Bisakah TKI Membuka Rekening Bank di Malaysia? Ini Caranya

rekening malaysia

Memiliki rekening bank di negara penempatan sangatlah penting bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Sebab, tabungan di bank merupakan tempat penyimpanan uang utama yang diperoleh dari hasil kerja di sana. Menyimpan uang di jasa layanan keuangan seperti bank dinilai lebih aman dan tidak rentan hilang jika dibandingkan dengan menyimpan uang dalam bentuk tunai di rumah. Mempunyai rekening bank bagi TKI di Malaysia juga berguna untuk mempermudah proses pengiriman uang dan membayar tagihan ke Indonesia.

Sayangnya, banyak TKI yang kerap mengalami kesulitan saat akan membuka rekening bank di Malaysia. Persyaratan yang cukup banyak dan pengawasan dari bank yang cukup ketat membuat tak semua TKI bisa membuka rekening di negeri Jiran ini. Banyak faktor yang membuat pekerja migran Indonesia tidak bisa memiliki rekening bank di Malaysia, salah satunya adalah ketiadaan permit kerja atau nama majikan yang tidak sesuai dengan yang tertera di permit kerja. Umumnya, TKI yang tidak bisa membuka rekening di negara penempatan akan diberi pinjaman salah satu rekening majikan yang tidak terpakai untuk sementara waktu. Namun, jika Anda tetap ingin mencoba membuka rekening bank di Malaysia, Anda bisa mengetahui bagaimana cara membuatnya dari ulasan berikut ini.

Syarat Membuka Rekening Bank di Malaysia

meeting with business partner 1098 19613 - Bisakah TKI Membuka Rekening Bank di Malaysia? Ini Caranya

Sebelum datang ke bank di Malaysia dan membuat rekening, Anda perlu mengetahui syarat apa saja yang harus Anda penuhi. Hal ini berguna untuk mengurangi kemungkinan Anda gagal dalam membuka rekening. Berikut adalah 3 syarat utama yang harus Anda penuhi:

  • Paspor

Paspor menjadi syarat wajib untuk membuka rekening di luar negeri. Paspor berfungsi sebagai tanda pengenal atau identitas Anda sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Dokumen ini bersifat internasional, maka Anda wajib membawa paspor Indonesia saat mengurus berbagai hal yang mengharuskan Anda menunjukkan dokumen atau kartu identitas.

  • Surat Referensi Kerja atau Permit Kerja

Surat referensi kerja atau permit kerja menjadi syarat wajib yang harus dimiliki WNI yang bekerja di Malaysia. Permit ini memberikan keterangan bahwa Anda memang bekerja dan mendapatkan permintaan bekerja sebagai TKI di Malaysia. Surat ini berfungsi untuk menerangkan hal-hal yang mengharuskan Anda membuka rekening bank di Malaysia. Bukan hanya itu, surat referensi atau permit kerja harus mencantumkan identitas pemberi kerja seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk melakukan verifikasi.

  • Setoran Awal

Seperti membuka rekening di Indonesia, bank di Malaysia juga mewajibkan Anda untuk memiliki setoran awal. Secara umum, nominal setoran awal bank di Malaysia sekitar RM50 hingga RM100. Jika majikan tempat Anda bekerja mengharuskan Anda memiliki rekening bank di Malaysia, biasanya mereka akan memberikan uang untuk rekening bank setoran awal tersebut. Namun, jika membuat rekening adalah inisiatif Anda, sebaiknya Anda menyisihkan uang untuk memenuhi syarat ini.

Dokumen yang Harus Dibawa

office worker thinking 1098 21359 - Bisakah TKI Membuka Rekening Bank di Malaysia? Ini Caranya

Dalam proses pembuatan rekening di bank, sudah semestinya Anda membawa beberapa dokumen yang diperlukan untuk mendukung kelancaran proses tersebut. Berikut ini beberapa dokumen yang perlu Anda bawa saat akan membuka rekening bank di Malaysia.

  1. Paspor.
  2. Permit kerja yang sah.
  3. Satu dokumen tambahan seperti e-kad, sebuah kartu identitas sementara bagi pekerja asing di Malaysia.

Dokumen yang harus dibawa saat membuka rekening memang terbilang sedikit, namun Anda perlu mengetahui hal ini agar memiliki persiapan yang matang. Ketentuan yang diterapkan berbagai bank di Malaysia mungkin berbeda-beda, sebaiknya Anda menghubungi pihak bank lebih lanjut untuk mendapatkan informasi tentang ketentuan pembuatan rekening secara jelas.

Cara dan Proses Membuka Rekening Bank di Malaysia

sign here 1098 21919 - Bisakah TKI Membuka Rekening Bank di Malaysia? Ini Caranya

Setelah mengetahui persyaratan dan dokumen apa saja yang harus Anda bawa, selanjutnya adalah mengetahui cara membuat rekening bank di Malaysia yang benar. Berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti:

  1. Minta permit kerja atau surat referensi dari majikan atau perusahaan tempat Anda bekerja. Hal ini dikarenakan rekening bank hanya boleh dibuat oleh warga asing yang memiliki permit kerja atau surat referensi dari majikan atau perusahaan tempat Anda bekerja.
  2. Pilih bank yang sama dengan majikan atau perusahaan tempat Anda bekerja.
  3. Datang ke bank yang Anda pilih, bawa semua dokumen yang diperlukan.
  4. Isi formulir yang tersedia di bank.
  5. Setelah mengisi formulir, pihak bank umumnya akan melakukan verifikasi dokumen Anda dengan menghubungi majikan atau perusahaan tempat Anda bekerja.
  6. Serahkan dana atau setoran awal sebagai syarat membuka rekening.
  7. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan kartu ATM. Anda bisa mengaktifkan kartu ATM, mendaftar mobile banking atau internet banking untuk memudahkan proses transaksi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti saat membuat rekening bank di Malaysia. Umumnya, para TKI membuka rekening di negara penempatan untuk memudahkan proses transaksi. Bagi Anda yang berada di Malaysia, selain membuka rekening, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mendukung kelancaran transaksi di sana. Layanan keuangan Qelola dapat membantu Anda melakukan kiriman uang ke Indonesia secara praktis dan mudah. Tak hanya transfer uang, Anda juga bisa membayar tagihan seperti listrik, air, BPJS, hingga membeli voucher game melalui aplikasi Qelola. Tunggu apalagi? Yuk, segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga di sini.

Tags: , , , , ,