5 Peluang Usaha untuk TKI, Agar Masa Purna Tetap Produktif

Peluang Bisnis

Menjadi TKI memang merupakan pekerjaan yang tergolong menjanjikan. Gaji yang besar, pekerjaan yang tersedia, serta kesempatan merasakan hidup di luar negeri, akan menjadi pengalaman hidup yang bernilai. Namun demikian, tentu Anda tidak berpikir untuk selamanya menjadi TKI bukan? Nah, setelah usia produktif Anda sebagai TKI sudah habis, Anda harus jeli melihat peluang usaha yang menjanjikan.

Ketika menjadi TKI tidak sedikit pula orang yang kemudian menjalankan bisnis sampingan guna mendapatkan penghasilan tambahan. Tentu usaha yang dijalankan biasanya berkaitan dengan posisi TKI terkini. Namun setelah selesai menjadi TKI, ternyata cukup banyak peluang usaha yang bisa dilakukan. Ini mengapa, selama Anda menjadi TKI Anda perlu menyisihkan sedikit penghasilan sebagai persiapan untuk menghadapi masa setelah bekerja.

Lalu apa saja peluang yang bisa dimanfaatkan, selama dan setelah menjadi TKI? Langsung saja simak poin-poin berikut ini!

Kuliner? Siapa Tahu Banyak Peminatnya!

Untitled design79 - 5 Peluang Usaha untuk TKI, Agar Masa Purna Tetap Produktif

Salah satu peluang usaha yang bisa Anda pilih adalah bidang kuliner. Ketika Anda di negara tempat Anda bekerja, coba Anda menjual makanan khas Indonesia. Di beberapa negara Eropa dan Amerika, makanan Indonesia seperti tempe ternyata memiliki banyak peminat. Siapa tahu, makanan khas daerah Anda bisa jadi sumber penghasilan sampingan.

Jangan lupa juga untuk belajar memasak makanan khas negara yang Anda tinggali sebagai TKI. Misalnya Anda bekerja di Malaysia, jangan lupa belajar membuat Nasi Lemak yang sangat terkenal sebagai makanan khas Malaysia. Di Indonesia peminat makanan ini juga cukup banyak lho!

Peluang Usaha Jasa Titip

Usaha ini banyak digeluti oleh orang-orang yang secara rutin mengunjungi negara lain. Konsepnya, Anda menawarkan jasa untuk membelikan barang yang hanya ada di negeri yang Anda tinggali atau kunjungi, kemudian membawa barang tersebut ke Indonesia untuk diberikan kepada para pemesannya.

Peluang yang satu ini dapat dikatakan tidak memerlukan modal jika dilihat dari pengeluaran untuk barang yang dibeli karena orang yang ingin menitipkan pembelian akan mentransfer terlebih dahulu sejumlah harga dan jasa yang Anda tetapkan. Tapi ingat, perhatikan dengan cermat peraturan membawa barang dari luar negeri yang ditetapkan bea cukai. Jangan sampai niat Anda mendapatkan keuntungan justru harus diganjar denda karena barang yang Anda bawa terlalu banyak.

Menjadi Dropshipper

Untitled design80 - 5 Peluang Usaha untuk TKI, Agar Masa Purna Tetap Produktif

Mungkin untuk Anda yang sering menggunakan layanan jual-beli online tidak akan asing dengan istilah ini. Konsep usaha yang satu ini adalah Anda mengambil posisi sebagai perantara. Jadi misalnya A membutuhkan barang dengan spesifikasi dan harga tertentu, Anda memiliki kontak penyedia barang tersebut, kemudian Anda menawarkan barang tersebut pada A. Sebelumnya Anda harus memastikan barang tersebut tersedia dan siap dikirim.

Selanjutnya, Anda tinggal memberikan jumlah total pembayaran, yang terdiri dari harga barang dan ongkos kirim yang Anda tentukan sendiri. Dengan begini, Anda bisa berjualan tanpa harus memiliki modal atau menyimpan barang. Praktek bisnis ini bisa digunakan dengan efektif bilamana Anda memiliki jaringan komunikasi yang cukup baik.

Membeli Waralaba Juga Bisa Jadi Pilihan

Untuk Anda yang memiliki cukup modal dan tidak ingin repot-repot memikirkan produk dan cara penjualan, Anda bisa membeli waralaba yang kini juga sudah sangat menjamur. Bisnis ini memerlukan modal yang cukup besar, namun menawarkan kemudahan pengelolaan karena Anda akan diberikan panduan lengkap dari pemilik waralaba tersebut.

Meski tidak dapat dikatakan memberikan keuntungan yang sangat besar jika dibandingkan modalnya, namun bisnis ini juga dapat menjadi salah satu pilihan karena kemudahan pengelolaannya. Pastikan Anda memiliki waralaba yang tepat agar dapat mencapai target penjualan sehingga bisa menjadi sumber pemasukan setelah Anda ‘pensiun’ sebagai TKI.

Menjadi Pemandu Wisata Paruh Waktu

Untitled design81 - 5 Peluang Usaha untuk TKI, Agar Masa Purna Tetap Produktif

Pengetahuan Anda akan negara tempat Anda bekerja dapat digunakan untuk meniti karir sebagai pemandu wisata. Misalnya saja, ketika bekerja di Malaysia Anda sering berjalan-jalan dan mendatangi berbagai tempat, pengalaman ini bisa Anda gunakan untuk menawarkan jasa pemandu wisata pada orang yang ingin berkunjung ke Malaysia. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika Anda cukup memahami daerah Anda di Indonesia dan menawarkannya pada kenalan Anda di luar negeri.

Meski tidak dapat dipastikan pemasukan rutinnya, setidaknya Anda bisa mendapatkan pemasukan dengan cara yang menyenangkan. Berjalan-jalan bersama turis atau orang asing, membagi pengetahuan dan pengalaman, berbagi, mungkin bisa menjadi titik balik yang membuka kesempatan lain.

Baca Juga: Segudang Tips Sukses Menjadi TKI, Pahami Setiap Poinnya Ya!

Melihat beberapa peluang usaha di atas, Anda bisa mulai mempertimbangkan kira-kira peluang mana yang akan Anda ambil dan coba. Sembari berpikir, jangan lupa juga untuk mengirimkan hasil pendapatan Anda selama bekerja kepada keluarga yang ada di Indonesia. Anda bisa menggunakan layanan Qelola untuk melakukan transfer real-time dan dengan biaya administrasi yang sangat ekonomis. Segera unduh aplikasinya di sini, dan jadilah TKI yang sukses!

 

 

Tags: , , , , , , , , , ,