Ingin Kerja di Luar Negeri? Persiapkan Dulu 6 Dokumen Ini

dokumen kerja di luar negeri

Dokumen menjadi salah satu hal yang harus Anda siapkan saat ingin kerja di luar negeri. Mengapa? Karena hal ini menyangkut legalitas keberadaan Anda di negeri orang. Jika Anda tidak memiliki salah satu dokumen yang disyaratkan, Anda bisa dideportasi dari negara tersebut. Jadi, jangan sampai melewatkan persiapan dokumen sebelum berangkat kerja ke luar negeri agar Anda bisa hidup di sana dengan aman.

Pada dasarnya, paspor menjadi dokumen utama yang harus Anda miliki selama kerja ke luar negeri. Pastikan paspor yang Anda miliki masih berlaku. Selain paspor, ada beberapa dokumen lain yang perlu Anda persiapkan. Dokumen-dokumen tersebut juga tak kalah pentingnya dengan paspor. Lalu, apa saja dokumen-dokumen itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Surat Keterangan Status Perkawinan

hand signing marriage certification 53876 14939 - Ingin Kerja di Luar Negeri? Persiapkan Dulu 6 Dokumen Ini

Jika Anda melamar pekerjaan di dalam negeri, sepertinya sangat jarang perusahaan yang mengharuskan pelamar menyertakan surat keterangan status perkawinan. Namun, berbeda cerita saat Anda akan kerja di luar negeri, khususnya jika bekerja menjadi TKI, dokumen ini menjadi syarat utama yang harus Anda miliki.

Bagi Anda yang menjadi TKI dan telah berstatus menikah, Anda harus memiliki buku nikah ketika ingin bekerja di luar negeri. Jika buku nikah Anda hilang atau rusak, maka Anda harus mengurus pembuatan akta nikah baru di KUA untuk menggantikan buku nikah yang rusak atau hilang tersebut.

Sertifikat Kompetensi Kerja

Dokumen ini menjadi syarat wajib yang harus dimiliki oleh Anda yang ingin kerja sebagai pekerja migran. Sertifikat kompetensi kerja ini disesuaikan dengan profesi yang akan Anda ambil nantinya sebagai TKI. Pada dasarnya, ada 7 macam sertifikat kompetensi sesuai dengan jumlah pekerjaan domestik yang ditetapkan pemerintah untuk TKI. Kompetensi tersebut antara lain dalam bidang asisten rumah tangga (ART), penjaga bayi, tukang masak, pengurus lansia, penjaga anak, sopir pribadi, dan tukang kebun. Jangan khawatir, Anda tidak perlu memiliki semua sertifikat tersebut. Anda hanya perlu mempersiapkan satu sertifikat sesuai dengan kompetensi yang Anda miliki.

Surat Keterangan Izin dari Suami/Istri

working woman has meeting with young man office 1150 15427 - Ingin Kerja di Luar Negeri? Persiapkan Dulu 6 Dokumen Ini

Dokumen wajib lainnya yang harus Anda persiapkan untuk dapat bekerja ke luar negeri adalah Surat izin dari suami/istri. Bagi pria yang sudah menikah, wajib memiliki surat keterangan mendapatkan izin dari istri untuk bekerja di luar negeri. Sementara untuk perempuan yang ingin menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW), wajib memiliki surat izin dari suami. Bagi yang masih lajang, yang sudah janda ataupun duda, Anda bisa mendapatkan surat keterangan izin dari orang tua atau wali.

Baca Juga: Bingung Cara Pindah ke Luar Negeri? Persiapkan 8 Hal Ini

Surat Keterangan Sehat

Ini dokumen penting yang tidak boleh Anda sepelekan saat kerja di luar negeri. Anda harus mendapatkan surat kesehatan sehat yang valid dari dokter. Tujuan surat keterangan ini adalah untuk memastikan Anda tidak memiliki penyakit berat saat bekerja ke luar negeri. Minimal, Anda bisa tahu dengan pasti masalah kesehatan apa yang bisa mengganggu aktivitas Anda.

Anda bisa mendapatkan surat keterangan sehat dengan cara memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh di rumah sakit atau dokter terdekat. Model pemeriksaannya seperti medical check up. Seluruh bagian tubuh akan mendapat pemeriksaan agar Anda bisa dinyatakan sehat sebelum berangkat bekerja ke luar negeri.

Visa Kerja

visa application form travel immigration 36325 171 - Ingin Kerja di Luar Negeri? Persiapkan Dulu 6 Dokumen Ini

Visa adalah dokumen resmi yang berfungsi sebagai tanda izin seseorang diperbolehkan masuk ke wilayah negara terkait. Jika Anda ke luar negeri untuk bekerja, maka Anda wajib mempersiapkan Visa Kerja. Pastikan visa Anda masih berlaku dan sesuai dengan tujuan negara Anda. Saat berada di luar negeri, Anda wajib lapor diri dan memperbarui dokumen ini ke Kantor Perwakilan Republik Indonesia yang ada negara tujuan. Hal tersebut wajib Anda lakukan untuk menghindari masalah administratif selama bekerja di sana.

Perjanjian Penempatan Kerja dan Perjanjian Kerja

Dokumen perjanjian ini pada dasarnya berisi tentang pelaksanaan hak dan kewajiban masing masing pihak. Perjanjian Penempatan Kerja merupakan perjanjian tertulis antara pelaksana penempatan pekerja dan calon pekerja yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak mengenai penempatan kerja di negara tujuan. Sementara itu, Perjanjian Kerja merupakan perjanjian tertulis antara pekerja dan pengguna jasa yang memuat syarat-syarat kerja, serta hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Perjanjian Kerja harus memuat identitas pengguna jasa, identitas pekerja, jabatan dan jenis pekerjaan, hak dan kewajiban para pihak, rincian syarat kerja, jangka waktu perjanjian, serta penyelesaian sengketa. Melalui Perjanjian Kerja ini, Anda bisa menjamin pekerjaan yang Anda lakukan di luar negeri aman. Selain itu, Anda bisa melaporkan jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak sesuai perjanjian tersebut.

Demikian ulasan mengenai dokumen apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum kerja di luar negeri. Dokumen-dokumen di atas adalah persyaratan secara umum saja sehingga memungkinkan adanya dokumen tambahan tergantung negara tujuan dan jenis pekerjaan yang Anda lamar. Saat bekerja di luar negeri, pastikan Anda membawa dokumen tersebut. Jangan lupa untuk membuat salinan setiap dokumen, kemudian simpan di rumah atau di tempat yang aman. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika salinan dokumen dibutuhkan sewaktu-waktu.

Pada prinsipnya, persiapan yang matang sebelum bekerja di luar negeri perlu dilakukan agar Anda bisa bermigrasi dan bekerja secara aman dan legal. Tak cukup hanya dengan memastikan kelengkapan dokumen, Anda juga perlu memastikan transaksi keuangan dari luar negeri ke Indonesia dapat dilakukan dengan lancar.

Jika negara tujuan Anda bekerja adalah Malaysia, pastikan Anda menggunakan layanan keuangan Qelola. Layanan keuangan Qelola akan memudahkan Anda melakukan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia hanya melalui satu aplikasi. Proses transaksi dilakukan secara real-time dengan biaya yang terjangkau. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan top up saldo agar Anda bisa merasakan manfaat maksimal dari berbagai fiturnya.

Tags: , , , , , , , ,