Ingin Mundur dari Pekerjaan? Pastikan Anda Menyiapkan Surat Resign

surat resign

Pada umumnya, surat resign berisi pernyataan resmi yang menyatakan bahwa Anda sebagai pekerja ingin atau akan mengundurkan diri dari tempat Anda bekerja. Keinginan resign Anda tentu disebabkan oleh berbagai alasan. Misalnya tidak lagi satu visi dan misi dengan tempat Anda bekerja. Atau faktor-faktor lingkungan kerja yang tidak lagi kondusif, dan lain sebagainya. Apapun alasannya, pastikan niat Anda mundur dari pekerjaan sudah matang. Sehingga Anda tidak akan menyesal di kemudian hari karena telah memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan Anda tersebut.

Biasanya surat resign atau surat pengunduran diri diajukan dalam selang waktu 1 bulan sebelum Anda benar-benar berhenti dari suatu pekerjaan. Lalu yang penting untuk diketahui adalah dengan mengirimkan surat tersebut, tidak serta-merta mengindikasikan bahwa rencana Anda untuk mengundurkan diri dapat langsung disetujui. Karena ada berbagai faktor yang mungkin menjadi pertimbangan surat pengunduran diri Anda ditolak oleh atasan langsung maupun pihak HRD. Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Ingin Kerja di Malaysia? Intip Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Cara Bijak Mengajukan Surat Resign

surat resign 1 - Ingin Mundur dari Pekerjaan? Pastikan Anda Menyiapkan Surat Resign

Mengajukan permohonan resign dari pekerjaan tentunya harus dilakukan dengan bijaksana dan tetap menjaga profesionalitas. Resign dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan prosedur akan membuat Anda sebagai pekerja dan pihak pemberi kerja merasa nyaman. Pihak pemberi kerja akan merasa dihargai dan dihormati. Sementara Anda juga akan tenang setelah berhenti bekerja karena tetap bisa menjaga hubungan baik. Berikut ini ada beberapa tips agar pihak pemberi kerja menyetujui permintaan pengunduran diri Anda.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyampaikan secara langsung kepada atasan Anda.
  • Sampaikan keinginan resign Anda tersebut sejak jauh hari dan tidak secara mendadak.
  • Berikan alasan yang jelas, tepat, dan realistis kenapa Anda ingin mengundurkan diri. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih untuk semua pengalaman dan peluang yang telah diberikan oleh atasan selama Anda bekerja di sana.
  • Selain disampaikan secara langsung kepada atasan, Anda juga perlu menyampaikan permohonan mengundurkan diri tersebut secara tertulis, yaitu berupa surat resign.
  • Setelah permohonan resign Anda diterima dan disetujui, jika pihak pemberi kerja meminta Anda membantu mencari pengganti Anda, maka lakukan dengan senang hati dan sungguh-sungguh.
  • Tetaplah bekerja dengan baik dan sepenuh hati hingga hari terakhir Anda bekerja.
  • Sebelum benar-benar meninggalkan tempat kerja, Anda harus menyelesaikan semua tugas dan kewajiban Anda sebagai pekerja.
  • Selain menyelesaikan tugas dan kewajiban pekerjaan, Anda juga wajib membayar lunas jika memiliki hutang. Baik hutang kepada pihak pemberi kerja maupun pada rekan kerja.
  • Barang-barang inventaris yang diberikan oleh pihak pemberi kerja yang selama ini digunakan untuk menunjang pekerjaan Anda, wajib Anda kembalikan.
  • Minta paklaring atau surat keterangan pengalaman kerja. Ada banyak manfaat penting dari dokumen tersebut setelah nanti Anda berhenti bekerja. 
  • Ketika sudah hari terakhir bekerja, jangan lupa untuk berpamitan dengan atasan dan rekan kerja Anda. 

Panduan Menyiapkan Surat Resign

surat resign 2 - Ingin Mundur dari Pekerjaan? Pastikan Anda Menyiapkan Surat Resign

Surat pengunduran diri bukan merupakan sembarangan surat yang dibuat tanpa ketentuan tertentu. Sebaiknya, surat pengunduran diri dibuat tidak terlalu panjang ataupun rumit. Buatlah surat tersebut secara singkat dan sederhana, tapi mengungkapkan keinginan Anda untuk mengundurkan diri dari posisi Anda terakhir.

Surat pengunduran diri sebaiknya juga ditulis dengan positif, meskipun sebenarnya Anda sudah mengalami hal buruk di tempat kerja. Selain itu, surat pengunduran diri yang Anda buat juga harus berisi informasi kapan Anda akan meninggalkan tempat kerja tersebut. Tujuannya adalah agar pihak pemberi kerja dapat mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dengan baik. Anda juga bisa menambahkan keterangan bahwa Anda senang bekerja di sana. Dan jangan lupa juga untuk berterima kasih karena telah mendapatkan pengalaman luar biasa dari sana.

Struktur Surat Resign

surat resign 3 - Ingin Mundur dari Pekerjaan? Pastikan Anda Menyiapkan Surat Resign

Berikut ini adalah struktur penulisan surat pengunduran diri yang perlu Anda cermati:

  1. Header. Mulailah dengan informasi kontak Anda dan atasan siapa saja yang Anda tuju. Jangan lupa untuk menyertai tanggal pembuatan surat tersebut.
  2. Salam. Tuliskan kepada siapa tujuan surat tersebut secara jelas.
  3. Paragraf. Utarakan bahwa Anda bermaksud mengundurkan diri, beserta tanggal Anda akan meninggalkan tempat kerja. Jika memungkinkan, beritahukan apa alasan Anda kenapa meninggalkan pekerjaan tersebut. Informasikan bahwa Anda bersedia untuk membantu dalam hal peralihan tugas kepada pekerja yang baru. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan bekerja, termasuk juga hal-hal baik yang Anda rasakan di tempat kerja tersebut.
  4. Permintaan jika Anda membutuhkan referensi.
  5. Penutup dan tanda tangan.

Hal penting lainnya adalah hindari untuk mengajukan surat pengunduran diri jika Anda masih belum yakin dengan keputusan tersebut. Termasuk, jika tujuan Anda ingin mundur adalah hanya karena gaji. Masalah gaji, sebenarnya Anda tidak perlu terburu-buru untuk mengundurkan diri dan mengajukan surat resign. Karena Anda bisa berdiskusi dengan atasan. Bisa jadi ada jalan keluar selain Anda harus mengundurkan diri.

Masalah gaji memang menjadi salah satu faktor penting bagi setiap pekerja dalam memilih pekerjaan. Seperti halnya Anda yang lebih memilih untuk bekerja di luar negeri agar mendapatkan gaji yang lebih tinggi jika dibandingkan bekerja di tanah air, bukan? Sebagai pekerja migran, pastikan Anda mengelola keuangan sebaik mungkin. Agar kepergian Anda bekerja ke luar negeri membuahkan hasil yang nyata. Sembari bekerja di luar negeri, Anda dapat mengirimkan sebagian hasil kerja Anda pada keluarga di tanah air untuk memenuhi segala kebutuhan dan berinvestasi.

Untuk urusan kirim uang antar negara, Anda bisa menggunakan layanan Qelola yang bisa Anda akses kapan saja. Biaya kirim uang dari Malaysia ke Indonesia hanya RM2 ditambah promo potongan hingga 30%, lho! Tunggu apa lagi, unduh Qelola di Google Play sekarang juga.

Tags: , , , , , ,