 100 orang yang membeli pulsa berarti keuntungan yang bisa anda dapatkan Rp1000 x 100 orang = Rp100.000, keuntungan seperti ini sangat memungkinkan karena setiap orang bisa membeli pulsa lebih dari sekali dalam sehari.

3. Bisnis Pengiriman Barang

parcel paper cartons with shopping cart logo trolley laptop keyboard 9635 3199 - 6 Ide Usaha Sampingan Paling Menguntungkan untuk TKI

Banyaknya orang indonesia yang bekerja di luar negeri  dapat ditangkap sebagai peluang usaha pengiriman barang ke indonesia. Bisnis ini bukan hanya menjadi usaha sampingan lagi, tapi sudah menjadi bisnis yang menggiurkan. Anda bisa membuka layanan penjemputan barang bagi sesama TKI maupun warga Indonesia lainnya yang ingin mengirimkan barang ke tanah air. Anda bisa mengenakan tarif untuk penjemputan barang tersebut berdasarkan besarnya barang dan jarak yang harus Anda tempuh.

4. Jastip (Jasa Titip)

laptop shopping bags online shopping concept 1423 189 - 6 Ide Usaha Sampingan Paling Menguntungkan untuk TKI

Bisnis jasa titip, di era digital ini, patut Anda pertimbangkan untuk dijadikan usaha sampingan selama di luar negeri. Sistem jasa titip ini sederhana, Anda membelikan barang-barang yang diinginkan konsumen dengan menambahkan biaya administrasi yang bisa Anda tentukan sendiri. Secara teknis, Anda sama sekali tidak harus mengeluarkan modal. Karena, Anda sudah mendapat modal dari konsumen Anda. Dengan usaha ini, Anda bisa membuka jasa titip dari barang-barang unik atau makanan yang ada di negara tempat Anda bekerja untuk kemudian dikirim ke konsumen Anda di Indonesia!

5. Memberi Les Privat Sesuai Keahlian

Jika Anda memiliki keahlian khusus pada bidang tertentu, maka anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang dengan cara membuka les privat. Ada banyak jenis les privat yang bisa anda jalankan seperti les komputer, bahasa Inggris, bahkan les menjahit, hingga fotografi. Banyak sekali para TKI yang telah menjadikan les privat sebagai usaha sampingan sekaligus membantu teman mendapat tambahan keahlian.

Untuk pemasarannya, Anda bisa tawarkan pada teman dekat Anda atau melalui sosial media. Selain itu, anda juga bisa membuat brosur dengan desain yang menarik mengenai les privat milik Anda. Berikan harga perkenalan yang menarik untuk pendaftar pertama.

6. Membuka Warung Kopi

pexels photo 302899 - 6 Ide Usaha Sampingan Paling Menguntungkan untuk TKI

Membuka usaha yang bernuansa kampung halaman ketika masih di luar negeri, bukan hal yang tidak mungkin. Anda bisa mencoba usaha sampingan membuka bisnis warung kopi. Seperti yang kita tahu, Indonesia terkenal dengan citarasa kopinya yang beragam. Membuka usaha warung kopi khas Indonesia bisa jadi peluang usaha yanag akan menarik pembeli tidak hanya dari kalangan sendiri tapi juga mancanegara.

Selain itu, bagi Anda yang juga ingin memiliki usaha di kampung halaman sembari bekerja di luar negeri, ide membuka warung kopi ini bisa Anda gunakan. Dibandingkan dengan rumah makan, modal membuka warung kopi pun tidak terlalu besar. Namun, keuntungan yang didapat cukup lumayan. Anda bisa membuka warung kopi dengan konsep yang berbeda. Anda juga bisa menambahkan fasilitas yang dapat menarik minat pengunjung seperti WiFi atau hotspot, monopoli, catur, dan mainan menarik lainnya.

 

Itulah beberapa inspirasi usaha sampingan untuk TKI. Bagi TKI yang berada di Malaysia dan ingin memulai bisnis sampingan Anda, jangan lupa untuk menyisihkan dan mengatur keuangan dengan baik. Setelah keuangan Anda lancar, pastinya Anda bisa lebih sering untuk mengirimkan uang bagi keluarga di Indonesia.

Kini telah hadir aplikasi keuangan Qelola untuk mempermudah Anda melakukan transfer pengiriman bagi keluarga di Indonesia dengan biaya murah. Anda juga bisa menginvestasikan keuangan Anda pada produk keuangan reksadana Qelola. Jadikan hasil usaha sampingan Anda di luar negeri lebih berharga dengan penggunaan Qelola. Tertarik untuk mencoba? Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , , ,