Remittance Adalah Layanan Transfer Uang yang Menarik untuk Anda Coba

remittance adalah

Remittance adalah bentuk layanan pengiriman atau transfer uang dalam valuta asing dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya. Layanan ini biasanya dilakukan oleh lembaga keuangan, baik bank maupun non-bank. Layanan remmitance bisa diakses oleh semua elemen masyarakat. Di era perkembangan teknologi saat ini, remmitance adalah solusi bagi masyarakat yang akan mengirimkan uang ke dalam maupun luar negeri. Layanan remittance menjadi faktor kelancaran perdagangan internasional dan membantu orang tua melakukan transfer uang untuk anaknya yang menempuh pendidikan di luar negeri. Remittance juga memudahkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang perlu mengirimkan uang ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Transfer uang baik dari dalam maupun luar negeri semakin didukung oleh teknologi keuangan yang semakin canggih seperti remittance.

Jenis-Jenis Remittance

Seperti definisinya, remittance adalah layanan transfer uang dari dalam dan dari luar negeri. Maka, jenis layanan remittance menyediakan layanan 2 (dua) arah, yakni dari dalam dan dari luar negeri. Remittance adalah layanan yang bisa digunakan untuk mengirimkan uang keluar negeri dan menerima uang dari luar negeri. Adapun jenis remittance dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, antara lain:

  1. Pengiriman Uang ke Luar Negeri (Outgoing/Outward Remittance)

Jenis remittance ini adalah layanan pengiriman atau transfer uang dari dalam negeri ke bank luar negeri yang diterima dalam bentuk valuta asing.  Umumnya, jenis ini digunakan oleh orang tua yang menyekolahkan anaknya di luar negeri. Mereka menjadi lebih mudah dalam mengirimkan uang untuk biaya pendidikan atau biaya hidup anaknya di luar negeri.

Hampir semua bank di Indonesia menyediakan layanan remittance ini. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan nasabah atau non-nasabah, bank menyediakan layanan ini untuk keperluan bisnis. Oleh karena itu, banyak bank yang menawarkan layanan ini dengan berbagai keunggulannya masing-masing, mulai fleksibel, mudah, biaya rendah, hingga kurs yang mampu bersaing.

  1. Pengiriman Uang dari Luar Negeri (Incoming Remittance)

Remittance jenis ini adalah kebalikan dari layanan sebelumnya. Jenis ini lebih mengutamakan pengiriman uang dari luar negeri atau penerimaan uang dari luar negeri. Uang yang diterima nantinya dalam bentuk mata uang asing, baik yang masih berbentuk mata uang asing atau yang telah ditukarkan dalam bentuk rupiah. Layanan ini sering digunakan oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk melakukan pengiriman uang ke keluarganya di Indonesia.

child holding yellow dollar sign 1150 18571 - Remittance Adalah Layanan Transfer Uang yang Menarik untuk Anda Coba

Mekanisme Remittance

Prosedur atau mekanisme penggunaan layanan remittance di semua bank umumnya hampir sama. Alur mekanisme remittance adalah sebagai berikut:

  1. Pengirim baik nasabah maupun non-nasabah mendatangi kantor bank yang menyediakan layanan remittance.
  2. Pihak bank memberikan formulir transfer uang yang di dalamnya berisi informasi tentang jumlah atau nominal uang yang akan dikirimkan, identitas pengirim, identitas penerima, termasuk bank tujuan penerima kiriman uang tersebut.
  3. Isilah formulir pengiriman uang itu sesuai dengan data dan kondisi sesungguhnya.
  4. Setelah itu, pihak bank pengirim memproses permintaan remittance uang, yang dikirim dalam bentuk valuta asing. Uang bisa didebet dari tabungan valas pengirim jika pengirim merupakan nasabah dari bank terkait. Sementara bagi pengirim yang non-nasabah, maka valuta asing yang akan dikirimkan disetorkan langsung kepada pihak bank.
  5. Bank pengirim akan memproses permintaan remittance dengan menunjuk bank koresponden yang menjadi penghubung dengan bank tujuan yang akan menerima uang.
  6. Bank tujuan yang menerima kiriman uang akan meneruskan kepada pihak yang berhak menerima sesuai dengan instruksi dari pihak yang mengirimkan uang.

piles coin money with arrow 23 2148445424 - Remittance Adalah Layanan Transfer Uang yang Menarik untuk Anda Coba

Komponen Remittance

Remittance adalah bentuk layanan pengiriman uang dalam lingkup internasional. Maka, proses pengiriman tersebut tidak hanya melibatkan bank dalam negeri, namun juga bank luar negeri. Umumnya, ada 4 (empat) komponen yang terlibat dalam layanan ini, antara lain:

  1. Beneficiary, yaitu pihak yang namanya tertera dalam formulir aplikasi remittance. Pihak ini berhak menerima uang yang dikirimkan sesuai dengan instruksi pengirim.
  2. Beneficiary bank, yaitu bank tujuan yang ditunjuk untuk menerima pengiriman uang dari bank lain. Bank tujuan kemudian meneruskan ke pihak yang berhak menerima sesuai dengan permintaan atau instruksi pengirim.
  3. Remitting bank, yaitu bank yang menyediakan layanan remittance. Bank ini bertugas melakukan pengiriman uang ke bank lain sesuai dengan permintaan dan instruksi pengirim.
  4. Correspondent bank, yaitu bank koresponden atau bank perantara. Perannya adalah menjadi penghubung antara bank asal yang mengirimkan uang (remitting bank) dengan bank tujuan yang menerima pengiriman uang (beneficiary bank).

Hambatan Remittance Adalah Proses yang Lama

money transfer background 115579 992 - Remittance Adalah Layanan Transfer Uang yang Menarik untuk Anda Coba

Walau terbilang mendukung dan memudahkan masyarakat dalam melakukan pengiriman uang di skala internasional, layanan remittance juga memiliki hambatan dalam prosesnya. Transfer uang dalam skala internasional melalui layanan remittance tidak sesederhana transfer uang antarbank di dalam negeri. Proses remmitance membutuhkan waktu yang cukup lama. Prosesnya lebih dari 24 jam agar uang tersebut sampai tujuan ke pihak penerima. Hal ini disebabkan adanya perbedaan sistem perbankan luar negeri dan perbankan di Indonesia. Jika perbankan Indonesia menganut sistem Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), bank di luar negeri menganut sistem International Bank Account Number (IBAN)

Proses pengiriman uang yang lama tentu bisa menjadi masalah tersendiri. Jika uang yang akan dikirim tidak untuk keperluan yang mendadak, mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, akan berbeda jika uang yang dikirim harus diterima secepatnya, misalnya untuk membayar tagihan. Jika Anda berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan layanan aplikasi Qelola sebagai solusi.

Qelola merupakan layanan remittance terbaru berupa aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dan sebaliknya secara cepat dan mudah. Melalui Qelola, Anda bisa melakukan transfer uang kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Qelola di smartphone. Qelola menawarkan layanan yang beragam, seperti e-wallet, transfer uang, dan layanan multi-billing untuk pembayaran segala kebutuhan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi yang dilakukan akan berjalan semakin mudah. Cara yang digunakan pun tidak rumit, cukup unduh aplikasi Qelola, registrasi, isi data, dan mulai bertransaksi. Tertarik untuk mencoba? Unduh aplikasi Qelola sekarang juga dengan klik di sini.

 

Tags: , , , , ,