5 Tips Terhindar dari Incaran Kurir Narkoba Antar Negara

Kurir Narkoba

Jika Anda mencermati, belakangan cukup marak terjadi kasus TKI yang tertangkap membawa narkoba pada barang bawaannya ketika masuk ke Indonesia atau masuk ke negara tempat ia bekerja. Kebanyakan, hal ini terjadi karena ulah oknum kurir narkoba yang dengan sengaja menitipkan paket atau barang pada TKI tersebut dengan alasan akan mengambilnya nanti.

Modus seperti ini sebenarnya bukan hal yang baru dalam dunia TKI dan imigrasi. Namun demikian, semakin maraknya kasus penyelundupan narkoba oleh oknum jahat seperti itu tentu merugikan TKI. TKI yang tidak tahu menahu perihal barang tersebut dapat dipidana atas tuduhan penyelundupan barang dan narkoba. Sebagai TKI, Anda perlu mengambil sikap bijak terkait hal ini.

Terdapat beberapa langkah preventif yang bisa Anda lakukan agar tidak tersandung kasus seperti ini. Apa saja langkah tersebut?

Baca Juga : Jastip adalah Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan untuk TKI

Tingkatkan Kewaspadaan dan Selalu Berhati-Hati

alert - 5 Tips Terhindar dari Incaran Kurir Narkoba Antar Negara

Dalam menjalankan aksinya, kurir narkoba dengan modus ini biasanya akan memanfaatkan kekurangtahuan Anda sebagai TKI akan barang yang dititipkan. Agar tidak menjadi korban dalam kasus ini, sangat disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati dalam menerima barang titipan dari orang lain.

Sebisa mungkin hindari membawa barang yang dititipkan orang asing pada Anda ketika berada di bandara. Tanpa bermaksud tidak mau menolong, namun hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir resiko adanya barang terlarang dalam paket tersebut. Jika Anda terus ditekan oleh oknum tertentu, sarankan oknum tersebut untuk meminta tolong pada petugas keamanan bandara.

Selektif dalam Lingkaran Pertemanan

Jika Anda merupakan TKI yang sudah cukup berpengalaman, Anda akan memiliki lingkaran pergaulan sesama TKI yang dapat Anda percaya. Bilamana ada orang baru yang tiba-tiba bersikap baik, Anda harus menyelidiki apa maksud dari orang tersebut. Hampir setiap kejadian yang mengorbankan TKI sebagai pembawa narkoba diawali dari sikap baik dan janji manis dari orang yang baru dikenal.

Carilah informasi mengenai orang baru tersebut. Jika ingin masuk ke dalam lingkaran pertemanan Anda, sebaiknya Anda dan teman-teman menjadi sedikit lebih selektif dan memastikan dahulu asal-usul dan maksud dari orang baru ini. Jangan sampai lingkaran Anda disusupi kurir narkoba yang tengah menjadi korban untuk dititipi paket barang terlarang.

Pastikan Legalitas Setiap Barang Bawaan

Untitled design113 - 5 Tips Terhindar dari Incaran Kurir Narkoba Antar Negara

Setiap akan berangkat ke negara tujuan dan pulang ke tanah air, pastikan setiap barang bawaan yang Anda bawa adalah barang yang legal. Bawa dokumen yang diperlukan terkait barang jika memang ada, dan periksa legalitasnya pada petugas yang berwajib. Cara ini mungkin cara yang sederhana, namun dapat mengurangi resiko adanya titipan atau barang yang tidak boleh dibawa.

Ketika ada teman yang ingin menitipkan barang karena ia tak bisa ikut berangkat, pastikan isi dari titipan tersebut. Jika memang diperlukan, Anda bisa meminta teman Anda untuk membuka barang yang dititipkan terlebih dahulu agar Anda benar-benar tahu apa yang menjadi barang titipannya.

Jangan Tergiur Imbalan Besar

Faktor ekonomi juga jadi salah satu celah yang acap kali dimanfaatkan oleh kurir narkoba untuk mencari mangsa. Biasanya, kurir narkoba yang akan menitipkan barangnya memberikan iming-iming upah atau imbalan besar ketika barang bisa sampai ke negara tujuan. Namun dengan syarat Anda tidak boleh banyak bertanya barang apa yang dititipkan.

Jangan sampai Anda terkecoh dan mengiyakan tawaran ini. Meski upah yang ditawarkan besar, namun Anda juga beresiko besar berurusan dengan pihak keamanan. Bahkan jika cukup sial, Anda dapat dibawa ke meja hijau untuk diperkarakan. Jadi sebaiknya Anda tidak tergiur dengan uang mudah semacam itu dan tetap konsisten pada apa yang Anda kerjakan selama di luar negeri.

Jaga Komunikasi dan Keterbukaan

Untitled design114 - 5 Tips Terhindar dari Incaran Kurir Narkoba Antar Negara

Baik dengan lingkaran pertemanan, pemberi kerja, atau dengan keluarga, upayakan untuk selalu menjaga komunikasi dan selalu terbuka pada apa yang Anda alami. Jika Anda bisa berkomunikasi dengan baik pada pihak-pihak tersebut, setidaknya Anda sudah meminimalisir kesempatan kurir narkoba untuk menjadikan Anda sebagai target.

Sampaikan apa yang Anda rasakan, apa yang Anda alami, dan mintalah pertimbangan pada mereka.

Bekerja sebagai TKI memang akan banyak memberikan Anda pengalaman, baik suka maupun duka. Setiap pengalaman ini hendaknya menjadi pelajaran agar Anda bisa semakin memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas kerja sehingga pemberi kerja dapat puas dengan hasil kerja yang Anda berikan.

Setelah memahami langkah preventif agar terhindar dari kurir narkoba, tentu Anda juga perlu memahami bahwa pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia kini sudah dapat dilakukan dengan lebih efektif. Dengan hadirnya layanan Qelola, Anda tak lagi perlu repot melakukan transfer dengan biaya yang besar dan waktu pencairan yang tertunda. Biaya administrasi yang rendah dan transfer real-time, Qelola akan menjadi partner terbaik Anda dalam pengiriman yang. Unduh aplikasinya di sini, da jadilah TKI yang sukses!

Tags: , , , , , , , ,