Tips Cerdas Mendapatkan dan Menggunakan Surat Referensi Kerja 

Surat referensi kerja

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan surat referensi kerja? Surat referensi atau yang lebih dikenal dengan surat pengalaman kerja merupakan surat pernyataan yang berhubungan dengan berakhirnya hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. Pihak yang membuat surat tersebut adalah perusahaan yang sebelumnya mempekerjakan Anda. Biasanya diwakili oleh manajer HRD perusahaan.

Baca juga: Fungsi dan Cara Membuat Surat Keterangan Pernah Bekerja, Sudah Tahu?

Isi Surat Referensi Kerja

Surat referensi ini pada umumnya berisi keterangan bahwa Anda telah bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan, lamanya Anda bekerja, informasi pekerjaan atau job description yang Anda lakukan, bagaimana Anda melakukan pekerjaan, alasan atau penyebab berakhirnya hubungan kerja antara perusahaan dengan karyawan, serta ucapan terima kasih perusahaan atas kontribusi karyawan selama masa kerjanya.

Namun ternyata surat referensi tidak selalu diberikan oleh perusahaan. Meskipun demikian, ketika karyawan mengajukan permintaan akan surat tersebut, maka sebagian besar akan memberikannya apalagi jika sudah berkontribusi baik pada perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tips cerdas bagaimana agar Anda mudah untuk mendapatkan surat referensi kerja.

1. Mengajukan Pengunduran Diri Jauh Hari

surat refensi kerja 1 700x463 - Tips Cerdas Mendapatkan dan Menggunakan Surat Referensi Kerja 

Banyak para pekerja dari generasi milenial yang kerap gegabah saat memutuskan untuk berhenti bekerja tanpa persiapan matang. Misalnya saja atasan yang menyebalkan atau beban pekerjaan yang dianggap terlalu berlebihan. Mereka kemudian langsung saja berhenti dari pekerjaannya tanpa proses yang sesuai prosedur.

Jangan sampai Anda melakukan hal yang sama jika Anda berniat ingin mengundurkan diri dan mengharapkan diberikan surat pengalaman kerja. Anda sebaiknya menyampaikan niat pengunduran diri Anda jauh-jauh hari, dan mengajukan surat pengunduran diri yang resmi. Dengan begitu, perusahaan tidak akan segan untuk memberikan surat pengalaman kerja kepada Anda. Karena surat pengalaman kerja merupakan dokumen yang penting dan berpengaruh untuk masa depan Anda nantinya. 

2. Meminta ke Bagian HRD Perusahaan

Untitled design 6 1 - Tips Cerdas Mendapatkan dan Menggunakan Surat Referensi Kerja 

Untuk mendapatkan surat pengalaman kerja, Anda bisa memintanya kepada pihak terkait. Pada umumnya, Anda menemui bagian HRD perusahaan yang kemudian akan dibuat oleh sekretaris perusahaan. Anda tidak perlu sungkan untuk mengajukan permintaan surat pengalaman kerja. Karena surat tersebut merupakan salah satu hak Anda sebagai karyawan.

Bahkan ada pula perusahaan yang memiliki kebijakan untuk membagikan surat pengalaman kerja kepada karyawannya ketika akan berhenti tanpa diminta terlebih dahulu. Anda memang harus mendapatkan surat pengalaman kerja secara resmi. Sehingga, surat tersebut nantinya dapat Anda gunakan untuk mengurus berbagai keperluan penting. Jadi, sebagai karyawan yang akan meninggalkan perusahaan Anda tidak boleh mengabaikan keberadaan surat referensi kerja ini. Jangan sampai hanya karena malas menemui bagian HRD untuk mengurus surat ini, Anda akan menyesal dikemudian hari.

Perlunya Mengurus Surat Referensi Kerja

surat refensi kerja 3 700x465 - Tips Cerdas Mendapatkan dan Menggunakan Surat Referensi Kerja 

Tentu saja ada beberapa dokumen yang disyaratkan ketika akan melamar pekerjaan. Selain CV, surat lamaran kerja, ijazah, ternyata surat pengalaman kerja bagi yang sudah berpengalaman juga sangat penting. Memang surat pengalaman kerja biasanya tidak diharuskan, apalagi bagi yang masih berstatus fresh graduate. Namun keberadaan surat pengalaman kerja akan memberikan nilai lebih bagi Anda sebagai pelamar kerja.

Dengan memberikan surat pengalaman kerja, maka akan menjadi jaminan terhadap keahlian yang telah Anda dapatkan tahun-tahun belakangan. Surat pengalaman kerja merupakan salah satu surat keterangan yang bermanfaat. Berikut ini beberapa alasan kenapa Anda memang harus mendapatkan surat tersebut:

  1. Surat referensi kerja dapat menunjukkan kinerja Anda sebagai karyawan.
  2. Sebagai bentuk apresiasi dari perusahaan kepada Anda sebagai karyawan.
  3. Sebagai salah satu surat resmi, maka surat referensi kerja juga bisa digunakan untuk mencairkan tunjangan di lembaga ketenagakerjaan.
  4. Informasi yang dimuat di dalam surat referensi adalah identitas, jabatan, durasi atau masa kerja karyawan.

Surat Referensi Penting Bagi Setiap Karyawan

Surat referensi kerja biasanya memang lebih dikenal dengan surat pengalaman kerja atau surat keterangan kerja. Mengapa surat ini sangat penting jika Anda ingin melamar pekerjaan di tempat lain? Karena melalui surat referensi kerja itulah, perusahaan dapat mempertimbangkan kemampuan Anda. Pastikan Anda sudah memperhitungkan masalah finansial Anda sebelum benar-benar memutuskan untuk mengundurkan diri. Selain untuk melamar kerja ditempat kerja yang baru, surat ini juga dapat digunakan untuk melengkapi berkas persyaratan beasiswa, pengajuan kartu kredit, dan masih banyak lagi. 

Bagaimanapun, masalah finansial memang harus dikelola sebaik mungkin. Jika tidak, Anda akan kelabakan jika keuangan Anda terus berkurang sementara masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Agar Anda lebih mudah untuk membagi dana Anda untuk kebutuhan-kebutuhan yang harus Anda bayarkan, gunakan bantuan aplikasi khusus seperti Qelola. Dengan aplikasi ini, Anda akan lebih cepat dan mudah membayar tagihan, transfer ke luar negeri, dan banyak fitur lainnya. Tagihan listrik, tagihan PDAM, tagihan BPJS, bisa Anda bayarkan tepat waktu tanpa repot hanya melalui smartphone pribadi Anda. Menggunakan aplikasi Qelola tidak akan ada ruginya, malah Anda dapat menikmati berbagai keuntungannya. Anda masih ragu? Unduh sekarang dan segera nikmati berbagai kemudahannya.

Tags: , , , , , ,